Perawatan Cendet Mabung – Dalam memelihara burung cendet/toet/pentet dan burung kicau lainnya pasti teman-teman kicau mania semua akan melewati yang namanya proses pergantian bulu. Masa-masa pergantian bulu ini disebut dengan mabung atau ngurak (jawa). Dalam masa-masa mabung ini cendet biasanya akan lebih sering terlihat diam bahkan cendet yang terkenal dengan sikap agresif dan galaknya itu bisa menjadi pendiam.

Cendet yang tadinya agresif dan aktif bisa menjadi pendiam dikarenakan dalam proses mabung burung cendet akan habiskan sebagian besar energinya untuk proses pergantian bulu dari mulai merontokkan bulu-bulu lama dan menumbuhkan bulu-bulu baru.

Pada masa cendet mabung ini tentu sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan dan kondisi burung cendet karena jika burung cendet dalam masa mabungnya mengalami stres atau kesehatannya terganggu bisa-bisa tumbuhnya bulu burung cendet tidak tuntas atau mabungnya tidak tuntas.

Baca juga : jenis-jenis cendet

Hal terburuk yang biasanya ditakutkan oleh para kicau mania yaitu jika mabungnya tidak tuntas atau stress biasanya akan menurunkan performa burung kicaunya. Ini banyak terjadi pada burung-burung jawara yang sudah naik di podium tetapi setelah melewati masa mabung burungnya tidak terlihat lagi seperti biasa. Bisa jadi ini karena salah perawatan cendet saat mabung.

cendet-mabung-tidak-tuntas
Foto dari https://www.facebook.com/anagmarjinal

Perawatan Cendet Mabung

Oleh karena itu jika kita tidak ingin burung cendet kita mengalami penurunan performa setelah mabung maka cara teraman untuk berjaga-jaga yaitu kita melakukan perawatan terbaik saat burung cendet akan mabung.

Tanda-tanda cendet akan mengalami masa mabung yaitu biasanya bulu kecil pada bagian dada dan sayap mulai berjatuhan, bulu-bulunya tampak kusam dan kering, sebagian bulu ekor dan bulu sayap mudah untuk nyerit, burung yang biasanya gacor atau galak mendadak menjadi pendiam dan cenderung manja. Nah jika sudah terlihat ciri-ciri seperti tersebut kita harus mempersiapkan perawatan mabung pada burung cendet.

Berikut ini perawatan mabung burung cendet :

1. Pertama yang biasa dilakukan oleh para kicau mania adalah dengan mencampurkan voer ayam broiler (BR1) pada pur yang biasa diberikan, perbandingannya setengah, setengah. Pur BR1 ini diberikan selama masa mabung tujuannya agar bulu-bulu pada burung cendet cepat ambrol setelah mengkonsumsi pur tersebut.

2. Setelah itu saat cendet mabung kita harus meningkatkan porsi protein. Protein disini didapat dengan meningkatkan pemberian Extra Food. Pemberian extra food seperti jangkrik dan kroto ditingkatkan menjadi dua kali lipat misalkan biasanya pagi diberikan 4 ekor jangkrik selama masa mabung diberikan 8 ekor jangkrik.

Protein berfungsi untuk mempercepat tumbuhnya bulu-bulu baru. Selain itu meningkatkan kondisi fisik dari cendet yang sedang mabung, karena membutuhkan energi yang besar.

3. Berikan vitamin tambahan pada burung cendet. Vitamin ini bisa dicampur kan pada minum untuk merk bebas Silahkan pilih merek yang disukai dan dipercaya oleh teman-teman semua

4. Saat cendet sedang dalam proses ambrol atau menjatuhkan bulu-bulunya jangan terlebih dahulu memandikan atau menjemur cendet, karena bisa mengakibatkan bulu ambrol kurang sempurna. Mandikan dan jemur cendet setelah bulu ambrol semua dan mulai tumbuh bulu-bulu baru.

5. Sebisa mungkin tidak mendekatkan burung cendet yang sedang mabung dengan burung lainnya. Berikan ketenangan pada burung cendet agar proses mabung yg bisa berjalan dengan sempurna.

6. Saat-saat mabung adalah saat yang sempurna untuk memaster cendet. Silahkan perdengarkan suara-suara masteran pada burung cendet, karena saat mabung biasanya burung cendet lebih banyak diam, jadi fokus untuk mendengar suara masteran Baca : masteran cendet. Hasilnya akan lebih baik jika burung cendet diperdengarkan suara masteran karakternya cocok dengan burung cendet.

Nah diatas tadi merupakan perawatan pada burung cendet yang sedang mabung. Jadi mudah-mudahan tidak ada cerita lagi cendet mabung tidak tuntas atau stress saat mabung. Lalu cendet mabung berapa lama? Cendet mabung biasanya berkisar antara 2 sampai 3 bulan tergantung perawatan dan asupan gizinya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.