Jenis dan Harga Musang Peliharaan Yang Jinak

Jenis dan Harga Musang – Musang bagi sebagian orang adalah parasit dan bahkan hewan perusak yang banyak diburu karena sering merusak perkebunan dan juga memakan hewan ternak seperti ayam dan kelinci.

Tetapi di tangan penghobi musang bisa menjadi hewan peliharaan yang eksotis hehehe. Musang adalah hewan nokturnal (aktif dimalam hari) yang biasa berburu di alam liar.

Musang mempunyai ekor yang panjang dan bentuk badan seperti kucing, tetapi lebih panjang dan ramping, meskipun beberapa jenis ada yang lebih besar. Musang termasuk kedalam hewan karnivora, dan ada beberapa jenis musang sering memakan buah-buahan dan biji-bijian.

Seperti musang luwak yang suka memakan biji kopi. Biji yang dimakan musang tidak akan dicerna tubuhnya dan akan keluar bulat-bulat. Maka biji yang keluar dari pencernaan musang ini dikenal dengan kopi luwak.

Nah jika pada dasarnya musang adalah hewan liar yang ganas ada juga pecinta hewan ini loh. Musang dipelihara seperti kucing dan juga dapat dilatih.

Walaupun pada dasarnya musang adalah hewan liar tetapi jika dipelihara dengan baik musang bisa jinak. Dalam memelihara musang kita bisa memilih beberapa jenis dan harga musang.

Jenis dan Harga Musang

1. Musang Pandan

Dinamakan musang pandan karena terkadang mengeluarkan bau samar-samar seperti bau pandan, Bau ini bisa menjadi pekat dan membuat mual. Bau ini di alam liar digunakan untuk menandai teritorinya.

Musang pandan ini adalah salah satu jenis musang yang mempunyai corak yang unik. Musang pandan memiliki corak hitam, putih, abu-abu disepanjang tubuhnya dan memiliki corak putih seperti topeng di mukanya.

jenis-musang-pandan

Harga musnag pandan : 250 – 380 Ribu

Pandan ekor putih : 850 ribu – 1 juta

2. Musang Bulan

Musang ini memiliki rambut berwarna hitam dan mempunyai muka putih, muka pada musang ini seperti bulan di kegelapan malam, mungkin ini penyebab kenapa dinamakan musang bulan.

jenis-musang-bulan

Harga musang bulan : 1,5 – 3 Juta

3. Musang Bali

Musang bali adalah musang yang banyak ditemukan di pulau bali. Musang ini mempunyai warna putih kusam disekitar tubhnya.

jenis-musang-bali

foto : http://www.kaskus.co.id/profile/844989

Harga musang bali : 500 ribu – 1,5 Juta

4. Musang Biul

Musang biul adalah jenis musang yang mempunyai warna dasar hitam dengan corak putih di tubuhnya. Corak putih memanjang dari kepala sampai belakang.

jenis-musang-biul

Harga musang biul : 350 – 450 ribu

5. Musang Akar

Musang akar mempunyai warna gelap disekujur tubuhnya. Mempunyai mata coklat dan gelap.

jenis-musang-akar

Harga musang akar : 1,5- Juta

6. Musang Binturong

Musang ini memiliki ramput yang panjang dan lebat. Musang ini mempunyai ukuran tubuh lebih besar dari rata-rata usang lainnya.

jenis-musang-Binturong

sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Binturong_in_Overloon.jpg

Harga musang binturong : 5-8 Juta

7. Musang Rase

Jika soal kaya corak, musang ini adalah jagonya. Musang ini mempunyai corak yang unik seperti leopard. Mempunyai kaki pendek badan yang panjang dan leher yang jenjang bentuk badannya seperti citah.

jenis-musang-rase

Harga musang rase : 250 – 350 ribu

8. Musang Lombok

Musang ini banyak terdapat di pulau lombok indonesia. Musang lombok mempunyai warna hitam legam disekujur tubuhnya. Dikenal juga sebagai musang rinjani.

jenis-musang-lombok

sumber : http://fjb.kaskus.co.id/profile/1036237

Harga musang lombok : 900 ribu – 1,5 Juta

9. Musang Albino / Leucistic

Jenis ini adalah jenis musang yang mempunyai warna yang putih (albino) musang ini adalah musang yang langka. Musang albino bisa dari jenis musang bulan atau yang lainnya.

