Stop!!!

Download aplikasi khusus kicau mania.

Berisi ratusan suara masteran, suara pikat, suara betina, dan perawatan dalam satu aplikasi

Download di Play Store

Cara Menjinakkan Musang Terbukti Ampuh

In Musang 255622 views

Cara menjinakkan musang – Musang pada dasarnya bukan hewan jinak yang mempunyai insting ‘buas’ yang alamiah, seiring dengan berjalannya waktu lamakelamaan musang dipandang bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan yang eksotis dan terbukti sekarang dengan banyaknya pecinta musang di indonesia.

Nah salah satu masalah dalam memelihara musang adalah musang masih galak dan kita perlu cara menjinakkan musang dengan mudah agar lebih asik dipelihara. Penjinakkan musang ini bisa mudah bisa sulit karena dipengaruhi oleh banyak faktor baik itu umur musang, atau dari sifat musangnya sendiri bisa juga karena perlakuan kita yang kasar.

Menjinakkan musang lebih mudah jika musang masih berumur muda karena kita bisa membiasakannya dan terus melatihnya, jika sudah berumur agak sulit karena sifat dan karakternya sudah terbentuk.

Dalam menjinakkan musang terlebih dahulu kita harus berani. Karena dalam proses penjinakkan musang digigit atau dicakar adalah hal yang wajar. Ditambah musang adalah hewan nocturnal yang secara insting bisa merasakan ‘hawa’ ketakutan kita, jika kita takut maka dia akan semakin berani. Nah selengkapnya akan saya bahas dari poin ke poin.

Cara Menjinakkan Musang

Jika mental kita sudah siap maka langkah selanjutnya dalam menjinakkan musang adalah.

1. Pengenalan

Pengenalan ini adalah membiasakan diri kita terlihat oleh musang sehingga lama kelamaan musang akan tahu kita ini tidak berbahaya karena musang akan menyerang jika merasa dirinya terancam. Dalam pendekatan ini berilah makan musang dengan tangan (Handsfeed). Untuk mempercepat pengenalan kita kepada musang bisa dengan menaruh pakaian yang bekas kita pakai di kandangnya agar bau kita dihafal oleh musang.

2. Pendekatan

Jika sudah terasa musang kenal dengan kita bisa dengan menggendongnya pelan pelan. Jika sudah didalam gendongan kita siram air ke punggung musang sebanyak 5 gelas kecil, lalu keringkan dengan handuk sambil mengelusnya, tips ini berasal dari dunia musang. Jika musang masih menyerang (strike) kita bisa menggunakan glove atau jaket tebal untuk meredam penyerangan. Ulangi cara diatas sampai musang tidak menyerang.

Baca Juga  Solusi Gigi Musang yang Copot

cara-menjinakkan-musang-galak

sumber foto : http://fjb.kaskus.co.id/profile/1186367

3. Proses Jinak

Jika musang sudah tidak menyerang maka bisa dibawa ke tempat yang baru untuk jalan-jalan. Nah lama kelamaan musang akan lengket dengan anda. Proses ini biasanya memakan waktu dua hari sampai satu minggu.

cara-menjinakkan-musang-2

sumber foto : http://fjb.kaskus.co.id/profile/1186367

Cara menjinakkan musang diatas semoga bisa bermanfaat bagi pecinta musang. Cara di atas bukan cara mutlak yang harus dilakukan melainkan bisa disesuaikan dengan kebiasaan musang dan karakter musang masing-masing. Jenis-jenis musang tertentu juga bisa mempengaruhi cepat lambatnya proses penjinakkan musang.

Artikel lainnya : cara menjinakan musang, cara menjinakan musang pandan, cara merawat musang, cara menjinakkan musang, cara memelihara musang, cara jinakin musang, cara menjinakkan musang pandan, cara membuat musang jinak total, cara menjinakan musang liar, cara menjinakan luwak

