Cara Memotong Kuku Sugar Glider dengan Benar

1
52768

Memotong kuku sugar glider. Sugar glider adalah salah satu hewan liar yang dijadikan binatang peliharaan di rumah. Sudah sewajarnya hewan liar memiliki kuku yang panjang, terlebih lagi sugar glider termasuk hewan yang senang memanjat, wajar jika mempunya kuku-kuku yang tajam. Kuku yang tajam dan panjang sangat membantu sugar glider dalam beraktivitas di alam liar, tetapi saat sugar glider sudah dipelihara di rumah maka kuku yang panjang dan tajam menjadi salah satu pengganggu dan berbahaya. Saat sugar glider memanjat pada bagian tubuh kita maka otomatis dia mencengkram bagian tubuh kita dengan kukunya, jika kukunya terlalu tajam dan panjang maka ini bisa melukai kita. Cakaran sugar glider memang tidak sekuat cakaran kucing tetapi sugar glider mempunya kuku yang lebih tajam sehingga dapat melukai kita.

Jika kuku sugar glider terlalu panjang maka kita perlu memotong kuku sugar glider. Cara memotong kuku sugar glider tidak sembarangan tetapi ada cara dan teknik tersendiri. Nah simak ya.

Cara Memotong Kuku Sugar Glider

Memotong kuku sugar glider bukan berarti memotong keseluruhan kuku seperti manusia. Dalam memotong kuku sugar glider perlu diperhatikan beberapa hal yaitu :

Jangan sampai memotong kuku sampai tumpul, sugar glider tetap membutuhkan kuku yang tajam untuk bergerak dan memanjat, tapi kita bisa mensiasatinya dengan membuat kukunya sedikit tumpul.

Tenangkan dahulu sugar glider anda, karena setau saya kugar glider jika belum akrab akan sulit dan tidak mau di pegang.

Siapkan alat dan berhati-hati.

Berikut cara memotong kuku sugar glider :

1. Siapkan Alat. Alat yang digunakan adalah gunting kuku bengkok dan handuk atau kain yang nyaman.

   gunting-kuku-serong

sumber : suggies101.blogspot.com

2. Baringkan sugar glider pada posisi yang nyaman dan tenang. Karena tangannya kecil maka kita perlu berhati-hati saat memegangnya.

sugar-glider-tidur

sumber : suggies101.blogspot.com

3. Perhatikan titik potong pada kuku sugar glider. Pastikan potong tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang.

cara-potong-kuku-sugar-glidersumber : www.suggieblues.com

Jika tidak punya gunting kuku serong bisa memakai gunting kuku biasa, tetapi posisinya harus nyerong mengikuti kuku si sugar glider. Perhatikan juga kulit dan bagian tubuh sugar glider (quick) jangan sampai kita keliru dan malah memotongnya. Karena bagian ini transparan dan halus maka kita harus jeli melihatnya. Lihat jika salah memotong kuku sugar glider.

kuku-sugar-glider

3. Jika dirasa kuku terlalu lancip dan tajam maka bisa di kikir dengan kikir yang terdapat di gunting kuku.

Nah di atas tadi adalah cara untuk memotong kuku sugar glider dengan benar. Mudahkan? bisa dilakukan sendiri dirumah. Tentunya harus berhati-hati yah dalam memotong kuku sugar glider karena jika trsakiti sugar glider biasanya trauma. Untuk request perawatan sugar glider bisa memberi komentar atau hubungi kami via facebook.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.