Cara Mudah Membedakan Pleci Jantan dan Betina Terbukti Akurat

0
64735
perbedaan pleci jantan dan betina
Foto dari https://www.facebook.com/agus.ichal

Perbedaan Pleci Jantan dan Betina – Cara membedakan burung pleci jantan dan betina bagi para pemula yang ingin merawat pleci tentu saja merasa bingung dan dianggap susah. Hal itu normal dan wajar sekali karena burung pleci termasuk salah satu burung yang berjenis monomorfik yaitu warna, bentuk, dan strukturnya antara jantan dan betina sama. Tetapi bukan berarti burung pleci jantan dan betina ini tidak bisa dibedakan satu sama lainnya. Burung pleci jantan dan betina tetap bisa dibedakan tetapi caranya tentu kita harus lebih teliti dan detil memperhatikan bagian tubuh pleci tersebut.

Pengetahuan untuk membedakan burung pleci jantan dan betina menurut saya sangat penting dalam dunia kicau ini. Karena dengan kita bisa membedakan kelamin pleci tentu kita bisa memilih pleci jantan dalam ombyokan dengan mudahnya atau barangkali jika kita sedang bertransaksi jual beli maka bisa menghindari penipuan dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Selain itu tentu kita bisa memilih gacoan atau memilih pleci betina untuk cas atau koloni.

Rata-rata para penggemar pleci ini membedakan burung jantan dan betinanya dengan memperhatikan suaranya. jika pleci bahan atau bakalan dipelihara dan terpantau ngeriwik besar kemungkinan pleci tersebut adalah pleci jantan tetapi jika tidak kunjung ngeriwik berarti pleci tersebut kemungkinan besar betina.

Tetapi cara ini tentu memakan waktu yang lama dan kurang akurat karena ada beberapa kasus pleci betina yang bisa ngeriwik seperti pleci jantan atau pleci jantan yang lambat bunyinya. Nah berikut ini ada beberapa cara mudah dan akurat untuk membedakan pleci jantan dan betina. Saya jamin pemula pun tentu bisa membedakannya.

Membedakan Pleci Jantan dan Betina

Sebenarnya saya sudah menulis tentang cara membedakan pleci jantan dan betina di sini tetapi ini adalah cara lain dan saya pikir perlu diinformasikan kepada teman-teman semua berikut ini perbedaannya. Saya cukup jelaskan dengan satu gambar yah.

cara-membedakan-pleci-jantan-dan-betina

Cukup perhatikan bagian perut dan ventnya. Karena ini menurut saya adalah perbedaan yang paling akurat diantara ciri-ciri lainnya. Untuk melihatnya kita perlu memandikan pleci terlebih dahulu agar basah kuyup dan kita dengan mudah bisa melihat bagian vent dan perut pleci. Keterangan lainnya bisa dilihat disini : cara 1 membedakan pleci jantan dan betina

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.