Perhatikan Resiko Memelihara Sugar Glider Sebelum Memeliharanya

5
199733

Resiko Memelihara Sugar Glider – Resiko? memang berbahaya yah sugar glider? Oke saya akan jelaskan disini. Dalam memelihara binatang kita akan menanggung berbagai macam resiko yang muncul setelah kehadirannya. Seluruh binatang peliharaan, bukan hanya sugar glider, saya mengangkat resiko untuk sugar glider karena saya khawatir jika anda memelihara sugar glider dan mempunyai komitmen yang rendah terhadap sugar glider dan tidak mengurusnya baik-baik hanya ingin melihat lucuya saja tetapi tidak mau menanggung resiko yang bisa saja muncul. Istilahnya “pecinta sugar glider dadakan” yang akan menghilang dengan cepat dan tidak menghargai sugar glidernya. Sugar glider mampu hidup selama 10-20 tahun, maka anda harus siap-siap mempunyai komitmen panjang karena sudah banyak kasus yang bisa di temui dari “pecinta sugar glider dadakan” ini. Saya sebagai pecinta binatang merasa ini perlu dihentikan. Jika anda ingin memelihara hewan dalam bentuk apapun anda harus tanggung resiko dan meeliharanya dengan baik. Oke keluar dari konteks ini, mari kita bahas apa saja resiko yang mungkin muncul dalam memelihara sugar glider.

merawat-sugar-glider

Resiko memelihara sugar glider ini terkait dengan cara hidupnya di alam. Sugar glider adalah hewan sosial & mereka suka beinteraksi, di alam liar dan mereka hidup berkelompok. Sugar glider termasuk hewan langka yang dilindungi, statusnya kini Appendix 2. Yaitu perburuan dan penjualanya di kontrol jika langsung dari alam liar. Tetapi jika sudah dikembang biakkan maka boleh di manfaatkan keturunannya. Oleh karena itu, maka SG peliharaan juga sangat butuh interaksi dengan manusia, bukan hanya sekedar dipelihara saja tp juga dirawat, disayang serta dilestarikan.

Resiko Memelihara Sugar Glider

1. Kotoran dan Bau

Yang pertama adalah kotoran, yah sugar glider suka pup dan pee (buang kotoran & kencing). Jangan aneh jika sugar glider pup di badan anda. Hal ini wajar karena dengan kotorannya dia menandai wilayahnya. Jadi jika anda sudah akrab dengan sugar glider dia akan menganggap anda itu ‘daerah’ dia. Tapi, kalo anda telaten merawatnya, anda bisa menghapal waktu-waktu saat dia pup & pee jadi anda bisa menghindarinya saat akan mau diajak bermain. Dan efek dari kotoran itu baunya yang menyengat, terutama pada kencingnya. Makanya anda harus rutin membersihkannya.

2. Gigitan

Tidak ada sugar glider normal yang tidak mengigit. Walaupun sudah jinak sepenuhnya dengan anda, pasti sewaktu waktu akan digigit juga. Gigitannya tidak berbahaya hanya sakit sedikit saja, karena giginya tidak didisain untuk merobek. Jika anda serius ingin memelihara sugar glider maka harus siap menerima resiko memelihara sugar glider, termasuk harus siap digigit 😛

Gigitan sugar glider ada dua macam. Pertama yaitu gigitan menyerang dan mempertahankan diri, ini akan sedikit sakit karena sugar glider belum terbiasa dengan manusia jadi dia masih takut. Yang kedua yaitu gigitan mainan, artinya dia mengigit hanya untuk bermain-main dengan anda. Jika anda memelihara kucing pasti anda akan mengerti gigitan bermain ini. Sugar glider mengigit hanya dalam keadaan terdesak atau bahaya. Jika sudah akrab dengan anda dan merasa nyaman maka sugar glider akan mengurangi gigitannya.

3. Suara Bising

Selanjutnya adalah suara sugar glider yang berisik dan mengganngu anda di malam hari. Jangan heran sugar glider banyak tidur disiang hari karena secara alami dia adalah hewan nocturnal yang beraktivitas di malam hari. Nah jika sugar glider beraktivitas dimalam hari (dalam kandang) terkadang dia merasa bosan dan atau ingin mengekspresikan prilakunya dengan mengeluarkan suara-suara bising seperti geraman/gonggongan anak anjing (barking). Makanya disarankan untuk memelihara sugar glider diperlukan kandang yang cukup luas dan banyak arena bermain dan bergelantung bagi sugar glider. Memelihara sugar glider juga di rekomendasikan berpasangan agar tak kesepian.

4. Waktu

Jika anda memelihara sugar glider maka anda harus mengorbankan sebagian waktu anda untuk merawat sugar glider. Apalagi jika dalam masa bonding maka anda harus sabar dala memeliharanya sampai jinak. Sugar glider adalah hewan yang manja jadi harus sering di temani dan dibelai.

Nah jika anda merasa tidak mampu menanggung resikonya maka saya sarankan carilah binatang peliharaan yang lain agar tidak merugikan bagi sugar glider dan kita sendiri. Share yah sesama pecinta binatang mudah-mudahan bisa bermanfaat.

5 COMMENTS

  1. Numpang jualan. Hehehe
    Silahkan yg cari sugar glider.
    D saya tidak usah kuatir masala kualitas.
    Karna bang joey menjaminan KUALITAS.
    CONTOH KULAITAS. Hewan yg pasti sehat sudah makan sendiri jinak. Dan anda akan mendapatkan GARANSI KONSULTASI DAN POTONG KUKU SEUMUR HIDUP. WA 081235108.32

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.