Membedakan Sugar Glider Jantan dan Betina

Membedakan Sugar Glider Jantan dan Betina – Sugar glider adalah salah satu hewan peliharaan lucu yang mulai banyak dipelihara oleh masyarakat di Indonesia. Untuk memulai memelihara sugar glider biasanya kita mengambil sugar glider yang masih muda dengan tujuan agar terbiasa dan jinak dengan kita, setelah jinak dan punya ikatan istilahnya bonding (jinak dan bonding beda).

Istilah yang biasa dipakai dalam memelihara sugar glider disebut adopsi, karena sugar glider adalah salah satu binatang peliharaan yang membutuhkan banyak perhatian, baik itu keperawatan, sehehatan, perhatian dan dari segi makanannya.

Biasanya para pemula yang baru mengadopsi sugar glider mungkin akan kebingungan akan untuk membedakan sugar glider jantan dan betina. Membedakan jenis kelamin sugar glider memang penting tidak penting, tergantung tujuan dari si pemilik.

Tetapi sebagai pemelihara sugar glider yang baik tentu kita harus mengetahui segala sesuatunya tentang sugar glider. Nah salah satunya yaitu bagaimana membedakan jenis kelamin sugar glider jantan dan betina. Tapi jika anda ingin mengawinkan sugar glider tentu pengetahuan ini wajib anda miliki hehehe.

Membedakan sugar glider jantan dan betina tidak terlalu sulit. Kita hanya perlu melihat beberapa ciri-ciri pada fisiknya yang Insyaallah para pemulapun akan mudah untuk membedakannya. Tetapi perlu diingat untuk membedakan sugar glider yang masih kecil atau sugar glider anakan (joey) akan lebih sulit karena ciri fisik pada tubuhnya belum terlihat secara sempurna.

Daftar Isi

Membedakan Jenis Kelamin Sugar Glider

Berikut ini akan di informasikan beberapa ciri-ciri sugar glider jantan dan betina yang bisa kita pakai untuk membedakan keduanya.

Ciri Sugar Glider Jantan

Sugar glider jantan tidak mempunyai kantong di badannya (seperti kanguru). Sugar glider jantan biasanya mempunyai bau urine yang lebih menyengat dibanding sugar glider betina. Fungsinya untuk menandai wilayahnya. Di usia sekitar 5 bulanan sugar glider jantan akan mengalami perubahan fisik yaitu di kepala bagian atasnya akan mengalami kebotakan sebagian. Semakin dewasa umurnya maka sugar glider akan mempunyai botak di kepala yang semakin jelas.

gambar-sugar-glider-jantan
Foto dari http://fjb.kaskus.co.id/profile/590390

Kebotakan di kepala sugar glider jantan ini merupakan suatu tanda bahwa mulai tumbuhnya kelenjar bau di bagian kepala dan di garis leher. Bau tersebut digunakan untuk menandai wilayahnya.

Ciri Sugar Glider Betina

Ciri yang paling menonjol dan dapat membedakan sugar glider jantan dan betina secara pasti yaitu sugar glider betina mempunyai kantong ditubuhnya. Kantong pada sugar glider betina ini fungsinya sama seperti kantong pada kanguru yaitu untuk merawat anak-anaknya.

gambar-sugar-glider-betina
Foto dari pecinta-sg.blogspot.co.id

Anakan sugar glider akan berada di kantong kurang lebih selama 2 bulan. Anakan yang masih didalam kantung istilahnya IP (In Pouch). Yang keluar kantung disebut OOP (Out Of Pouch). Yah nanti kapan-kapan di bahas tentang reproduksi sugar glider yang lengkap sekarang cukup membedakan sugar glider jantan dan betina saja dulu hehehe.

2 thoughts on “Membedakan Sugar Glider Jantan dan Betina”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.