Jenis Pakan Untuk Biawak Peliharaan

0
47312
Foto dari https://www.facebook.com/evan.xtrasher

Pakan Untuk Biawak – Memelihara binatang peliharaan yang lucu yang menggemaskan tentu sudah tidak asing lagi. Seperti memelihara kelinci dan hamster. Tetapi ada beberapa pecinta binatang yang mempunyai hobi memelihara binatang yang eksotis dan cukup menantang seperti biawak. Biawak adalah salah satu jenis kadal yang bisa dijumpai di Indonesia, bahkan tergolong banyak. Untuk memelihara biawak diperlukan perhatian khusus dan perlakuan yang tidak cukup mudah. Jadi untuk memelihara binatang ini perlu adanya kesiapan jangan hanya mengikuti tren saja.

Biawak memerlukan pakan yang cukup, perawatan yang memadai, serta lingkungan yang sesuai dengannya. Saya sarankan jika ingin memelihara biawak besar yang eksotis maka terlebih dahulu mulailah dari biawak yang kecil atau dari jenis draft. Karena jenis draft lebih mudah dibandingkan jenis kadal atau biawak besar lainnya. Ibaratnya untuk belajar memelihara biawak, agar kita tahu resikonya dan tanggung jawab kita nantinya.

Biawak pada dasarnya pemakan daging. Di alam liar kadal ini biasa memakan ikan, serangga, kadal, kodok, burung, serta mamalia kecil seperti tikus. Sedangkan untuk biawak peliharaan tentu kita harus memperhatikan pemberian pakannya. Pemberian pakan biawak ini disesuaikan dengan umur biawak agar nantinya biawak bisa tumbuh dengan optimal dan sehat.

jenis-pakan-biawak
Foto dari https://www.facebook.com/evan.xtrasher

Pakan Untuk Biawak

Jika persiapan untuk memelihara biawak sudah siap maka langkah selanjutnya adalah menentukan pakan yang tepat untuk untuk biawak. biasanya para penghobi biawak memberikan beberapa pakan untuk biawak. Pakan yang biasa diberikan adalah serangga (jangkrik, ulat, Hongkong dll) binatang kecil seperti mencit tikus atau biasa disebut rodent, Ikan, lalu telur dan daging.

Untuk biawak kecil biasanya diberikan telur dan serangga berikan telur yang sudah dimasak tentunya ini dipercaya agar biawak tidak agresif dan juga produksi air liur atau racun pada biawak bisa diminimalisir.

Untuk biawak yang sudah dewasa atau besar bisa diberikan daging berupa daging ayam, telur dan mamalia kecil seperti tikus atau rodent yang bisa didapat di toko pakan.

pakan-biawak
Foto dari https://www.facebook.com/evan.xtrasher

Saya ingatkan sekali lagi, makanan yang diberikan pada biawak sebisa mungkin di masak terlebih dahulu. Nah saya rasa cukup dengan memberikan makanan biawak diatas, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.