Stop!!!

Download aplikasi khusus kicau mania.

Berisi ratusan suara masteran, suara pikat, suara betina, dan perawatan dalam satu aplikasi

Download di Play Store

Cara Mengobati Bayi Musang yang Berjalan Mundur

In Musang 61318 views

Cara mengobati bayi musang berjalan mundur – Dalam memelihara musang terutama bayi musang tidak jarang pemilik harus mengalami beberapa masalah, salah satunya adalah bayi musang yang berjalan mundur atau kepalanya diseret-seret. Terkadang hal ini membuat owner musang maejadi gelisah dan bingung, nah disini kami akan membahas mengenai penyakit yang khususnya menyerang bayi musang.

Diharapkan owner tidak panik jika menemukan gejala seperti ini pada musang peliharaannya. Oke kita mulai saja membahas beberapa penyebab dan cara mengobati anak musang yang berjalan mundur atau kapalanya di seret-seret dan lumpuh.

Penyebab Bayi Musang Berjalan Mundur

Mengobati musang yang kepala diseret-seret bisa dilakukan dengan mengetahui hal-hal yang menyebabkan bayi musang lumpuh. Berikut ini yang dapat menyebabkan bayi musang berjalan mundur atau seperti lumpuh, diantaranya adalah :

1. Bakteri dan infeksi mulut.

Penyebab dari anak musang berjalan dengan kepada diseret-seret adalah karena adanya bakteri dan adanya infeksi di mulut musang. Biasanya, bayi musang lumpuh disebabkan oleh adanya bakteri dan infeksi mulut juga disertai dengan mulut musang yang mengeluarkan busa.

2. Keracunan.

Hal kedua yang biasanya menjadi penyebab musang sering berjalan mundur dan berjalan diseret-seret adalah masuknya racun ke sistem pencernaan anak musang. Nah racun yang masuk kedalam pencernaan anak musang menjadi penyebab kelumpuhan pada anak musang. Selain itu jika penyebabnya adalah racun pada pencernaan maka bayi musang bisa berbusa mulutnya.

3.  Hipoglicemia (kadar gula rendah dalam darah).

Musang lumpuh dan berjalan mundur karena hipoglicemia atau kadar gula yang rendah dalam darah, hal ini terjadi karena musang tidak makan dengan teratur atau lupa diberi makan. Dan kasus ini kelumpuhan karena hipoglicemia hanya terjadi pada bayi dan anak musang. Ini seperti penyakit kucing yang tidak mau makan.

Baca Juga  Jenis dan Harga Musang

4.  Benturan pada kepala.

Benturan yang keras atau benturan yang fatal dapat mengakibatkan syaraf musang terganggu dan mengakibatkan bayi musang berjalan mundur.

5.  Malnutrisi.

Poin kelima ini adalah hal yang paling sering menjadi penyebab anak musang berjalan terseret-seret. Selain kurangnya asupan makanan dari pemiliknya, kesalahan pemberian nutrisi juga terjadi karena bayi musang tidak lagi mendapatkan asupan susu dari induk musangnya, padahal asi dari induknya itu penting sekali. Anak musang yang terkena malnutrisi ini biasanya anak musang yang berumur sekitar 2 bulanan yang sedang belajar berjalan.

anak-musang-berjalan-mundur

Mengobati Bayi Musang Berjalan Mundur

Nah ada beberapa cara untuk mengobati bayi musang yang berjalan mundur diantaranya :

Diagnosa 1

Ciri kesehatan musang yang paling mudah adalah dengan cara melihat warna fesesnya (kotorannya). Kotoran musang yang sehat biasanya memiliki warna feses yang sama dengan warna makanan yang dimakannya dengan bau yang tidak terlalu menyengat. Jika musang sakit biasanya ditandai dengan feses yang memiliki warna pucat atau berwarna mencolok dan  berbau menyengat, maka dipastikan ada yang salah dengan sistem pencernaan musang tersebut. Nah dari ciri-ciri fases diatas maka kita bisa sipulkan bahwa bayi musang berjalan mundur diakibatkan karena gangguan pencernaan. Jika penyebab bayi musang lumpuh dan berjalan mundur adalah karena keracunan dan hipoglicemia, sebaiknya perbaiki asupan makanan pada bayi musang. Jangan sampai terlambat memberi makan, berikan makanan secara teratur. Jaga sanitasi dan kebersihkan kandang musang baik dari kotoran atau sisa makanan. Terakhir berikan air madu murni sebagai minuman musang anda. Dua hari sekali, berikan jus pepaya kepada bayi musang anda agar pencernaannya lancar.

Diagnosa 2

Jika pada diagnosa 1 belum menunjukkan ciri-cirinya maka penyebab bayi musang berjalan mundur dengan kepala terseret-seret adalah penyebab selain itu, solusinya anda bisa memberikan asupan air gula aren kepada musang peliharaan anda. Gula aren memiliki beberapa unsur kimia dan zat besi berfungsi untuk meningkatkan kekuatan tubuh secara maksimal. Air gula aren dibuat dengan mencampurkan 5 sendok makan cacahan halus gula aren dengan 1 setengah gelas air mineral. Lalu aduk larutan air gula aren tersebut dan berikan kepada bayi musang setiap pagi dan sore sambil terus diberi makan secara rutin sebagai penambah tenaga. Jika tenaga musang sudah kembali biasanya bayi musang yang lumpuh akan sembuh.

Baca Juga  Musang One Man, Apakah Itu?

Tetapi saya rekomendasikan agar musang yang sakit segera dibawa ke dokter hewan karena disana musang dapat memperoleh perawatan yang sesuai dengan penyakitnya.

anak-musang-berjalan-mundur-lumpuh

Oke diatas tadi adalah beberapa penyebab dan solusi bagi bayi musang yang berjalan mundur saya harap teman-teman yang mempunyai masalah serupa bisa segera diatasi.

Artikel lainnya : cara mengobati musang yang sakit, minuman bayi musang

Tags: #mengobati musang sakit #merawat musang sakit #musang #penyebab musang sakit

Cara Membedakan Musang Jantan dan Betina
Cara Membedakan Musang Jantan dan Betina
Membedakan Musang Jantan dan Betina – Kebanyakan
Solusi Gigi Musang yang Copot
Solusi Gigi Musang yang Copot
Gigi Musang Copot – Sebagian memelihara musang seringkali
Musang One Man, Apakah Itu?
Musang One Man, Apakah Itu?
Musang One-man – Musang adalah salah satu
Cara Memandikan Musang Sendiri
Cara Memandikan Musang Sendiri
Cara memandikan musang – Musang adalah salah
Cara Menjinakkan Musang Terbukti Ampuh
Cara Menjinakkan Musang Terbukti Ampuh
Cara menjinakkan musang – Musang pada dasarnya
Jenis dan Harga Musang
Jenis dan Harga Musang
Jenis dan Harga Musang – Musang bagi
  1. Hamba2 years ago

    Dok musang saya sekitar 2 blnan lebih, klo kluar kndang tiba tiba jln nya nunduk gak bisa noleh kya kaku leher nya tpi mkn nya normal aja ttp rakus, klo di kasih air gula aren gak mau dia mnum gimna dok cara nya ??

    Reply

Leave a reply "Cara Mengobati Bayi Musang yang Berjalan Mundur"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Top
error: Content is protected !!