no copyright audio, free for use, sources from private collections, groups, etc

Tags: #cara menjinakan musang galak #cara menjinakkan musang anakan

Cara Membedakan Musang Jantan dan Betina
Cara Membedakan Musang Jantan dan Betina
Membedakan Musang Jantan dan Betina – Kebanyakan
Solusi Gigi Musang yang Copot
Solusi Gigi Musang yang Copot
Gigi Musang Copot – Sebagian memelihara musang seringkali
Musang One Man, Apakah Itu?
Musang One Man, Apakah Itu?
Musang One-man – Musang adalah salah satu
Cara Mengobati Bayi Musang yang Berjalan Mundur
Cara Mengobati Bayi Musang yang Berjalan Mundur
Cara mengobati bayi musang berjalan mundur –
Cara Memandikan Musang Sendiri
Cara Memandikan Musang Sendiri
Cara memandikan musang – Musang adalah salah
Jenis dan Harga Musang
Jenis dan Harga Musang
Jenis dan Harga Musang – Musang bagi
  1. garena3 years ago

    gan numpang copy

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      ksi sumber gan

      Reply
    • wisa2 years ago

      mas, mau tanya nih. musang saya bulu nya rontok, trus ngak mau makan buah. cuma makan nasi kecap sama minum susu. kalo dikasih jajanan pasar yg dikukus itu dia baru mau makan? itu gimana ya mas? baik ngak utk kesehatan musang nya sendiri? sebelumnya makasih ya mas

      Reply
      • nandahermawan1 year ago

        Gan cara menjitotkan musang gimana ya?? Tolong bantu donk gan??

        Reply
    • ari codet2 years ago

      Mas saya kn punya musang. Lah musange itu kaya rada galak itu loh mas.klo ta deketin itu musangnya suka muter_muter dikndang mas gk bisa diem klo ada aku mas gimana mas solusinya mnta tlng

      Reply
      • Author

        Pecinta Binatang2 years ago

        usianya berapa mas? kalo sudah besar emang agak susah

        Reply
  2. tomi3 years ago

    Mas musang q kondisi nya nggak bisa ngeliat.agak susah mebjinakkan nya..kalo q datang dia suka lari. Gimana solusi nya..??

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      wah kalo ga bisa liat susah juga mas, karena dikiranya kita ancaman

      Reply
  3. rival3 years ago

    Mas kalo musang yang udah jinak sama orang trus di beli sama saya apa musang itu masih jinak sama saya?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      bisa jinak bisa tidak, tergantung karakter musangnya. kalo pengen tau coba saja dipegang

      Reply
  4. anam saputra3 years ago

    Mas q mau tnya tdy q pny beby musang bru melek setelah agak bsar gk mau q ksh mkn..nah knp musang sy tb skg gk mau dpegang klu melihat manusia.gmn caray bs jinak gi..

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      coba pendekatan dulu mas, mungkin secara insting musang memang waspada.

      Reply
  5. lukas3 years ago

    Mas saya punya musang pandan,bisa tlg dijinakin gak?ini kalau bisa minta tlg dong,nih pin saya 2AE9BD54,masih ya

    Reply
  6. aldi3 years ago

    Gan musang saya udh gede tapi jarang di pegang jadi aga galak, gmna cara jinakin ya gan yg udh terlanjur dewasa?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      pelan-pelan gan, sesering mungkin berada dekat dengan musang terutama saat memberi makan

      Reply
  7. adib3 years ago

    taro pakaian kita yang habis di pakai ya gan ?

    Reply
  8. Adi3 years ago

    Kalo dia udah tau bau kita, trus kadang2 masih gigit itu gmna solusinya gan ?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      namanya juga hewan liar om kali2 sih emang harus kena gigit 😀

      Reply
  9. Andre3 years ago

    mas saya punya musang umur 7bln jenkel jantan, itu musang saya kasih makan dengan handfeet dia gak takut/jinak. terus saya keluarin kandang saya taruk d bahu saya dia gk strike mas malah anteng kaya musang jinak semestinya. dan yg jadi pertnyaan saya kenapa setiap saya taruh musang saya di bawah atau d lantai setiap saya deketin dia malah strike dan setiap coba saya elus d kandang kadang dia strike smpai tngan sya berdarah. bgaimana solusinya mas supaya musang sya bisa jitol. dan gk sering strike kalau lagi elus dia d kandang atau d luar kandang.? trimakasih sebelumya….

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      Sabar mas, terus lama kelamaan nanti juga jitot karena memang butuh waktu, dan saat di elus jangan dulu sentuh bagian sensitif seperti perut dan tengkuk bagian belakang.

      Reply
      • Indra11 months ago

        jadi bagian mana yang boleh di sentuh (tidak sensitif) mas. waktu masih masa perkenalan.

