Kandang Untuk Burung Murai Batu

2
20289

Kandang adalah hal yang sangat penting bagi hewan peliharaan. Ibaratkan rumah jika bagi manusia. Kandang juga mempengaruhi kesehatan, kualitas tempur, bahkan sampai mempengaruhi tingkat stres bagi peliharaan. Kandang yang baik adalah kandang yang yang ‘pas’ dengan peliharaan kita. Pada pembahasan kali ini saya akan membahas tentang kandang murai batu.

Burung murai ada berbagai jenisnya dan yang sekarang sedang populer adalah jenis murai batu. Tetapi dalam hal kandang tidak terlalu berbeda kok antar murai batu atau murai daun (cucak ijo). Untuk memberikan kenyamanan pada burung murai kita harus memperhatikan beberapa aspek dalam memilih kandang diantaranya

Aspek Pemilihan Kandang Murai Batu

Pemilihan kandang sebaiknya memperhatikan beberapa aspek diantaranya

1. Kebersihan

Kebersihan kandang mempengaruhi kesehatan burung. Pilih kandang yang mudah perawatannya dan tersedianya sanitasi yang baik agar burung tetap sehat dan terawat. Bersihkan kandang secara berkala, jangan biarkan kotoran menumpuk didalam kandang.

2. Luas Kandang

Luas untuk kandang murai batu juga harus disesuaikan, terutama disesuaikan dengan jenis murai batu mana yang akan kita pelihara. Sebab ekor burung murai tergolong mempunyai ekor yang panjang (kecuali beberapa jenis) pilihlah tempat bertengger yang tidak terlalu pendek dari dasar kandang. Minimal kurang lebih 20-30 cm tingginya. Agar ekor murai tidak rusak dan tetap indah. Terutama untuk yang memelihara murai aceh karena jenis ini mempunyai ekor yang lebih panjang dari rata-rata.

Ukuran yang disarankan untuk kandang kicau sekitar tinggi 1m lebar dan tinggi 90cm. Atau kita bisa melihat contohnya

kandang-murai-batu

kandang-murai-batu-21

Beda halnya dengan kandang ternak. Untuk murai batu kandang ternak bisa berukuran minimalis minimalis (150 x 70 x 70) cm atau juga bisa dengan ukuran yang fantastis, hitungan meter 3 x 3 x 4 m atau disesuaikan dengan kebutuhan peternak. Biasanya didalam kandang itu disediakan kotak atau gupon untuk bersarang. Disediakan juga taman, air untuk mandi dan tempat bertengger agar burung murai merasa nyaman dan mau berkembang biak. Karena bagi makhluk hidup ada 3 syarat untuk berkembang biak 1. lingkungan yang nyaman, 2. Makanan yang cukup, 3. Kesehatan yang terjaga. Jika syarat ketiganya terpenuhi insya allah akan berkembang biak.

kandang-ternak-murai-batu

kandang-ternak-murai-batu-2

2 COMMENTS

  1. Please, saya berminat nak ternak murai batu. So , mohon di asist saya bagi tujuan pembiakbakaan murai batu … apa saja yang bisa membantu .. disegi mendapatkan inďok serta baka sehingga pembuatan kandang nya sekali … mohon ya..

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.