8 Macam Substrat Aquascape atau Dasaran Aquascape yang Baik

0
6330
jenis substrat untuk aqascape
Foto : https://web.facebook.com/abyw2357841fdastjv

Substrat Dasar untuk Aquascape – Bicara mengenai aquascape tentunya tidak lepas dari pemilihan substrat aquascape. Substrat atau dasaran pada aquascape adalah materi untuk tempat tumbuhan tumbuh, jika didarat ibarat tanah. Pada aquascape “tanah” yang dipakai ada berbagai macamnya karena harus disesuaikan juga dengan lingkungan air.

Ada banyak sekali fungsi substrat aquascape atau dasaran aquascape, fungsi substrat aquascape yang paling utama adalah sebagai pendukung. Baik itu pendukung untuk maklhluk hidup dalam aquascape ataupun pendukung untuk materi benda mati.

Pada tank kaca substrat membantu agar mengurangi gesekan, tekanan, stres pada kaca oleh aksesoris pada aquascape semisal batu dan yang lainnya. Untuk ikan-ikan substrat membantu menyediakan tempat bermain (baca : ikan kecil aquascape), bersembunyi, bahkan memproduksi makanan. Untuk tumbuhan aquascape tentu saja fungsinya sangat vital yaitu sebagai tempat tumbuhnya tanaman dan sebagai penyuplai makanan pada tumbuhan.

Untuk lingkungan aquascape substrat berfungsi sebagai rumah bakteri untuk aquascape, rumah bakteri ini mengubah racun menjadi pupuk bagi tumbuhan atau makanan bagi ikan sehingga air tetap sehat untuk populasi dalan tank.

Selain itu kita juga perlu memperhatikan beberapa kriteria pada substrat yang akan digunakan nantinya. Mulai dari fungsinya untuk mendukung segala sesuatu yang ada didalam tank, karakteristik substrat, dan memperhatikan juga faktor keindahan substrat pada aquascape yang akan dibuat.

Berikut ini ada beberapa jenis substrat yang sering digunakan sebagai dasaran pada aquascape.

6 Macam Substrat Dasar untuk Aquascape

Substrat Pasir atau Kerikil

1. Pasir malang

Pasir malang merupakan substrat yang paling umum digunakan dalam pembuatan aquascape atau tank aquarium. Substrat dengan pasir malang bisa menimbulkan suasana seperti di alam, harganya murah, baik digunakan sebagai rumbah bakteri (mengandung banyak pori-pori), memiliki kandungan nutrisi untuk tanaman. Baca : tanaman aquascape

substrat-aquascape-pasir-malang

Kekurangan pasir malang ini adalah beratnya yang ringan jadi tanaman kurangĀ kuat menamcap, tetapi tetap bisa digunakan.

2. Pasir silika

Pasir silika atau batu silika bisa juga digunakan untuk substrat aquascape. Kelebihan pasir silica yaitu harganya yang relatif masih terjangkaui, gampang mencarinya, berat bisa membuat tanaman carpet aquascape menancap sempurna.

substrat-aquascape-pasir-silika
Foto : https://web.facebook.com/CV-Indo-karya-Megah-Sejahtera-331110950723604/

Tetapi pasir silica ini warnanya terlihat kurang alami, juga sedikit memiliki kandungan nutrisi untuk tanaman. Oleh karena itu pasir silica biasanya dikombinasikan dengan substrat lain baik dari jenis substrat soil atau dengan pupuk aquascape.

3. Remukan batu coral, kapur, marmer, batu bata dll

Remukan batu koral, batu kapur, batu marmer atau batu bata juga bisa digunakan sebagai substrat aquascape. Seringnya digunakan berdampingan dengan substrat yang lainnya sebagai pelengkap substrat.

substrat-aquascape-remukan-batu-bata
Foto : https://web.facebook.com/teguh.c.wibowo.5

Substrat Tanah atau Soil

1. Substrat produksi pabrikan

Substrat ini sangat baik digunakan terutama kandungan nutrisi untuk tanaman. Tetapi substrat pabrikan ini harganya masih relatif mahal. Beberapa merk substrat pabrikan bisa didapatkan seperti merkĀ ADA Amazonia Soil, Nisso Custom Soil Black, Ebikuma Shrimp Soil, Azoo Plant Grower, GEX plant soil dll

2. Tanah gambut

Gambut atau tanah bekas penguraian tumbuhan, kayu, atau daun. Tanah gambut ini sangat baik kandungan nutrisinya untuk tanaman. Tetapi tanah ini memiliki kandungan tanin yang cukup tinggi sehingga menimbulkan warna merah pada air.

substrat-aquascape-tanah-gambut
Foto : https://web.facebook.com/husen.ais

Ini bisa jadi kelebihan atau kekurangan, jika anda memang berniat membuat air yang kemerahan tanah gambut ini bisa menjadi substrat yang pas untuk anda gunakan.

3. Tanah biasa

Tanah biasa yang subur juga bisa digunakan sebagai substrat aquascape. Kandungan nutrisinya sangat bagus untuk tanaman. Tanah ini tentunya harus melalui proses pengolahan terlebih dahulu, karena jika tidak akan menimbulkan efek keruh pada air. Tanah bisa digunakan berdampingan dengan substrat pelapis diatasnya, misal dilapisi batu kerikil atau pasir.

4. Tanah Liat

Tanah liat juga sering digunakan untuk substrat aquascape. Sangat bagus dalam menyaring amonia dari air, tetapi jika dalam jangka waktu yang lama digunakan maka bisa berubah menjadi lumpur dan nutrisinya habis. Banyak produk substrat pabrikan yang menggunakan tanah liat.

5. Akadama

substrat-aquascape-akadama
Foto : https://web.facebook.com/Garden-Centre-Taguig-562654254089359/

Akadama artinya bola merah, maksud dari bola merah akadama adalah tanah liat vulkanik yang bulat dan berwarna merah. Tanah jenis ini sering digunakan pada penghobi bonsai sebagai media tanam atau pendukungnya. Kandungan nutrisi sangat baik, dapat menurunkan pH dan KH dalam air.

Nah itulah tadi berbagai macam substrat aquascape yang bisa digunakan, sesuaikan dengan kemampuan dan sesuaikan dengan kebutuhan. Anda juga bisa membuat substrat sendiri atau DIY soil istilahnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.