Cara menjinakkan musang – Musang pada dasarnya bukan hewan jinak yang mempunyai insting ‘buas’ yang alamiah, seiring dengan berjalannya waktu lamakelamaan musang dipandang bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan yang eksotis dan terbukti sekarang dengan banyaknya pecinta musang di indonesia.

Nah salah satu masalah dalam memelihara musang adalah musang masih galak dan kita perlu cara menjinakkan musang dengan mudah agar lebih asik dipelihara. Penjinakkan musang ini bisa mudah bisa sulit karena dipengaruhi oleh banyak faktor baik itu umur musang, atau dari sifat musangnya sendiri bisa juga karena perlakuan kita yang kasar.

Menjinakkan musang lebih mudah jika musang masih berumur muda karena kita bisa membiasakannya dan terus melatihnya, jika sudah berumur agak sulit karena sifat dan karakternya sudah terbentuk.

Dalam menjinakkan musang terlebih dahulu kita harus berani. Karena dalam proses penjinakkan musang digigit atau dicakar adalah hal yang wajar. Ditambah musang adalah hewan nocturnal yang secara insting bisa merasakan ‘hawa’ ketakutan kita, jika kita takut maka dia akan semakin berani. Nah selengkapnya akan saya bahas dari poin ke poin.

Cara Menjinakkan Musang

Jika mental kita sudah siap maka langkah selanjutnya dalam menjinakkan musang adalah.

1. Pengenalan

Pengenalan ini adalah membiasakan diri kita terlihat oleh musang sehingga lama kelamaan musang akan tahu kita ini tidak berbahaya karena musang akan menyerang jika merasa dirinya terancam. Dalam pendekatan ini berilah makan musang dengan tangan (Handsfeed). Untuk mempercepat pengenalan kita kepada musang bisa dengan menaruh pakaian yang bekas kita pakai di kandangnya agar bau kita dihafal oleh musang.

2. Pendekatan

Jika sudah terasa musang kenal dengan kita bisa dengan menggendongnya pelan pelan. Jika sudah didalam gendongan kita siram air ke punggung musang sebanyak 5 gelas kecil, lalu keringkan dengan handuk sambil mengelusnya, tips ini berasal dari dunia musang. Jika musang masih menyerang (strike) kita bisa menggunakan glove atau jaket tebal untuk meredam penyerangan. Ulangi cara diatas sampai musang tidak menyerang.

cara-menjinakkan-musang-galak

sumber foto : http://fjb.kaskus.co.id/profile/1186367

3. Proses Jinak

Jika musang sudah tidak menyerang maka bisa dibawa ke tempat yang baru untuk jalan-jalan. Nah lama kelamaan musang akan lengket dengan anda. Proses ini biasanya memakan waktu dua hari sampai satu minggu.

cara-menjinakkan-musang-2

sumber foto : http://fjb.kaskus.co.id/profile/1186367

Cara menjinakkan musang diatas semoga bisa bermanfaat bagi pecinta musang. Cara di atas bukan cara mutlak yang harus dilakukan melainkan bisa disesuaikan dengan kebiasaan musang dan karakter musang masing-masing. Jenis-jenis musang tertentu juga bisa mempengaruhi cepat lambatnya proses penjinakkan musang.

Join the Conversation

88 Comments

    1. mas, mau tanya nih. musang saya bulu nya rontok, trus ngak mau makan buah. cuma makan nasi kecap sama minum susu. kalo dikasih jajanan pasar yg dikukus itu dia baru mau makan? itu gimana ya mas? baik ngak utk kesehatan musang nya sendiri? sebelumnya makasih ya mas

    2. Mas saya kn punya musang. Lah musange itu kaya rada galak itu loh mas.klo ta deketin itu musangnya suka muter_muter dikndang mas gk bisa diem klo ada aku mas gimana mas solusinya mnta tlng

  1. Mas musang q kondisi nya nggak bisa ngeliat.agak susah mebjinakkan nya..kalo q datang dia suka lari. Gimana solusi nya..??

  2. Mas q mau tnya tdy q pny beby musang bru melek setelah agak bsar gk mau q ksh mkn..nah knp musang sy tb skg gk mau dpegang klu melihat manusia.gmn caray bs jinak gi..

