Solusi Lengkap Mengatasi Cendet Over Birahi dengan Cepat

0
51223
mengatasi cendet over birahi
Foto dari https://web.facebook.com/arifimovic

Mengatasi Cendet Over Birahi – Dalam merawat cendet/toet/penten pasti ada saja kejadian-kejadian yang ga di inginkan selama memeliharanya. Yup salah satunya adalah cendet mengalami over birahi. Cendet over birahi harus segera ditangani, soalnya kalau lama-lama cendet cenderung akan sulit kembali kepada kondisi awal (sulit kembali normal birahinya). Untuk membuat cendet normal kembali birahinya memang diperlukan perhatian yang lebih.

Ciri-ciri cendet yang mengalami over birahi biasanya akan berubah karakternya secara tiba-tiba, cendet menjadi galak dan sering menyerang apapun yang mendekat ke kandangnya. Bahkan jika kita ingin memberi pakan bisa jadi menjadi sasaran serangan si cendet haha, karena memang pada dasarnya cendet burung yang galak dan agresif apalagi kalo sedang OB. Cendet juga sering ngeruji, tidak nagen (tidak tenang, sering pindah-pindah atau loncat dari dasat kandang ke tangkringan). Selain itu juga cendet sering terlihat mencabuti bulunya sendiri (tidak selalu).

Pasalnya cendet mengalami over birahi bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Cara yang tepat mengatasi cendet over birahi tentu terlebih dahulu harus mengetahui penyebab cendet over birahi dan diterapkan solusi yang tepat. Jika tidak tahu penyebabnya bisa dicoba beberapa cara, ya di coba-coba saja perawatan mana yang tepat untuk mengatasi over birahi pada cendet kita, nanti dibawah akan kita bahas.

mengatasi-cendet-over-birahi-dengan-cepat
Foto dari https://web.facebook.com/gondez.gondez.73

Penyebab cendet over birahi yang pertama adalah faktor makanan, cendet yang kelebihan protein bisa mengalami over birahi, biasanya kelebihan protein ini berasal dari pemberian EF yang tidak pas atau berlebihan. Cendet dalam sangkar memang tidak aneh jika mengalami over birahi, pasalnya cendet dalam sangkar tidak kawin/tidak dikawinkan jadi menyebabkan over birahi, apalagi jika sering melihat atau mendengar suara cendet betina. Jika sudah terlanjur over birahi maka bisa bisa dilakukan beberapa perawatan dibawah ini

Mengatasi Cendet Over Birahi

  1. Kurangi EF, misalnya 1 jangkrik pagi hari dan 1 jangkring di sore hari. Tapi jika cendet kita over birahinya parah maka stop dulu pemberian EF nya.
  2. Kurangi jemur cendet, karena menjemur cendet bisa mengaktifkan hormon-hormon dan meningkatkan birahi cendet. Atau stop juga boleh, cukup angin-anginkan.
  3. Rajin-rajin memandikan cendet, mandi bisa mendinginkan badan dan menurunkan kondisi over birahi pada cendet. Waktu memandikan cendet bisa pagi, siang, sore, atau malam. Kalau saya wajib pagi dan malam baca : manfaat mandi malam burung kicau
  4. Olahragakan cendet di kandang umbaran, agar kelebihan energi cendet bisa kebuang dan birahi bisa turun. Selain itu dengan olahraga di kandang umbaran cendet bisa mempunyai stamina yang lebih dan nafas yang panjang.
  5. Tips yang terakhir yaitu dengan mengawinkan cendet, ya over birahi bisa karena cendet ingin kawin, jadi dengan mengawinkannya bisa menurunkan birahinya. Sekalian juga kan bisa diternak hehehe baca perbedaan cendet jantan dan betina

Silahkan dipraktekan dan diterapkan pada cendetnya masing-masing, semoga dari perawatan diatas bisa cocok dan bisa mengatasi cendet over birahi dengan cepat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.