Mengobati Kucing yang Terkena Jamur Ringworm Sendiri

4
172601
Foto dari pictures-of-cats.org

Mengobati Kucing Terkena Jamur – Dalam memelihara kucing terkadang kita dapati beberapa penyakit yang sering menjangkit pada kucing salah satunya yaitu kucing terkena jamur atau istilahnya ringworm. Ringworm disebabkan oleh beberapa jenis jamur atau virus yang hidup di permukaan kulit dan bulu. Penyakit ini juga sering menyerang anjing. Biasanya ringworm atau jamur pada kucing disebabkan oleh pemeliharaan yang kurang bersih, lingkungan yang lembab, atau kadang sisa-sisa kotoran yang tidak dibersihkan secara benar. Nah kotoran tersebut atau tempat lembab tersebut bisa menjadi media yang ideal bagi jamur untuk berkembang biak.

Gejala yang timbul saat kucing terkena ringworm adalah sebagian bulu akan rontok atau seperti botak dengan pola yang melingkar, akan muncul beberapa bercak putih seperti ketombe, kucing terlihat gatal dan sering menggaruk bagian yang terkena ringworm, ringworm sendiri sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya tetapi ini berlaku bagi kucing yang mempunyai daya tahan tubuh yang kuat. Rata-rata waktu yang dibutuhkan kucing untuk sembuh sendiri dari ringworm sekitar 4 sampai 6 bulan cukup lama untuk sebuah penyakit yah. Oleh karena itu kita sebagai pemiliknya harus membantu kucing dalam proses penyembuhan dan melawan penyakitnya agar segera sembuh, kasian gatal.

Jika tidak segera diobati kucing yang terkena ringworm akan menjadi pembawa penyakit dan bisa menularkannya ke kucing lain. Penularan ringworm menurut saya sangat cepat sekali karena ringworm bisa menular melalui kontak langsung ataupun tidak langsung. Maksudnya yang terbawa oleh angin atau berserakan di lantai karena ringworm mempunyai spora yang menyebar dimana-mana. sehingga dengan mudah dapat menularkannya ke kucing lain atau bisa juga kepada manusia.

mengobati-ringworm-pada-kucing
Foto dari topwellnesslife.com

Mengobati Kucing Terkena Ringworm

Berikut ini beberapa cara untuk mengobati kucing yang terkena ringworm.

1. Karantina kucing yang terkena ringworm. Sebisa mungkin jauhkan kucing yang terkena ringworm dari kucing lain atau dari wadah pakan, kandang, dan juga ruangan rumah. Ini adalah cara untuk meminimalisir penyebaran spora pada ringworm agar tidak mudah menyebar.

2. Pangkas bulu kucing di sekitaran area yang terkena ringworm, Ini berfungsi agar memudahkan kita dalam mengobati kucing yang terkena jamur, juga meminimalisir penyebarannya.

3. Setelah proses persiapan selesai bisa dilanjutkan dengan tindakan pengobatan pada kucing yang terkena ringworm. Ada beberapa obat yang bisa dipilih untuk mengobati kucing yang terkena ringworm ada obat luar dan ada obat dalam silahkan dipilih obat mana yang akan anda gunakan. Berikut penggunaan obat dalam terlebih dahulu. Sebelumnya hati-hati dalam melakukan tindakan karena ringworm bisa menular pada manusia. Gunakan sarung tangan atau pelindung setelah itu bersihkan diri dengan benar.

Pengobatan dengan obat dalam

Obat dalam yang bisa di biasa digunakan yaitu itraconazole, ketokonazol, flukonazol dan lainnya (yang mengandung zole-zole) obat ini bisa didapatkan di apotik terdekat ingat cari yang oral atau tablet minum jangan yang salah karena ini untuk dikonsumsi soalnya ada juga yang berbentuk krim salep untuk obat luar.

