Mengenal Merpati Balap Leonard Legendaris

1
97419
merpati balap leonard

Merpati balap leonard – Bagi para pemain merpati balap siapa yang tidak mengenal leonard? Menurut saya tentu sebagian besar pemain merpati mengenalnya. Tidak aneh juga jika leonard terkenal dikalangan penghobi merpati, prestasi dan harganya memang cukup menggetarkan jagat adokan merpati. Leonard adalah nama dari salah satu legendaris merpati Indonesia. Leonard adalah merpati yang berasal dari ternakan koh Apin (V&R Bandung) dan kemudian beralih ke tangan koh Tekun di Medan.

Ada cerita unik dari merpati balap Leonard, konon leonard lahir dari telur yang ditinggal mati ibunya. Sewaktu koh Apin memborong burung dari kandang DR-8 indukan Leonard sedang giring dan meninggalkan telur Leonard tidak lama kemudian induknya (ibu) mati. Untuk keterangan yang lebih lengkapnya bisa di baca dibawah. Berikut foto leonard bersama koh Tekun – Medan.

merpati-leonard

Mengenal merpati balap leonard

Leonard adalah merpati balap sprint yang telah menjadi juara nasional berturut-turut dari tahun 2002 sampai 2005. Prestasinya sungguh tidak bisa diragukan lagi. Saya salut kepada perawatnya yang mampu merawat leonard terus mengeluarkan kemampuan terbaiknya secara stabil dari tahun ke tahun sehingga menjadi juara.

Silsilah leonard

Merpati balap leonard lahir dari indukan betina kakak putaw dan jantan adik beatle. Beatle dan Putaw itu burung jawara pada masanya. Baca : legenda merpati juara. Silsilah atau pada umumnya menyebut trah pada merpati balap memang salah satu indikator untuk mempermudah mencari merpati yang berkualitas. Trah jelas tidak mutlak dibutuhkan untuk mencari burung bagus, tetapi dengan trah kita bisa mempermudah mencari burung berkualitas sekaligus kita mengetahui silsilah keluarganya untuk kemudian bisa kita gunakan untuk kepentingan ternak.

Selain prestasinya yang membuat terkenal dan dikagumi orang leonard juga mempunyai harga transfer yang sangat mahal, yaitu kisaran 1 M. Wah sangat mahal yah, tetapi untuk ukuran prestasinya saya rasa itu harga yang ‘pantas’.

merpati-balap-singa-laga-anak-leonard
merpati balap singa laga anak leonard

Leonard banyak mempunyai anakan-anakan yang berkualitas seperti Junior L, Singalaga, Leonard Junior dll. Leonard mati pada umur kurang lebih 10 – 11 tahun di kandang koh Tekun Medan. Umur leonard ini termasuk umur rata-rata merpati pada umumnya. Merpati hidup yaitu sekitar 8 – 15 tahun.

merpati-balap-junior-L
merpati balap junior L

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.