Telur Untuk Makanan Murai Batu Penganti Kroto

1
83964
kroto untuk pakan burung
Gambar kroto pakan burung

Telur untuk makanan murai penganti kroto – Kroto atau larva semut rang-rang (titirangge) adalah makanan extra yang sering diberikan kepada burung kicau termasuk burung murai batu. Fungsi kroto bagi burung murai adalah agar burung rajin berkicau, karena fungsi makanan tambahan (extra food) kurang lebih adalah untuk memancing birahi si burung. Ini disebabkan karena kandungan protein pada extra food yang tinggi dapat memacu burung. Dosis makanan tambahan setiap kicau mania beda-beda (tergantung rawatan) kelebihan extra food bisa mengakibatkan murai birahi dan galak (over birahi).

Kroto adalah salah satu extra food yang sering diberikan kepada burung murai. Kroto didapat di alam liar dengan mencari sarang semut rang-rang, jumlah kroto di alam tergantung perkembang biakan semut rang-rang. Jika semut tidak dalam musim berkembang maka para kicau mania akan sulit sekali mendapatkan kroto dari para penjual atau di alam, ini mengakibatkan pola rawatan urai terganggu, oleh karena itu perlu dicari alternatif kroto untuk murai.

penganti-kroto-untuk-murai

Telur Untuk Murai Batu

Telur mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi yang ‘serupa’ dengan kroto, jadi para kicau mania bisa menjadikan telur sebagai pengganti kroto baik untuk sementara ataupun permanen. Telur yang digunakan bisa telur ayam, bebek, atau telur puyuh. Dalam memberikan telur untuk murai batu bisa memberikan putih telur dan kuning telur semuanya, bisa juga hanya putih telurnya saja atau jika burung tidak suka bisa disuntikkan kedalam jangkrik. Berikut cara pemberiannya.

1. Telur rebus untuk murai

Pemberian telur untuk murai batu bisa dengan cara merebus telur sampai matang, biarkan dingin lalu kupas. Setelah itu gelondongan telur di parut dengan parutan keju agar hasilnya halus atau mirip-mirip bentuk kroto (pakai alat lain juga bisa). Lalu berikan parutan telur pada murai, jika murai tidak suka telur maka terlebih dahulu campur telur dengan kroto, sukur jika burung langsung mau.

Pemberian telur untuk murai batu juga bisa dengan memberikan hanya putih telurnya saja. putih telur cukup dipotong-potong sekukuran jangkrik kecil, atau bisa juga di parut.

telur-rebus-untuk-burung-murai-batu

2. Menyuntikkan kuning telur ke tubuh jangkrik

Jika cara di atas burung masih belum mau makan maka bisa dengan cara menyuntikkan telur kedalam jangkrik. Telur yang disuntikkan kedalam jangkrik adalah telur mentah. Jangkrik yang disuntikkan kuning telur pemberiannya harus dikurangi dari biasanya, misal biasa memberi 5 ekor jangkrik perhari, maka kurangi, cukup dengan 3 ekor jangkrik yang sudah di suntik kuning telur saja.

Nah bagaimana mudah bukan? Solusi pengganti kroto untuk murai batu dan bisa di pakai untuk burung kicau lainnya.

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.