  3. Mas saya punya musang pandan,bisa tlg dijinakin gak?ini kalau bisa minta tlg dong,nih pin saya 2AE9BD54,masih ya

  4. Gan musang saya udh gede tapi jarang di pegang jadi aga galak, gmna cara jinakin ya gan yg udh terlanjur dewasa?

  5. mas saya punya musang umur 7bln jenkel jantan, itu musang saya kasih makan dengan handfeet dia gak takut/jinak. terus saya keluarin kandang saya taruk d bahu saya dia gk strike mas malah anteng kaya musang jinak semestinya. dan yg jadi pertnyaan saya kenapa setiap saya taruh musang saya di bawah atau d lantai setiap saya deketin dia malah strike dan setiap coba saya elus d kandang kadang dia strike smpai tngan sya berdarah. bgaimana solusinya mas supaya musang sya bisa jitol. dan gk sering strike kalau lagi elus dia d kandang atau d luar kandang.? trimakasih sebelumya….

    1. Sabar mas, terus lama kelamaan nanti juga jitot karena memang butuh waktu, dan saat di elus jangan dulu sentuh bagian sensitif seperti perut dan tengkuk bagian belakang.

    1. kalo sudah dewasa aga susah mas, sering-sering kasih makan pake tangan aja, dan jangan dikasarin. sabar mas

    1. sabar mas, pelan-pelan. Ga cepet memang jinakin musang, kita harus dipercaya sama musangnya dulu, baru dia bolehin kita pegang. klo boleh tahu umurnya berapa musangnya?

  6. Ini mas saya mau nanya, saya kan punya musang umuran 3bulanan lah udh freeroom. Saya dapet beli orang, tadi nya pas sama yg punya nya udh jitot banget mas, tapi pas sama saya galak banget. Kalau dikeluarin dari kandang dan dideketin mau saya kasih makan suka ngejar gitu mas mau gigit. Itu kenapa yaa? Terus cara ngejinakin nya gimana yaa kalau boleh tau? Apa perlu tangan kita harus digigit dulu biar jinak?

  7. Mas saya punya musang umur 3bulan dapet beli dari orang, tadi nya pas sama orang nya udah jitot banget. Tapi pas sama sya jdi galak banget. Itu kenapa yaa mas? Terus kalau dilepas dari kandang itu suka ngejajar mau gigit. Itu cara ngejinakin nya gimana yaa mas?

    1. hehe kalo orang baru memang gitu mas. Atau bisa jadi memang musangnya one man. Sering-sering di openin aja, kasih makan pke tangan. memang akan lama

  8. mas mw anya, musangku umur 3 bln an, agak defense kndang tp klo uda d gendong aman” ae (ga gigit) tp terus klo smisal di lepas d ruang tamu lama” jd kyak liar gitu, mengeram dan pengen lepas ae, solusine gmna y ?. mkasih mas sblume

    1. masih perlu penyesuaian, coba kalo d lepas sesekali diberi makan mas. sudah berapa lama musangnya d mas?

  9. Om mau nanya nh… musang ane ko jadi galak ya tadi nya jinak… kalo becanda udah kaya beneran… gi mana ya tolong di bantu ya om

  10. mas saya br beli musing usia 2 atau 3 bulan trus taring depan d copotin. kira2 brp lama bs jinak? saya udah 2hari kasi makan pake tangan.

    1. wajar om, gigi musang lagi masa pergantian gigi, musang jadi galak. nanti tumbuh lagi kok. lagi pertumbuhan

  11. mas gimana nih musang saya selalu berontak truss kalo di kasih makan degan cara hendsfeed di ga mau gi mana yah ngehadepin nya

    1. alon alon mas. biarin kasih makan di wadah, sambil diliatin dari dekat, lama kelamaan nanti biasa. terus coba kasi pake tangan. biasanya udah mau. tunggu juga sampai laper bgt.

  12. mas mau tanya, musang saya knp kalo kasih makan pakek tangan slalu berontak
    ini pin saya mas 5B49DE03 makasih

  13. Mas saya punya musang pandan umur 3 bulan.setiap saya taruh di kandang dia teriak2 bunyi2 gtu.kalo saya keluarin dia diam.itu knapa ya mas?dan buat supaya dia gk bunyi2 di kandang gmna ya mas?

    1. wah saya belum ngalamin mas, miaranya cuma satu? coba di kasi tempat sembunyi mas barang kali takut dia

  14. Mas, mau nanya, gua ada musang, umurnya kira kira 1 setengah bulanan, dapet nemu di pohon gede mas, jadi saya adop, awal2 dia anteng2 aja mas pas masih tidur sama saya, karena dia udh lumayan gede skrg, jadi saya masukin kandang, nah problemnya ini dia mas, saat dia udh di kandang, kadang2 dia strike, tapi klo udh gua gendong kaga strike lg, trus klo di tarok di lantai, pas saya deketin, dia malah lari kyk ketakutan, solusinya gmana mas yak ? thanks before..

