Cara Membuat Cepuk Pleci yang ‘Nyeni’ dengan Buah Palem

0
25465
membuat cepuk pleci dengan buah palem
Foto dari https://www.facebook.com/tisna.claluu

Membuat Cepuk Pleci – Dalam merawat burung kicau tentunya nilai sebuah karya seni untuk memperindah tampilan burung itu adalah salah satu yang penting. tidak hanya dari suara pleci saja mulai dari kandang pleci, tangkringan pleci, bahkan sampai pada cepuk (tempat makan atau minum) pleci bisa dibuat lebih indah dan lebih ‘nyeni’. Untuk masalah kandang mungkin hanya beberapa orang yang bisa membuatnya, karena memang perlu keahlian dan ketelatenan.

Eits tapi tenang dulu bagi kita yang tidak bisa membuat kandang pleci yang indah tapi kita bisa membuat aksesoris pleci menjadi lebih indah. Pada pembahasan kali ini akan saya coba sampaikan cara untuk membuat cepuk pleci yang indah dari buah pohon palem. Insya allah dijamin deh bakal menambah nilai estetika (keindahan) untuk burung pleci kita.

Mungkin dibeberapa forum atau di toko pakan pleci sudah banyak yang menjualnya, tetapi jika bahan-bahannya ada disekitar kita ya bisa membuatnya sendirilah. Itung-itung berhemat dan mengasah kreatifitas juga hehehe.

Membuat Cepuk Pleci dengan Buah Palem

1. Ambil buah palem yang sudah matang, yang berwarna merah atau sudah jatuh di tanah. Jenis palem yang indah untuk dijadikan cepuk pleci yaitu palem ekor tupai, karena palem ini seratnya bagus dan ukurannya besar jadi bisa menambah nilai seninya.

2. Setelah mendapatkan buah palemnya lalu potong ujungnya dengan gergaji besi atau gergaji peteng (gergaji U) agar lebih rapih.

3. Kesulitan yang dihadapi biasanya yaitu mengeluarkan daging buah palemnya hehe. Dagingnya keras seperti buah kelapa. Cara mudahnya bisa dengan menjemur buahnya agar dagingnya kering dan mengkerut lalu dengan mudah isi daging pelem bisa dikeluarkan. membuat-cepuk-pleci-dengan-buah-palem

4. Setelah itu kita buat dudukan untuk di sangkarnya. Bisa menggunakan potongan kayu kecil yang dibuat seperti cangkolan pada cepuk pada umumnya. Ukir dengan cutter dan gergaji. Lalu tempelkan dengan lem besi atau lem kayu.

5. Sentuhan terakhir bisa di cat atau di plitur, taraaa jadi deh cepuk indah dan menawan hehehe

membuat-cepuk-pleci-dari-buah-palem

Bagi teman-teman yang tidak bisa menemukan buah palem untuk dibuat cepuk bisa beli di forum-forum yang sudah jadi, itung-itung membantu kawan-kawan sesama pleci mania, okeh semoga artikel cara membuat cepuk pleci dari buah palem ini bermanfaat..

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.