        Reply
        • Author

          Pecinta Binatang11 months ago

          kepala bagian atas mas

          Reply
  10. Rahmat Hidayat2 years ago

    gan kalo musang kita udh 7bulanan menjinakan nya gmna ?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      kalo sudah dewasa aga susah mas, sering-sering kasih makan pake tangan aja, dan jangan dikasarin. sabar mas

      Reply
  11. GIAR RAMA DHANY2 years ago

    Setiap mau di pegang pasti dia ingin menyerang bagai mana ni mass

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      sabar mas, pelan-pelan. Ga cepet memang jinakin musang, kita harus dipercaya sama musangnya dulu, baru dia bolehin kita pegang. klo boleh tahu umurnya berapa musangnya?

      Reply
  12. GIAR RAMA DHANY2 years ago

    Bagai mna mass tolong di invite pin 5713D5A1

    Reply
  13. Asep Septiandi2 years ago

    Ini mas saya mau nanya, saya kan punya musang umuran 3bulanan lah udh freeroom. Saya dapet beli orang, tadi nya pas sama yg punya nya udh jitot banget mas, tapi pas sama saya galak banget. Kalau dikeluarin dari kandang dan dideketin mau saya kasih makan suka ngejar gitu mas mau gigit. Itu kenapa yaa? Terus cara ngejinakin nya gimana yaa kalau boleh tau? Apa perlu tangan kita harus digigit dulu biar jinak?

    Reply
  14. Asep Septiandi2 years ago

    Mas saya punya musang umur 3bulan dapet beli dari orang, tadi nya pas sama orang nya udah jitot banget. Tapi pas sama sya jdi galak banget. Itu kenapa yaa mas? Terus kalau dilepas dari kandang itu suka ngejajar mau gigit. Itu cara ngejinakin nya gimana yaa mas?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      hehe kalo orang baru memang gitu mas. Atau bisa jadi memang musangnya one man. Sering-sering di openin aja, kasih makan pke tangan. memang akan lama

      Reply
  15. firman putra2 years ago

    mas mw anya, musangku umur 3 bln an, agak defense kndang tp klo uda d gendong aman” ae (ga gigit) tp terus klo smisal di lepas d ruang tamu lama” jd kyak liar gitu, mengeram dan pengen lepas ae, solusine gmna y ?. mkasih mas sblume

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      masih perlu penyesuaian, coba kalo d lepas sesekali diberi makan mas. sudah berapa lama musangnya d mas?

      Reply
  16. Risky2 years ago

    Om mau nanya nh… musang ane ko jadi galak ya tadi nya jinak… kalo becanda udah kaya beneran… gi mana ya tolong di bantu ya om

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      sebenerny udah sifat alami bro, hands feed sering d pegang aja

      Reply
  17. ibnu2 years ago

    Mas.kira” bagus ny musang umur 3 sampe 4 bulan mandi ny tiap hari apa gmna

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      tergantung kebiasaan aja mas. 2-3 hari sekali boleh. Minimal seminggu sekali lah.

      Reply
  18. lamiyah2 years ago

    mas saya br beli musing usia 2 atau 3 bulan trus taring depan d copotin. kira2 brp lama bs jinak? saya udah 2hari kasi makan pake tangan.

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      wajar om, gigi musang lagi masa pergantian gigi, musang jadi galak. nanti tumbuh lagi kok. lagi pertumbuhan

      Reply
  19. kevin2 years ago

    mas gimana nih musang saya selalu berontak truss kalo di kasih makan degan cara hendsfeed di ga mau gi mana yah ngehadepin nya

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      alon alon mas. biarin kasih makan di wadah, sambil diliatin dari dekat, lama kelamaan nanti biasa. terus coba kasi pake tangan. biasanya udah mau. tunggu juga sampai laper bgt.

      Reply
  20. candra2 years ago

    mas mau tanya, musang saya knp kalo kasih makan pakek tangan slalu berontak
    ini pin saya mas 5B49DE03 makasih

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      masih panik om, deketin pelan-pelan dulu jangan langsung hands feed

      Reply
  21. Rosyid2 years ago

    Mas saya punya musang pandan umur 3 bulan.setiap saya taruh di kandang dia teriak2 bunyi2 gtu.kalo saya keluarin dia diam.itu knapa ya mas?dan buat supaya dia gk bunyi2 di kandang gmna ya mas?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      wah saya belum ngalamin mas, miaranya cuma satu? coba di kasi tempat sembunyi mas barang kali takut dia

      Reply
  22. zaerard2 years ago

    kenapa musang baunya kaya tahi

    Reply
  23. iqbal2 years ago

    Mas kalau mau gampang ngejinakin musang umur berapa ,?tolong bantuanya mas

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      dari kecil mas.

