Beginilah Memelihara dan Merawat Burung Parkit dengan Benar

Memelihara dan Merawat Burung Parkit – Burung parkit merupakan salah satu jenis burung yang banyak diminati oleh para pecintanya. Parkit memiliki warna bulu yang cerah serta kicauan yang riang walau monoton. Dan daya tarik lainnya dari burung mungil ini, adalah gerakannya yang lincah dan menggemaskan.

Dan untuk Anda yang baru memelihara burung ini, serta belum terlalu paham cara merawatnya, berikut ini kami share cara terbaik memelihara dan merawat burung parkit. Oke, silahkan disimak.

merawat-parkit
Foto https://www.facebook.com/andramotoyama.motoyama

Cara Memelihara Burung Parkit

Berikut ini beberapa panduan dalam memelihara burung parkit, baca juga makanan burung parkit

1. Jangan Menggunakan Kandang Kayu

Burung dengan warna-warna cerah ini memiliki paruh yang tajam sehingga dapat menghancurkan kandang yang terbuat dari kayu. Sebaiknya Anda menggunakan kandang dari besi yang tidak mudah berkarat atau stainles. Karena karat pada besi dapat meracuni burung.

2. Pilih Kandang yang Besar

Memelihara burung parkit harus mengutamakan ukuran kandang. Pilih kandang dengan bentuk memanjang karena burung ini lebih sering terbag menyamping daripada ke atas. Ukuran kandang yang bisa Anda gunakan minimal berukuran 46cm x 61cm x 61 cm.

3. Rajin Memandikan Parkit

Aktivitas ini bisa Anda lakukan secara rutin setiap pagi dengan menggunakan sprey. Tujuannya agar burung-burung Anda bisa berkicau lebih nyaring. Melatih kicauan burung parkit sebaiknya dilakukan sejak usia dini.

4. Letakkan Kandang di Tempat yang Tepat

Meletakkan kandang burung parkit di area yang aman merupakan pilihan yang tepat. Anda bisa meletakkannya di dekat ruang keluarga atau dapur. Tetapi Anda harus memastikan tidak ada sesuatu yang membuat hewa ini kaget, seperti tikus, kucing, dan lain-lain.

5. Jemur Burung Parkit Anda

Waktu yang tepat untuk menjemur burung parkit adalah sekitar pukul 10.00 dengan durasi 2 sampai 3 jam saja. Menjemu burung parkit dengan rutin akan membuatnya semakin aktif bergerak serta membuat mereka semakin rajin berkicau.

6. Pilihlah Burung yang Baik

Ketika Anda hendak membeli burung parkit, pastikan burung tersebut lincah, tidak cacat, serta mempunyai nafsu makan yang baik. Sehingga Anda akan mudah saat melakukan perawatan lanjutan dan burung parkit Anda dapat bertahan lama. Baca : tips memilih parkit.

cara-merawat-parkit
Foto https://www.facebook.com/budgie.depok

Jadi, itulah beberapa cara tepat untuk memelihara burung parkit. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.