Merawat Murai Batu Agar Cepat Gacor

0
68269

Cara Merawat Murai Batu Agar Gacor – Cara merawat burung kicau tidak bisa di bilang mudah, karena untuk melakukan perawatan ini walau terkesan mudah tetapi butuh kesabaran dan perawatan yang terus menerus. Tetapi pada intinya perawatan ini bertujuan untuk mmbuat burung sehat dan tidak stres. Karena tingkat stres burung kicau sangat besar dipengaruhi oleh tingkat stresnya. Burung yang stres dan sakit cenderung diam dan tak mau berkicau. Jika sudah stres mau dilatih dengan suara mp3 murai batu pun tidak bakal ada efeknya.

burung-murai-batu1

Tips Cara Merawat Burung Murai Batu

Karena perawatan burung murai ini termasuk kedalam perawatan rutin saya bagi ke dalam beberapa satuan waktu.

Perawatan murai batu harian

Pagi sekitar jam 07.00 wib burung diangin-anginkan di luar rumah 30 menit sampai 1 jam agar burung tidak bete berada didalam.

Setelah itu burung dimandikan di tempat mandi atau bisa dengan menyemprot dengan spray yang lembut, tergantung bagaimana kebiasaan pemilik burung. Ini bertujuan agar burung merasa segar dan menghilangkan kotoran sehinga burung bisa lebih sehat.

Bersihkan Kandang Murai Batu, ganti air minum dan isi voer jika sudah berkurang. Berikanlah 4 ekor jangkrik pada murai batu atau bisa menaruhkan di tempat extra food murai batu.

Lakukan penjemuran rutin pada burung, lamaya penjemuran sekitar 1-2 jam setiap hari mulai di antara jam 08.00wib sampai 11.00wib lebih dari jam 11 sebaiknya jangan di jemur, penjemuran yang baik dilakukan sekitar jam 8-9 karena jam-jam tersebut matahari belum terlalu terik dan banyak mengandung kandungan positif untuk tulang dan bulu burung. Penjemuran juga bisa untuk memperpanjang nafas dan stamina burung.

Sesudah dijemur, angin-anginkan terlebih dahulu sebelum kandang ditutup kain. Lakukang sekitar 20 sampai 30 menit agar suhu burung stabil sebelum kandang ditutup.

Siang atau sore jam 12.30wib – 15.00wib burung bisa di master dengan suara master atau burung-burung master. Download suara master murai batu

Berikanlah 2 ekor jangkrik pada cepuk EF (extra food).

Sore hari burung bisa dimasukan lagi dan di tutup dengan kain penutup/

Pemberian Extra Food harus teratur, agar murai batu tidak bosan dengan voer, dan EF ini termasuk makanan kesukaan dan makanan alami dari murai batu. Kroto fresh diberikan kurang lebih 1 sendok makan lebih baik diberikan 2x dalam waktu 1 minggu. Pemberian cacing diberikan 1 ekor 1x dalam waktu 1 minggu.

Umbar murai batu di kandang umbaran jika bisa. Kurang lebih 4 jam setiap hari selama 4 hari didalam waktu 1 minggu. Ini berfungsi agar murai batu ceria, tidak stress dan sebagai olah raga karena didalam kandang umbaran akan lebih leluasa untuk bergerak

Berikan Vitamin dan Mineral Pada air minum 1x dalam waktu 1 minggu. Bertujuan untuk menjaga kesehatan murai batu dari segala penakit.

Perawatan murai batu agar gacor ini bukan parawatan yang pasti akan menghasilkan murai batu yang gacor. karena setiap perawatan akan berefek berbeda pada tiap-tiap burung.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.