      Reply
  24. MJSPU2 years ago

    Mas, mau nanya, gua ada musang, umurnya kira kira 1 setengah bulanan, dapet nemu di pohon gede mas, jadi saya adop, awal2 dia anteng2 aja mas pas masih tidur sama saya, karena dia udh lumayan gede skrg, jadi saya masukin kandang, nah problemnya ini dia mas, saat dia udh di kandang, kadang2 dia strike, tapi klo udh gua gendong kaga strike lg, trus klo di tarok di lantai, pas saya deketin, dia malah lari kyk ketakutan, solusinya gmana mas yak ? thanks before..

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      perlu kesabaran mas hehe, lama-lama juga ngga

      Reply
  25. [email protected]2 years ago

    Om saya punya muspan, umur 1 tahun, d peliraha jinak terus. Nah sekarang jadi galak seakan akan gak kenal, gimana ya mas solusinya? Tolong banget karena saya udah sayang sama musang ini.. gak mau dijual, tapi sekarang kasian cuman d dalem kandang gak bisa dmainin atau dmandiin.. note: musang saya betina

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      di coba deketin lagi mas, mungkin ada sebabnya atau troma

      Reply
  26. lamiyah2 years ago

    mas boleh mintak pin y,gua punya musang 3 bulan mintak cara menjinakan musang saya

    Reply
  27. Bizar2 years ago

    Iya mas gimana caranya, ane juga sama umur 3bulanan masih galak, kalo mau masukin tangan kekandang langsung ngendengkur siap2 mau gigit gitu, jadi bingung kalo mau ngasih makan pake tangan. Terus masih canggung pengen ngeluarin dr kandang juga, takut kabur, gimana ya caranya

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      mas piara musang harus paham, musang itu binatang liar, buas. Jadi kalo sikapnya masih liar wajar, artinya musang belm percaya sama ownernya. Caranya gimana? Deketin dulu, kasih makan di jarak dekat, sampai ga begitu agresif. Lalu berapa lama? tergantung bang, saya saja deketin kucing liar sampe jinak bisa berbulan-bulan, jadi sabar.

      Reply
  28. andreuadrian2 years ago

    Mas musang saya udh agak kenal cuman gimana ya biar supaya jinak total dan kadang makanya agak susah apa solusinya ya mksh mas..

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      kalo pengen jitot harus sabar mas, terus saja di openin dan dirawat nanti lama-lama jinak. Kalo makan susah coba bisa di baca macam2 makanan musang barang kali ada alternatif makanan yang bisa dicoba.

      Reply
  29. isma2 years ago

    salam wangi,…..mas mau tanya klo gigi musang dipangkur bs tumbuh lg nga,mks

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      kalo gigi musang muda bisa tumbuh, kalo sudah tua kemungkinan besar engga

      Reply
  30. Russell2 years ago

    Gan ini gimana cara jinakin musang setiap mau dipegang marah ngambek gimana nih.

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      sabar mas hehe. musang bukan robot yang bisa di atur. deketin sabar

      Reply
  31. Doni2 years ago

    Bang saya mau tanya dong, musang saya musang bulan umur 2,5 bulanan, ga nafsu makan bgtt ,saya udh beliin scoot emulsion, minyak ikan, saya suapin juga gamau, d.minumin scoot emulsion jugaa harus d.paksa dlu mulutnya d.buka paksa, karakternya gabisa diem mas, d.pundak anteng, tpi klo ngeliat orang kaya mau kabur gtu,, gmnA solusinya mas??

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      belum jinak full itu mas. Pelan-pelan kayaknya belum adapatasi. Kalo boleh tau makanan yang dikasi apa ya?

