Anis Merah Jantan dan Betina – Postingan ini menyambung dari bahasan sebelumnya yaitu masih tentang burung anis merah. Pada bahasan sebelumnya telah diberitahukan cara membedakan burung anis merah jantan dan betina ketika masih trotolan (baca : trotolan anis merah jantan dan betina). Nah lalu bagaimana jika anis merah tersebut sudah dewasa. Tentu perbedaan antara anis merah jantan dan betina ini tidak sama lagi, apa saja yang perlu diperhatikan. Untuk menjawabnya mari kita simak beberapa bahasan dibawah ini.

Seperti yang kita ketahui ada beberapa jenis burung yang merupakan burung monomorfik, yaitu jenis burung yang mempunyai bentuk yang sama antara burung jantan dan betinanya. Sebenarnya memang tidak ada perbedaan yang jelas antar burung jantan dan betina pada anis merah. Tetapi bukan berarti tidak bisa dibedakan yah. Bisa dibedakan tetapi tergantung dari pengamatan kita dan jam terbang kita terhadap burung kicau, khususnya anis merah.

Cara termudah untuk bisa membedakan ciri-ciri anis merah jantan dan betina adalah dengan membandingkan secara langsung anis merah jantan dan betina. Lalu amati perbedaannya dan hafalkan patokannya. Karena kita tidak tahu sejelas apa perbedaan yang dimaksud. Misal anis merah jantan lebih terlihat panjang, kita tidak tahu sepanjang apa anis merah jantan dibanding betina karena tidak ada perbandingannya. Untuk ciri-ciri lainnya kita bahas dibawah.

Anis Merah Jantan dan Betina Dewasa

Ciri-ciri anis merah jantan

Pada anis merah jantan tentu bisa berkicau lebih lantang dan variatif dibanding yang betina yang hanya monoton dan pendek. Anis merah jantan memiliki bulu yang lebih cerah, hitam mengkilap. Serta jika diraba bagian kloakanya burung anis merah jantan memiliki kloaka yang lebih runcing dan rapat.

gambar-anis-merah-jantan
Foto dari https://www.facebook.com/ceper.wer

Ciri-ciri anis merah betina

Anis merah betina seperti disebutkan di atas kicauannya sebatas call atau monoton, walau ada beberapa anis merah betina yang menyerupai jantan tetapi jarang. Bulu anis merah betina juga lebih kusam jika dibandingkan dengan anis merah jantan dan bentuk kloakanya terlihat lebih lebar. Jika diperhatikan keduanya maka yang jantan lebih terlihat ramping dan panjang sedangkan yang betina terlihat membulat.

membedakan-anis-merah-jantan-dan-betina

Selain itu ada lagi untuk melihat anis merah jantan atau betina, coba rendengkan dengan anis merah yang gacor (baca : suara anis merah gacor) jika anis anda ngleper/ngeper berarti kemungkinan betina.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.