Jenis albino dikarenakan kurangnya pigen warna tetapi pada musang albino ini masih ada pigmen warna di matanya yaitu warna hitam, lebih cocok sebutan dengan musang leucistic, tetapi karena sudah umum ya apa boleh buat :D.

Jenis ini adalah jenis paling mahal diantara musang lainnya.

jenis-musang-albino
musang-albino

Harga musang albino / leucistic : 10-15 jutaan

Nah diatas tadi adalah jenis musang yang banyak dipelihara. Harga musang diatas adalah kisaran harga yang ada di beberapa penjual, digunakan untuk patokan harga, karena harga bisa berbeda-beda.

101 thoughts on “Jenis dan Harga Musang Peliharaan Yang Jinak”

  1. Brow gw mw beli anak musang biul,tp gx tau tmpat’nya mmbeli,ngefans bnget sama si biul,lok ad yg jual,info ke bbm gw pin 7eab4fc4

    Reply
  2. Untuk yang daerah surabaya dan sidoarjo, saya punya sugar glider,, pengen barter sama musang rase atau musang akar,yang penting musang nya jinak ,, ini pin saya 32100841

    Reply
  3. bro gw ngari musang pandah butuuh cepet kalo iti tawarin ke gw aja nih no:098509644672 tapi umurnya di bawah 3 bulan

    Reply
  4. Bang saya mau cari musang pandan yg udh jinak tapi masih kecil jangan yg semi,kalau ada hubungi saya bang 085275095565 pin 54ca744e address;medan ?

    Reply
  5. Ane pingin adopsi musnag ni bang kira” ada yg murah ga bang n bisa cod ane di kawasan jakarta barat daerah glodok kira” klo ada info dong klo bisa dibawah 500

    Reply
  6. Ada yg jual anakan binturong yg umur 3bulanan gak ya gan. Pengen banget pelihara binturong soalnya. Kalo ada tawarin gan. Saya tinggali nomer hp 08124962658

    Reply
  7. Saya jual musang pandan jinak.. Umur 2,5 bulan saya jual 350rb saja, nego, no respons.. Saya di bogor, bisa hubungi saya di 085718232121 Thanks

    Reply
  8. Bagi yg minat & ingin mengadopsi hewan peliharaan jenis LUWAK PANDAN, ane punya nih LUWAK PANDAN jantan, uda jitot, soalnya ane pelihara dari baby.
    Yang minat bisa hubungi ane di no : 085200427456

    Reply
  9. maaf gan saya ada musang Lombok Hitam. umur 9 bulan jitot.
    dijamin obes…
    saya berniat mau barter musang Binturong.
    silahkan hub saya pin 5D1308B8.
    atau no HP. 081904015311.
    daerah lokasi Yogyakarta.
    thanks….

    Reply
  10. Jual musang biul 4 bulan.. Harga ama foto ane kirim.. Add aja pin bb ane 5b2c8b53.. Kalau bisa Semarang ya.. (Belum tau paket untuk kirim2 keluar kota)

    Reply
  11. Ada yang jual bayi musang biul atau pandan ga? daerah cianjur sekitarnya ga yg murah. sya tertarik pelihara musang. kalo ada add line sya ardsrsf

    Reply
  12. kami butuhkan semua jenis musang untuk pekiharakan di tempat wisata, Mohon di kontak kami kelau ada yang mau jual. kami siap Untuk membeli dalam partai besar. domisili kami jawa barat.

    wa atau telephone kami di 0858-7161-6332

    Reply
  13. Sy nyari anakan muspan yg jinak usia .
    Klw mau barter / tuker tambah sugar glider sy jantan.usia 5 bln.
    Yg minat hubungi sy 081219176543

    Reply
  14. Yang minat musang lombok!
    Saya ada musang lombok anakan 2 bulan dan juga yang 7 bulan
    Daerah surabaya
    Minat bisa dm di instagram saya @gilanghendrawan8

    Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.