      Reply
  32. Faisal2 years ago

    Musang saya umur 6 bulanan, baru semi jinak, kalo dipegang ga bisa diem, sering gigit juga, mau tanya cara efektif buat supaya musang tenang terus ga sering ngegeigit gimana ya mas?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      sering dipegang. Piara musang sudah resiko kalo digigit hehehe

      Reply
      • Faisal2 years ago

        Iya sih udah resiko, tapi kadang dia tenang kalo di elus2 kadang malah agresif nyerang gitu

        Reply
  33. ahmad hatromi2 years ago

    Kalo musang terlanjur makan pelastik bekas makanan bagaimana cara penanggulangannya gan?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      biasanya keluar lewat kotoran om

      Reply
  34. H4nie342 years ago

    Mas aq baru bgt beli musang..kata abangnya umurnya baru 2bln msh kecil bgt segenggaman tangan..pas di abangnya jinak mw di pegang di gendong..tp pas dh dibawa kerumah malahan galak bgt ga mw dipegang n di ambil tuk gendong pun ngamuk..itu gmn dunx

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      belum adaptasi mas. waktu di abangnya udah biasa sama tempat dan orangnya sekarang ganti lingkungan jadi kaget. nanti juga lama-lama jinak kok asal pelan-pelan aja dan sabar

      Reply
  35. jefri2 years ago

    Musang saya lebih kurang umur 2 bulan,dia maunya tidur bareng di kasur sama saya,kalau dimasukin dlm kandang mutar mutar cari jalan keluar..trus makannya gak mau makan sendiri harus di suap terus.Saya kasih makan pisang campur sun(bubur bayi).Tapi kalau saya kasih udang baru dia mau makan sendiri..gimana biar dia mau makan sendiri ??

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      biarkan supaya laper dulu mas gpp, memang awalnya agak kejam. Nanti juga dimakan kalo laper. btw musangnya manja banget 😀

      Reply
  36. Name *arya2 years ago

    mas mau nayak musang ku suka gigit dek dek aku tapi padahal aku yg ngerawat tapi kalok dek orang tua ku nurud di suruh duduk mau di suruh lari mau kenapa ya

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      wah kurang tau tuh mas, mungkin musangnya suka sama ortunya 😀

      Reply
  37. Brianjas282 years ago

    Mas, nih musang ku galak banget mas,sampe tangan berdarah dan gimana nih tuk buat jinakin nya mas?

    Reply
  38. heri2 years ago

    Terimakasih kk info cara menjinakan musang, sangat bermanfaat.

    Reply
  39. ridho1 year ago

    mas mau nanya kalo mau jinakin musang yg birahi/lg hamil biar dia ga gigit ngagetin gimana yah solusinya? kadang gigit nyantok kaya ular

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang1 year ago

      umur berapa? tadinya udah jinak apa belum, kalo udah dewasa susah mas

      Reply
  40. izzam anak nackal1 year ago

    Gan musang pandan saya umurnya 3 bulan sudah saya handle 1¹/² minggu kok gk jinak jinak yaaaah mohon pencerahannya

    Reply
  41. Wahyu1 year ago

    Mas saya punya muspan umur krng lbh 7bln kalo siang diem di pegang kaga gigit tp klo mlm agresig gigit trs n muter” di kandang itu gmna mas..?? Cara menanganinya
    Makasih…

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang1 year ago

      normal mas, musang itu memang hewan nokturnal (hewan aktif di malam hari)

      Reply
  42. triyana1 year ago

    mo jual musang pandan semi jinak umur 6-8 bln

    Reply
  43. rizal1 year ago

    Mau tanyak saya baru beli musang umur 3 bulan dia udah dpt 2 hari masih gigit gimana cara jinakinya?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang1 year ago

      baru 2 hari mas, sbar musang emang hewan liar yang pasti suka ggigit, pelan-pelan

      Reply
  44. Mata Kalong11 months ago

    Min musang punya saya usia baru 2 bulan, karena saya sibuk dan tidak terurus jadi musang saya jika melihat orang lain jadi galak dan gigit, gimana biar jinak lagi min ??

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang11 months ago

      caranya biasain sama manusia, pelan2 dan harus sabar

      Reply
  45. khatami`6 months ago

    mas kalau jitotkan musang umur 2-3 bulan kira2 berpa lama?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang6 months ago

      ga pasti om, beda-beda setiap musang. sabar aja dan telaten

      Reply

Leave a reply "Cara Menjinakkan Musang Terbukti Ampuh"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Top
error: Content is protected !!