Jenis Filter Terbaik Untuk Aquascape Agar Air Selalu Jernih

0
1220
filter terbaik aquascape air bening
Filter terbaik aquascape Foto : https://www.facebook.com/dedi.sefian

Filter Terbaik Aquascape – Membuat air dalam aquascape menjadi bening, bersih terawat tentu saja menjadi salah satu tujuan para penghobi aquascape. Pasalnya air yang bening dan bersih membuat tampilan aquascape menjadi lebih indah dan mudah untuk dilihat.

Tetapi untuk membuat air pada aquascape agar selalu jernih tentunya membutuhkan persiapan yang matang. Persiapan ini dimulai dari tahap perencanaan saat akan membuat aquascape.

Mulai dari perlengkapan aquascape yang dibutuhkan, terutama filter aquascape dan bakteri starter. Juga tahap perawatan atau maintenance pada aquascape nantinya.

Air aquascape yang bersih dan jernih tidak lepas dari filter yang baik yang sesuai dengan kebutuhan dan siklus biologis dalam aquascape.

filter-terbaik-aquascape-agar-air-bening
filter terbaik aquascape Foto : https://www.facebook.com/flsabtest.ibe

Oleh karena itu dua hal ini (filter dan bakteri) sangat dibutuhkan untuk terciptanya lingkungan air yang bersih pada aquascape.

Filter aquascape berfungsi sebagai penyaring secara mekanis kotoran kasar maupun halus yang terdapat pada air. Sedangkan bakteri berfungsi mengurai kotoran halus yang tidak terlihat yang terdapat pada air.

Untuk bakteri starter saya rasa tidak ada masalah, karena bakteri starter ini bisa didapat dengan mudah dipasaran dengan berbagai kualitasnya dan fungsinya kurang lebih sama. Bakteri starter ini digunakan pada dasar substrat aquascape saat awal pembuatan aquascape.

Untuk filter saya sudah menulis beberapa jenis filter secara umum yang biasa digunakan pada aquarium atau aquascape. Tetapi untuk filter aquascape saya ingin membuat bahasan secara khusus, yaitu jenis filter terbaik untuk aquascape.

Jenis Filter Terbaik Untuk Aquascape

1. Hang On Back Filter

Filter hang on back atau disingkat HOB adalah salah satu filter yang standar digunakan untuk aquascape. Filter ini memang cocok untuk aquascape mulai dari bentuk dan ukurannya.

Ukurannya yang ramping dan letaknya yang tidak mengganggu pemandangan dalam tank menjadikan filter ini banyak digunakan untuk aquascape.

jenis-filter-gantung-HOB-aquarium
Filter hang on back Foto : tokopedia.com

Pemasangan yang cepat dan sangat praktis juga menjadikan filter ini populer dikalangan aquascaper. Sangat cocok digunakan untuk tank ukuran kecil sampai sedang.

Tetapi kekurangan pada filter ini yaitu kurang bisa menyaring dalam kapasitas besar. Selain itu media penyaringan yang terbatas, membuat filter ini harus sering di maintenance.

2. Undergravel Filter

Undergravel filter atau biasa disingkat UGF adalah salah satu filter yang menurut saya sangat-sangat efektif untuk menyaring kotoran, baik kotoran halus maupun kasar.

Karena pada filter UGF kotoran ditarik kebawah substrat dan didalam substrat kotoran akan diurai oleh bakteri. Penguraian kotoran oleh bakteri ini juga menjadikan nutrisi untuk tanaman nantinya.

Oleh karena itu penggunaan filter undergravel ini bisa membuat air sangat jernih dan bersih, tidak terkecuali untuk aquascape.

Aquascape juga bisa menggunakan filter undergravel. Tetapi yang perlu kita perhatikan yaitu peletakkan pupuk dasar, bahan substrat aquascape yang digunakan, dan tanaman apa yang akan ditanam nantinya.

Jika menggunakan filter undergravel biasanya ada yang tidak menggunakan pupuk dasar, karena penggunaan pupuk dasar pada filter undergravel bisa menyebabkan pupuk tersedot kebawah dan terbawa keluar substrat dan membuat air menjadi kuning nantinya.

jenis-filter-undergravel-aquarium
Foto : tokopedia.com

Tetapi ini bisa disiasati dengan : Menaruh pupuk dasar tidak di atas undergravelnya, melainkan di samping atau pada bagian yang tidak terdapat gravel.

Menaruh dasaran substrat yang cukup tebal diatas undergravel misal dengan pasir malang, lalu baru menaruh pupuk diatasnya, agar pupuk tidak langsung bersentuhan dengan gravel.

Selain itu UGF juga bisa hemat energi, karena bisa mengandalkan aerator saja sebagai pemicu sirkulasi air. Tetapi tetap harus memperhatikan ukuran tank yang dipakainya. Juga letaknya yang tidak terlalu menghalangi pemandangan.

Kekurangannya yaitu filter undergravel ini lama kelamaan akan tersumbat, dan jika sudah tersumbat agak sulit maintenancenya, bahkan harus di rescape ulang.

3. Canister

Filter canister atau filter external ini sudah diakui sebagai filter yang baik digunakan untuk aquascape.

Pasalnya dari kapasitas penyaringan yang cukup besar (bisa disesuaikan), pembersihan yang mudah ga perlu membongkar yang didalam tank, juga hasilnya air menjadi jernih.

jenis-filter-canister-aquarium
Filter canister

Cara kerja filter ini yaitu dengan menyedot air dari aquascape dengan bantuan gaya gravitasi, lalu disaring dibagian media filter, dan air bersih kembali dimasukkan kedalam aquascape.

Media filter pada canister juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan dibersihkan secara berkala.

Kendala pada filter canister yaitu filter ini membutuhkan tempat, juga harga yang cukup tinggi, dan instalasi yang cukup ribet diawal.

Filter terbaik aquascape adalah filter yang cocok dengan kebutuhan pada tank aquascape masing-masing. Karena selain sebagai alat untuk menyaring tentu saja filter yang digunakan harus sesuai dengan lingkungan aquascape yang akan dibuat nantinya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.