  15. Om saya punya muspan, umur 1 tahun, d peliraha jinak terus. Nah sekarang jadi galak seakan akan gak kenal, gimana ya mas solusinya? Tolong banget karena saya udah sayang sama musang ini.. gak mau dijual, tapi sekarang kasian cuman d dalem kandang gak bisa dmainin atau dmandiin.. note: musang saya betina

  16. Iya mas gimana caranya, ane juga sama umur 3bulanan masih galak, kalo mau masukin tangan kekandang langsung ngendengkur siap2 mau gigit gitu, jadi bingung kalo mau ngasih makan pake tangan. Terus masih canggung pengen ngeluarin dr kandang juga, takut kabur, gimana ya caranya

    1. mas piara musang harus paham, musang itu binatang liar, buas. Jadi kalo sikapnya masih liar wajar, artinya musang belm percaya sama ownernya. Caranya gimana? Deketin dulu, kasih makan di jarak dekat, sampai ga begitu agresif. Lalu berapa lama? tergantung bang, saya saja deketin kucing liar sampe jinak bisa berbulan-bulan, jadi sabar.

  17. Mas musang saya udh agak kenal cuman gimana ya biar supaya jinak total dan kadang makanya agak susah apa solusinya ya mksh mas..

    1. kalo pengen jitot harus sabar mas, terus saja di openin dan dirawat nanti lama-lama jinak. Kalo makan susah coba bisa di baca macam2 makanan musang barang kali ada alternatif makanan yang bisa dicoba.

  18. Bang saya mau tanya dong, musang saya musang bulan umur 2,5 bulanan, ga nafsu makan bgtt ,saya udh beliin scoot emulsion, minyak ikan, saya suapin juga gamau, d.minumin scoot emulsion jugaa harus d.paksa dlu mulutnya d.buka paksa, karakternya gabisa diem mas, d.pundak anteng, tpi klo ngeliat orang kaya mau kabur gtu,, gmnA solusinya mas??

    1. belum jinak full itu mas. Pelan-pelan kayaknya belum adapatasi. Kalo boleh tau makanan yang dikasi apa ya?

  19. Musang saya umur 6 bulanan, baru semi jinak, kalo dipegang ga bisa diem, sering gigit juga, mau tanya cara efektif buat supaya musang tenang terus ga sering ngegeigit gimana ya mas?

  20. Kalo musang terlanjur makan pelastik bekas makanan bagaimana cara penanggulangannya gan?

  21. Mas aq baru bgt beli musang..kata abangnya umurnya baru 2bln msh kecil bgt segenggaman tangan..pas di abangnya jinak mw di pegang di gendong..tp pas dh dibawa kerumah malahan galak bgt ga mw dipegang n di ambil tuk gendong pun ngamuk..itu gmn dunx

    1. belum adaptasi mas. waktu di abangnya udah biasa sama tempat dan orangnya sekarang ganti lingkungan jadi kaget. nanti juga lama-lama jinak kok asal pelan-pelan aja dan sabar

  22. Musang saya lebih kurang umur 2 bulan,dia maunya tidur bareng di kasur sama saya,kalau dimasukin dlm kandang mutar mutar cari jalan keluar..trus makannya gak mau makan sendiri harus di suap terus.Saya kasih makan pisang campur sun(bubur bayi).Tapi kalau saya kasih udang baru dia mau makan sendiri..gimana biar dia mau makan sendiri ??

    1. biarkan supaya laper dulu mas gpp, memang awalnya agak kejam. Nanti juga dimakan kalo laper. btw musangnya manja banget 😀

  23. mas mau nayak musang ku suka gigit dek dek aku tapi padahal aku yg ngerawat tapi kalok dek orang tua ku nurud di suruh duduk mau di suruh lari mau kenapa ya

  24. mas mau nanya kalo mau jinakin musang yg birahi/lg hamil biar dia ga gigit ngagetin gimana yah solusinya? kadang gigit nyantok kaya ular

  25. Gan musang pandan saya umurnya 3 bulan sudah saya handle 1¹/² minggu kok gk jinak jinak yaaaah mohon pencerahannya

  26. Mas saya punya muspan umur krng lbh 7bln kalo siang diem di pegang kaga gigit tp klo mlm agresig gigit trs n muter” di kandang itu gmna mas..?? Cara menanganinya
    Makasih…

  27. Mau tanyak saya baru beli musang umur 3 bulan dia udah dpt 2 hari masih gigit gimana cara jinakinya?

    1. baru 2 hari mas, sbar musang emang hewan liar yang pasti suka ggigit, pelan-pelan

  28. Min musang punya saya usia baru 2 bulan, karena saya sibuk dan tidak terurus jadi musang saya jika melihat orang lain jadi galak dan gigit, gimana biar jinak lagi min ??

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.