Pemberian obat ini (obat yang diatas) dapat dilakukan dengan mencampurkannya pada makanan kucing. Untuk hasil yang lebih maksimal berikan pada makanan kucing yang berlemak. Masalah dosis sebenarnya saya tidak berani memberikan dosis karena takut salah tetapi dari sumber yang saya baca pemberian obat ini dilakukan satu kali dalam seminggu, tapi lebih baik dengan resep dokter. Untuk efek samping pada kucing biasanya kucing akan mengalami muntah atau kurang nafsu makan. Jika ringworm terkena pada kucing yang sedang hamil maka cara ini saya tidak menyarankannya saya lebih suka cara pengobatan dengan obat luar karena efek sampingnya lebih sedikit.

Ada juga yang menyarankan menggunakan obat cacing untuk pengobatan ringworm. Silahkan saja dicoba obat cacing lebih aman menurut saya. Baca : obat cacing untuk kucing

Pengobatan dengan obat luar

Selanjutnya tindakan yang dilakukan dengan menggunakan obat luar cara ini lebih disukai daripada cara yang di atas tadi karena penggunaannya Insya Allah lebih aman. Oke kita pertama tama pilih obat di luar mana yang akan dipakai karena sudah banyak varian produk untuk mengobati kucing yang terkena jamur. Misalkan saja shampoo, bedak oles, salep, atau obat mandi yang bisa diberikan pada kucing yang terkena jamur.

Saran saya untuk hasil yang lebih maksimal kita padukan beberapa obat di atas secara bersamaan misal memandikan kucing dengan shampo penghilang jamur, setelah itu keringkan dengan benar dan beri bedak anti jamur, spray, atau salep anti jamur. Baca : cara memandikan kucing

Salep : Itraconazole, ketokonazol, minyak VCO (virgin Coconut Oil).

Shampoo : Sebazole, Malaseb.

Spray : virbac wound gard.

Obat oral : itraconazole, ketokonazol, flukonazol dengan resep yang diberikan oleh dokter hewan.

4. Bersihkan kandang peralatan makan dan lingkungan sekitar dari bulu kucing agar penyebaran ringworm tidak meluas. Gunakan juga shampoo anti jamur untuk membersihkan peralatan dan untuk mengepel lantai agar ringworm tidak menular pada manusia.

5. Yang terakhir adalah berikan vitamin pada kucing agar kondisi tubuh tetap fit dan daya tahan tubuh bisa melawan penyakit yang mengenainya.

mengobati-kucing-yang-terkena-jamur
Foto dari mycorgi.com

Menurut saya cara diatas sudah cukup untuk mengobati kucing yang terkena jamur. Mudah-mudahan kucing anda yang terkena jamur bisa segera sembuh dan segera beraktifitas kembali dengan normal. Untuk menghindari datangnya ringworm lagi kita jaga ruangan agar tidak lembab dan jaga kebersihan lingkungan serta kebersihan kucing karena ringworm bisa menjangkit ditempat yang sama setelah sembuhnya. Semua penyakit sembuh dengan izin Allah.

4 COMMENTS

  1. waktu itu sya pergi sekeluarga 2 hari, tp kucingnya tdk di ajak. setelah pulang dr pergi, saya melihat kucing saya kok di dekat pahanya tiba2 berdarah luka bolong dalam , saya kira itu ada yg sengaja menusuk atau atau gimana tp kucingnya di kandang dlm rumah pintunya tutupan semua. itu penyebabnya karena apa ya? terimakasih

    • wah kalo penyebab pastinya saya ga tau tapi ada beberapa kemungkinan, bisa jadi karena berantem sama kucing lain atau berantem sama tikus. tikus gigitanya bisa nusuk kedalem.

    • Bantu jawabnya,
      Bolong di badan kucing buka karena ditusuk orang tapi karena bisul dibadan kucing pecah,
      Kalau pecah biasanya keluar darah, tapi nanti si meong bersihin sendiri,
      Kucing saya juga begitu suka berantem dgn kucing liar akhirnya infeksi dan bisul,
      Biarin saja nanti bolongnya sembuh sendiri ketutup dengan bulu kucing …

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.