Pakan Alami Burung Murai Batu

0
102932

Pakan alami murai batu – Murai batu adalah salah satu burung kicau yang banyak dipelihara oleh manusia. Agar murai batu sehat dan tercukupi kebutuhannya kita memberinya asupan makanan yang sehat, seperti pur atau makanan buatan dan beberapa extra food, ini berlaku bagi murai batu yang sudah dipelihara, tentu berbeda dengan makanan alami murai batu yang ada di alam.

Sebagai burung kicau yang berasal dari alam liar tentu murai batu mempunyai makanan alami, makanan alami murai batu ini pun diberikan pada murai batu peliharaan agar mencukupi kebutuhannya. Makanan alami ini biasa disebut extra fooding atau EF. Berikut makanan alami murai batu.

Pakan alami murai batu

Kroto atau Telur Semut Merah

Kroto, atau dikenal sebagai telur (larva) semut rangrang (semut merah) yang biasa terdapat di pepohonan. Kroto bisa didapat dengan mencari di pepoonan atau bisa beli langsung di penjual kroto. Manfaat kroto bagi burung kicau sangat bagus, kandungan protin yang tinggi pada kroto menjadikan kroto sebagai pakan yang bagus bagi burung kicau pada umumnya. Protein akan merangsang hormon dan memancing burung berkicau.

penganti-kroto-untuk-murai

Ulat Kandang

Ulat kandang adalah sejenis ulat yang banyak terdapat di kotoran yang telah terfermentasikan atau dikeringkan, baik itu kotoran ayam atau kotoran burung. Ulat ini biasa di jual di toko pakan burung kicau. Fungsi dari ulat kandang adalah memberi rasa hangat dan dapat membuat burung manjadi gacor.

ulat-kandang-pakan-alami-murai-batu

Foto : http://fjb.kaskus.co.id/profile/4939505

Jangkrik

Jangkrik adalah salah satu EF wajib untuk murai batu, pemberian jangkrik ini dilakukan karena burung murai batu sangat menyukainya dan juga berfungsi meningkatkan birahi, asal jangan kebanyakan yah. Jangkrik bisa didapatkan dengan mudah dan banyak sekali pedagang yang menjajakannya.

jangkrik-pakan-alami-murai-batu

Ulat Hongkong

Ulat hongkong sebenarnya bukan dari jenis ulat sesungguhnya, melainkan larva dari serangga tenebrio molitor. Ulat ini bagus untuk di berikan pada murai batu atau burung kicau lainnya, karena ulat ini mampu menghangatkan tubuh murai batu seketika. Sebelum burung turun lomba ulat hongkong pun biasa diberikan sebagai pendongkrak semangat.

ulat-hongkong-pakan-alami-murai-batu

Dan masih banyak lagi makanan alami murai batu, seperti ulat bambu, ulat pisang, orong-orong atau telur tawon, Ulat kayu, Ulat pohon, Laron, Cacing tanah, rayap, keong sawah, dll. Pemberian EF pada murai batu peliharaan baiknya di kontrol dengan ketat. Kekurangan EF akan mengakibatkan burung malas berkicau dan kurang semangat. Kelebihan EF akan mengakibatkan murai batu over birahi, yang akibatnya burung tidak mau berkicau hanya lompat-lompat di kandang.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.