Mengatasi Murai Batu Over Birahi

0
45258

Murai Batu over birahi – Burung murai batu adalah salah satu primadona burung kicau di indonesia. Perawatan murai batu sangat di utamakan, baik kesehatan, pakan, dan lingkungannya, Karena jika salah rawat maka burung murai batu yang berharga akan mengecewakan hasilnya. Pada perawatan murai batu ada kalanya kita memberikan extra food (makanan tambahan) yang berasal dari alam, seperti kroto, jangkring, atau telur untuk murai batu. Pola dan dosis makan tambahan yang tidak sesuai bisa mengakibatkan burung murai batu over birahi.

Over birahi artinya kondisi reproduksi burung melebihi batas wajar. Over birahi mengakibatkan burung tidak mau berkicau dengan tenang, atau cenderung galak, gelisah, menyerang yang ada di sekitar kandang. Ciri-ciri murai batu yang terlalu birahi (over birahi) antara lain: agresif, bulu mengkorok, nglowo (sayap turun) dan mematuk aksesoris sangkar. Burung yang over birahi lebih bernafsu untuk berkelahi daripada berkicau. Akibat dari over birahi juga bisa menyebabkan murai batu diam bahasa lainnya murai batu ngebatman/ngelowo/ngabagong. Tentu kondisi seperti ini akan merugikan kicau mania.

mengatasi-murai-batu-over-birahi

Mengatasi Murai Batu Over Birahi

Ada beberapa cara untuk mengatasi murai batu yang over birahi. Berikut tips dan trik agar murai batu kembali normal.

Setiap pagi urai batu di embunkan.

Kurangi asupan makanan yang mengandung tinggi protein terutama dari EF (extra food). Kurangi jangkrik, cukup 1 saja saat pagi. Jika memang dinilai berlebihan maka bisa di stop EF nya.

Berikan cacing pada murai batu. Cacing pada MB bisa meredam birahinya, cocok untuk mengontrol jika over birahi. Pemberian cukup disesuaikan dengan karakter MB. Diberikan setiap pagi dan sore.\

Masukkan murai kedalam kandang umbaran. Jika Mb over birahi maka cara menguranginya adalah dengan mengeluarkan tenaga yang ada dengan di ubar. Berikan bak mandi agar MB mandi sendiri dan jangan lupa diterbangkan 200 kali selama sehari di kandang umbaran.

Kurangi penjemuran.

Mandikan dimalam hari jam 8-10 malam, angin-anginkan sebentar lalu kerondong.

Nah diatas tadi adalah sebagian solusi yang dapat digunakan untuk burung murai batu yang overbirahi. Dalam mengatasi over birahi murai batu maka kita harus sabar dan telaten.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.