Mengenal Ciri-ciri Lovebird Euwing, Blue dan Green

0
16947
mengenal ciri-ciri lovebird euwing
Foto : https://web.facebook.com/profile.php?id=100006179777102

Ciri Lovebird Euwing – Bermain lovebird warna tentu saja perlu mengetahui setiap karakteristik warna lovebird agar tidak salah identifikasi warna lovebird nantinya. Warna-warna lovebird ini juga akan menentukan harga lovebird.

Selain harga yang berbeda setiap warna lovebird juga mempunyai kualitasnya masing-masing. Salah satu warna lovebird termahal adalah lovebird euwing.

Apa itu euwing? Lovebird euwing adalah mutasi warna yang ditemukan pada tahun 2004 di Belanda oleh Piet Verhijde dari induk Green (Wild type) x Lutino Fischeri, tentunya bukan green atau lutino biasa yah, melainkan sudah melalui tahap persilangan.

Euwing adalah kepanjangan dari eumelamin wing atau sayap yang mempunyai eumelamin sehingga warnanya lebih gelap dari warna normalnya.

Ciri lovebird euwing adalah warna bulu dada yang tereduksi menjadi lebih terang green seris menjadi kuning atau putih untuk blue series dan terjadi peningkatan warna gelap/hitam (Eumelanin) pada kedua sayapnya sehingga berbentuk huruf “V”.

Ada 3 kriteria karakterisik pada lovebird Euwing. Euwing tidak berpola, Hanya sedikit terjadi reduksi pada bulu dada (bulu dada kurang cerah) dan pola V pada punggung tidak tampak jelas. Euwing Normal bulu dada akan tereduksi dan tampak jelas menjadi lebih terang. Euwing Berpola Bulu Dada benar-benar cerah (kuning/putih) dan terlihat jelas membentuk V jika dilihat dari punggung lovebird.

Euwing memiliki gen Incomplete Dominant atau simpelnya gennya dominan. Sehingga untuk mendapatkan Euwing kita hanya butuh salah satu induk harus Euwing. Pada euwing tidak terdapat split Euwing, beda dengan blue, PB, biola, dll baca : karakteristik genetik lovebird

Jika dirangkum maka berikut ini ciri-ciri euwing.

Ciri Lovebird Euwing

  1. Ada 3 kriteria lovebird euwing, tidak berpola, normal, dan berpola.
  2. Jika dilihat dari punggung lovebird maka terlihat pola seperti menyerupai huruf V. Untuk euwing tidak berpola maka pola V dipunggung lovebird kurang jelas terlihat.
  3. Berdada cerah, untuk jenis blue series dada berwarna putih sedangkan untuk green series dada berwarna kuning.

Jika hanya dari definisinya saja maka kurang lengkap dan tidak ada gambaran, maka berikut ini gambar-lovebird euwing

Lovebird euwing blue

jenis-euwing-blue
Foto : https://web.facebook.com/rudianto.lb.9

Lovebird euwing green

jenis-euwing-green
Foto : https://web.facebook.com/abdullah.aramsah

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.