Cara Merawat Trotol Murai Batu dengan Baik Agar Gacor

0
14620
merawat trotol murai batu
Foto : https://web.facebook.com/griyapuguh

Cara Merawat Trotol Murai – Merawat murai batu mulai dari trotol mempunyai banyak sekali kelebihan. Mulai dari murai batu lebih jinak sehingga mentalnya lebih kuat, murai lebih tenang, bisa melihat progress murai, lebih mengenal karakternya, dan juga harganya yang lebih murah dibanding murai dewasa.

Nah dengan merawat murai trotol ini semua kicau mania tentu mendambakan burung murai batu yang gacor kedepannya, tetapi dibalik kelebihan memelihara murai batu mulai dari trotol terdapat juga kekurangnnya.

Jika salah dalam perawatan murai batu trotol tentunya akan berefek buruk dikemudian hari. Bukan tidak mungkin efek buruknya menjadi permanen karena perawatan dari trotol akan membentuk karakter murai nantinya.

Agar murai batu trotol yang kita pelihara menjadi gacor saat dewasa kita bisa mencoba beberapa pola rawatan. Berikut ini salah satu pola rawatan merawat murai trotol dengan baik agar gacor.

merawat-trotol-murai-batu-gacor
Foto : https://web.facebook.com/griyapuguh

Cara Merawat Murai Trotol

Perawatan murai batu trotol ini saya mulai dari murai batu berusia 1-2 bulan, kira-kira sudah bisa makan voer. Untuk perawatan murai batu sebelum ngevoer insya allah akan dibahas terpisah.

  1. Pada umur 1 bulanan ini burung mulai diajari makan, baik makan voer atau makan EF. Penjemuran, mandi, dan pemberian vitamin juga diperlukan.
  2. Master dengan suara burung yang monoton, halus, tetapi kasar dan tajam. Seperti suara lovebird, suara cucak jenggot, suara cililin, suara serindit dll, burung tersebut dipilih karena karakter suaranya cenderung mudah bagi trotolan lovebird dan berfungsi sebagai suara tembakan nantinya.
  3. Cara memaster trotolan murai batu bisa dimulai pada saat murai berumur 3 minggu, tetapi jika sudah usia 1 bulanan juga tidak masalah masih bagus. Master diruangan tertutup dan terhindar dari suara burung lain atau suara lain yang mengganggu. Suara masteran jangan banyak-banyak, cukup 1-2 suara tetapi biarkan murai lancar terlebih dahulu
  4. Pada umur 2 bulanan ajarkan burung murai mandi dikeramba agar bisa mandi sendiri nantinya dan rajin-rajin umbar dikandang umbaran karena murai trotol masih memerlukan ruang gerak yang luas guna melatih otot-otot terbangnya.
  5. Teruskan perawatan diatas sampai murai berusia 4-5 bulan atau memasuki usia mabung pertama.

Terkadang ada yang bertanya umur berapa murai mulai ngeplong? Biasanya umur 4-7 bulan sudah ngeplong atau belajar ngeplong, tetapi beberapa murai ada yang mulai lebih dini 3 bulanan sudah ngeplong walau belum lancar.

Jadi jika murai anda belum ngeplong maka sabar dan ditunggu saja hehe. Download suara murai trotol

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.