Jenis Mutasi Warna Burung Parkit

Mutasi Warna Burung Parkit – Burung parkit adalah salah satu burung yang banyak dipelihara oleh banyak lapisan masyarakat. Baik itu tua, muda, laki-laki, ataupun perempuan. Tidak diragukan lagi burung parkit memang peliharaan yang ramah. Selain itu daya tarik burung parkit ini juga menjadi penambah antusiasme para pemelihara.

Burung ini mempunyai sifat yang jinak (bisa jinak) dan tidak takut manusia. Selain sebagai peliharaan burung parkit juga bisa menjadi hiasan ruang keluarga dengan cara menaruh tenggerannya disana, tentu hanya menggunakan burung parkit yang sudah jinak yah dan hati-hati jika ada kucing hehehe.

Burung parkit digemari karena warnanya yang indah dan cerah. Oleh karenanya para penangkar burung parkit selalu bereksperimen untuk menghasilkan warna baru pada burung parkit (diluar warna normal dengan izin Allah)  yang dinamakan dengan warna mutasi.

Warna mutasi pada burung parkit ada banyak sekali jenis dan macamnya. Bahkan ada jenis mutasi warna parkit yang sangat langka dan berharga mahal. Untuk mengeluarkan mutasi warna burung parkit para penangkar menyilangkan dan mengawinkan antar jenis parkit (baca : jenis dan harga parkit) yang berbeda warna maupun jenisnya. Tidak tanggung-tanggung mutasi warna pada burung parkit pun dikembangkan oleh para peneliti di laboratorium untuk menghasilkan warna yang lebih berragam lagi.

Jenis Mutasi Warna Parkit

Ada beberapa jenis mutasi warna parkit yang bisa ditemui. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Warna Parkit Albino

Albino adalah parkit tidak mempunyai pigmen warna lain pada tubuhnya selain warna putih, dengan mata yang merah.

jenis-mutasi-parkit-albino
Foto https://www.facebook.com/trie.tomkinsz

2. Warna Parkit Antracite

Jenis mutasi warna antracite memiliki warna tubuh yang sangat gelap, cenderung kelabu atau juga kehitaman.

jenis-mutasi-parkit-anthracite
Image from www.greekbirdclub.com

3. Warna Parkit Blackface

jenis-mutasi-parkit-Blackface
Image from budgie-info.com

4. Warna Parkit Cinnamon

Jenis-mutasi-parkit-Cinnamon
Foto dari https://www.facebook.com/adit.adut.16

Sesuai dengna namanya yaitu “Cinnamon” atau kayu manis, yang artinya warna parkit yang mempunyai warna belang kecoklat-coklatan.

5. Warna Parkit Clearbody

Jenis-mutasi-parkit-Clearbody
Foto dari https://www.facebook.com/GrasparkietenKweek

Clear body, yang berarti badan bersih. yaitu jenis mutasi parkit yang mempunyai warna yang polos hanya ada sedikit corak ditubuhnya atau tidak ada sama sekali. Biasanya warna dasar kuning dan putih.

6. Warna Parkit Clearwing

Jenis-mutasi-parkit-Clearwing
Image fromforums.budgiebreeders.asn.au

Clear wing adalah jenis mutasi parkit yang tidak memiliki corak dibelakang, atau jika ada maka coraknya sangat jarang sekali (pudar).

7. Warna Parkit Creamino

Jenis-mutasi-parkit-Creamino
Image from pinterest.com

Warna mutasi creamino (krim) kurang lebih seperti warna pada parkit albino, perbedaannya hanya terdapat warna kuning yang melapisinya.

8. Warna Parkit Crested

Jenis-mutasi-parkit-Crested
Foto dari https://www.facebook.com/dvdbkhm70

Jenis mutasi ini paling mudah dikenali. Yaitu terdapat bulu yang menyerupai jambul dikepalanya. Sebenarnya bukan jambul, melainkan bulu yang terbalik.

9. Dark-Eyed Clear

Jenis-mutasi-warna-parkit-dark-eyed-Clear
Images from http://s695.photobucket.com/user/CorinasPictures/profile/

Jenis mutasi dark-eyed adalah salah satu jenis mutasi warna parkit yang langka. Warna mutasi ini merupakan gabungan dari mutasi warna Recessive pied dan Clearflight Pied. Tidak ada corak dalam jenis mutasi ini. Dark-eyed berarti matanya berwarna hitam gelap, dan clear berarti berwarna bersih tidak ada corak. Pada jenis mutasi ini juga terdapat tanda putih di pipi.

10. Dominant Pied

Jenis-mutasi-warna-parkit-Dominant-Pied
Foto dari https://www.facebook.com/hisyfa.h.syifa

Dominan pied (beraneka warna) merupakan jenis mutasi yang memiliki 2-3 warna yang beraneka ragam. Warna ini muncul dibagian perut dan punggungnya. Sekilas dominan pied ini mirip dengan rainbow. Pada dominan pied warnanya seolah tertumpuk-tumpuk.

11. Double Factor Spangle

Jenis-mutasi-warna-parkit-Double-Factor-Spangle
Foto dari https://www.facebook.com/boby.arisandi

Warna mutasi jenis ini memang agak sedikit membingungkan. Pasalnya ada beberapa mutasi yang mirip dengan mutasi warna spangle ini, seperti dark-eyed clear dan INO. Perbedaannya terletak pada warna matanya. Double factor spangle memiliki warna iris mata putih / abu-abu dan mata hitam.

12. Fallow

Jenis-mutasi-warna-parkit-fallow
Foto dari https://www.facebook.com/muhamad.nashiruddin

Jenis mutasi ini memiliki corak indah di tubuhnya tepatnya bagian punggung. Warna sayap yang coklat dengan gradasi putih, tanda pada pipinya berwarna ungu dengan kaki merah muda pudar, dengan mata yang merah (dengan iris atau tidak).

13. Grey

Jenis-mutasi-warna-parkit-Grey
Foto https://www.facebook.com/adit.adut.16

Sesuai dengan namanya, mutasi jenis ini berwarna abu-abu dengan banyak corak ditubuhnya. Warna pada pipinya berwarna abu-abu dan biru sedangkan bulu sayapnya berwarna hitam dan ditandai dengan warna putih yang mengelilingi.

14. Greywing

15. Half-Sider

16. Kuning

17. Lacewing

Jenis-mutasi-warna-parkit-Lacewing
Foto dari https://www.facebook.com/wahyu.haryanto.3154

18. Lutino

19. Mottled

20. Rainbow

21. Recessive Pied

22. Saddleback

Jenis-mutasi-warna-parkit-Saddleback
Foto dari https://www.facebook.com/Zigoth

23. Sirikuning

24. Siriputih

25. Slate

Jenis-mutasi-warna-parkit-slate
Image from wikipedia.org

26. Spangle

Jenis-mutasi-warna-parkit-Double-Factor-Spangle
Foto dari https://www.facebook.com/boby.arisandi

27. Violet

28. Yellowface

Mungkin selain warna diatas akan keluar warna-warna yang baru lainnya, menimbang maraknya budidaya dan persilangan parkit.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.