Menanam dan Merawat Carpet Seed Aquascape untuk Pemula

0
4717
menanam tanaman carpet aquascape
Foto : http://faddo83.blogspot.com

Cara Menanam dan Merawat Carpet Seed Aquascape – Membuat aquascape yang indah dan nikmat untuk dipandang tidak lepas dari tanaman air yang ditanam didalamnya. Baik itu tanaman aquascape, moss, atau tanaman carpet aquascape. Tentunya sebelum menikmati keindahan tanaman aquascape kita harus menanamnya terlebih dahulu.

Kali ini yang akan kita bahas dalah cara menanam tanaman carpet aquascape. Tanaman carpet aquascape atau diluar negri disebut magic seed, magic bean, atau disini lumrah disebut mini dwarf atau mini dwarf seed. Penyebutan mini dwarf seed ini tidak lepas dari jenis tanaman carpet aquascape yang kecil dan sering dipergunakan yaitu jenis mini dwarf.

Cara menanam carpet aquascape dengan menggunakan mini dwarf seed saya rasa cukup mudah, bahkan untuk pemula pun bisa dilakukan karena tidak ada kesulitan yang berarti. Tetapi bukan berarti disepelekan melainkan kita harus memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang si mini dwarf ini. Nah berikut ini cara menanam tanaman carpet aquascape.

cara-menanam-tanaman-carpet-aquascape
Foto : http://faddo83.blogspot.com

Cara Menanam Tanaman Carpet Aquascape

  1. Pertama siapkan substrat aquascape yang baik, lebih bagus ditambahkan pupuk dasar agar tanaman bisa tumbuh dengan optimal. Susun substrat dengan aksesoris lainnya sesuai dengan keinginan anda. 3-5 cm tergantung kebutuhan.
  2. Genangi substrat sekitar 1-2 cm tergantung tingginya substrat,, yang terpenting tidak menggenangi bagian atasnya.
  3. Siapkan benih tanaman carpet aquascape. Jenis tanaman carpetnya bebas ya sesuai selera tetapi rekomendasi menggunakan mini dwarf.
  4. Taburkan biji carpet seed secara merata. Untuk mempermudah bisa dengan menaruh biji dalam botol lalu tutup botol dengan plastik dan lubangi plastik dengan tusuk gigi lalu taburkan biji seperti menaburkan garam, agar keluarnya biji bisa menjadi rata.
  5. Setelah dirasa rata selanjutnya semprot dengan sprayer yang paling halus untuk melembabkan biji. Penyemprotan ini dilakukan setiap 2-3 kali sehari untuk melembabkan biji agar cepat tumbuh selama 7 hari pertama.
  6. Jangan lupa lakukan penyinaran dengan cahaya matahari tidak langsung atau dengan lampu aquarium selama 6-8 jam perhari.
  7. Setelah beberapa hari biasanya biji tanaman karpet aquascape sudah mulai berkecambah
  8. Setelah 7 hari dan tanaman sudah dirasa kuat maka tanaman sudah bisa digenangi air seluruhnya
  9. Agar pertumbuhannya optimal bisa diberikan pupuk cair. Baca : macam pupuk aquascape

Merawat Tanaman Carpet Aquascape

Setelah menanam tanaman carpet aquascape tentunya tidak hanya sampai disitu, tetapi kita juga perlu melakukan perawatan agar tanaman yang tumbuh tetap subur dan indah dilihat. Berikut ini tips merawata tanaman carpet aquascape.

Pemupukan

Pupuk tentunya hal yang sangat diperlukan tanaman untuk tumbuh, karena dalam pupuk aquasacape terdapat nutrisi untuk tumbuh. Pemupukan tanaman carpet aquascape bisa dilakukan seminggu sekali, beberapa minggu sekali atau sebulan sekali tergantung kebutuhan.

Pemangkasan

Jika dirasa tanaman sudah besar maka pemangkasan tanaman carpet aquascape juga bisa dilakukan. Karena jika tidak dipangkas maka tanaman akan tumbuh memanjang dan kurang terlihat bagus nantinya.

Untuk merawat tanaman carpet aquascape tidak diperlukan pemberian CO2 karena pemberian CO2 justru akan membuat tanaman carpet tumbuh besar (tidak ngarpet lagi) sehingga menurut saya tidak usah diberikan CO2.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.