mengawinkan ikan guppy

Stop!!!

Download aplikasi khusus kicau mania.

Berisi ratusan suara masteran, suara pikat, suara betina, dan perawatan dalam satu aplikasi

Download di Play Store

Cara Mengawinkan Ikan Guppy dan Merawat Anakannya

In Guppy 18143 views

Mengawinkan Ikan Guppy – Ikan guppy adalah salah satu ikan kecil yang banyak sekali dipelihara oleh masyarakat di Indonesia. Ikan ini mempunyai ekor yang lebar walaupun ukuran badannya sangat kecil, serta sirip bagian atas atau dorsal yang juga lebar sehingga ikan ini walaupun kecil akan terlihat gagah dengan kibaran ekor dan sirip atasnya. Walaupun ikan ini kecil dan mungil tetapi ikan guppy banyak dipelihara terutama oleh para penghobi Aquascape, karena ikan ini cocok jika berada dilingkungan akuascape, ga makan tempat bro dan mudah perawatannya.

Ada banyak sekali warna dan jenis ikan guppy yang bisa kita temukan. Nah dari banyaknya warna terdapat beberapa jenis guppy yang harganya mahal. Nah jika teman-teman ingin mencoba membudidayakan ikan guppy baik itu untuk kepentingan bisnis atau untuk iseng-iseng saat memelihara ikan caranya sangat mudah kok. Bahkan tanpa kita sadari ikan guppy sudah kawin dengan sendirinya.

Tetapi poin yang akan saya sampaikan adalah bukan tentang mengawinkan ikan guppynya tetapi saat memelihara anakannya. Karena anakan guppy yang tidak dirawat dengan baik biasanya tidak akan bertahan hidup lama, karena bisa jadi dimakan oleh ikan lain atau dimakan oleh induknya sendiri. Oke mari kita bahas langkah mengembangbiakkan ikan guppy dibawah ini

Mengawinkan Ikan Guppy dan Merawat Anakannya

Mengawinkan ikan guppy

Cara mengawinkan ikan guppy sangatlah mudah, kita hanya cukup menyatukan antara guppy jantan dan betina dalam satu tempat, maka ikan akan terlihat kejar-kejaran antara betina dan jantan (kawin). Hal yang perlu diperhatikan adalah memilih indukan dan mempersiapkan tempatnya.

Dalam memilih indukan guppy pilihlah indukan betina yang mempunyai perut gendut badan yang besar, biasanya dengan bentuk yang demikian ikan sudah banyak mengandung telur. Pilih indukan jantan yang mempunyai sirip yang lebar, biasanya guppy yang siripnya lebar sudah dewasa dan siap untuk kawin. Untuk mempercepat proses perkembangbiakkan maka perbandingan jantan dan betinanya 1 jantan dengan 3 betina (bisa lebih juga).

Baca Juga  Jenis dan Harga Ikan Guppy

Wadah bisa disediakan sesuai jumlah ikannya, sesuaikan saja jika ikan banyak sediakan tempat yang luas.

Mempersiapkan persalinan guppy

Loh persalinan? Ikan guppy bertelur apa melahirkan? Ikan guppy adalah ikan yang termasuk kedalam ovovivipar, masih ingat pelajaran IPA di sekolah dasar? Ovovivipar adalah hewan yang bertelur didalam tubuhnya, dan anakan akan keluar setelah anakan menetas.

Indukan guppy yang akan melahirkan harus dipersiapkan, terutama tempatnya. Karena jika kita biarkan anakan guppy beranak begitu saja maka bisa jadi anakan yang keluar akan dimakan induknya atau ikan lain.

Jika indukan ikan guppy sudah terlihat gendut gemuk setelah kawin (telur dibuahi) maka segera pisahkan dan tempatkan di wadah terpisah dan indukan ditempatkan dalam wadah saringan  atau tudung saji yang mengapung diatas tank sebagai isolasi bagi induknya. Agar anakan yang lahir tidak dimakan induknya. lihat gambar.

pijahkan-indukan-guppy

Foto dari http://forum.o-fish.com

Merawat anakan guppy

Hal paling sulit dalam memijahkan ikan guppy adalah merawat burayaknya atau anak ikannya. Setelah proses melahirkan anakan harus dipisah dari induknya lalu diberi makan setelah umur 2/3 hari karena selama 1-2 hari anakan guppy masih mempunyai cadangan makanan dalam tubuhnya, makanan burayak guppy sebenarnya lebih mudah karena anakan yang keluar sudah cukup besar. Untuk makanan burayak bisa membaca : makanan burayak

Artikel lainnya : cara mengawinkan ikan guppy, cara kawin ikan guppy, cara mengawinkan guppy, mengawinkan ikan guppy, ikan guppy betina, cara ikan guppy kawin, ciri ciri ikan guppy yang siap kawin, Cara mengawinkan ikan gupy, cara pemijahan ikan guppy, ikan guppy jantan dan betina

Tags: #guppy #guppy bertelur apa melahirkan #makanan anakan ikan guppy #memijahkan ikan guppy #mengawinkan ikan guppy #merawat anakan ikan guppy

Cara Agar Anakan Ikan Guppy Banyak Jantan
Cara Agar Anakan Ikan Guppy Banyak Jantan
Agar Anakan Ikan Guppy Mayoritas Jantan –
Cara Mengobati Guppy Ekor Nguncup atau Fin Rot
Cara Mengobati Guppy Ekor Nguncup atau Fin Rot
Mengobati Guppy Nguncup – Dalam merawat ikan guppy
Makanan Ikan Guppy Terbaik Agar Warna Lebih Cerah
Makanan Ikan Guppy Terbaik Agar Warna Lebih Cerah
Makanan Ikan Guppy – Ikan guppy memerlukan
Mengenal Ikan Guppy Lebih Detail
Mengenal Ikan Guppy Lebih Detail
Ikan Guppy – Ikan guppy (Poecilia reticulata)
Jenis dan Harga Ikan Guppy
Jenis dan Harga Ikan Guppy
Jenis dan harga ikan guppy – Salah

Leave a reply "Cara Mengawinkan Ikan Guppy dan Merawat Anakannya"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Top
error: Content is protected !!