Jenis dan Harga Cendet – Burung cendet atau dikenal juga dengan butung toet / pentet / betet adalah salah satu burung kicau populer di Indonesia. Burung ini bisa dijumpai hampir diseluruh pelosok baik di desa maupun perkotaan. Walaupun nomer lomba untuk burung ini saya lihat masih sedikit tapi tidak menjadikan kepopuleran burung ini menurun. Cendet banyak dipelihara karena memiliki keunggulan baik itu tampilan dan suara kicaunya Baca : suara cendet gacor. Burung ini bisa disejajarkan dengan burung-burung kicau populer lainnya seperti cucak ijo, tledekan, kacer, kenari dll.

Burung cendet biasanya mempunyai karakter yang galak dan agresif. Menandakan burung ini mempunyai mental tarung yang kuat. Tidak heran biasanya masalah cendet terlalu galak terkadang menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh kicau mania (baca : solusi cendet galak).

Habitat asli burung ini terdapat hampir diseluruh belahan dunia. Di Indonesia burung cendet banyak dijumpai di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Nusa Tenggara, Bali, hingga Papua. Penyebarannya yang luas, pemeliharaannya yang mudah menjadikan burung ini banyak disukai oleh berbagai kalangan di Indonesia. Dari banyaknya persebaran cendet terdapat jenis-jenis atau subspesies cendet di Indonesia. Biasanya masyarakat mengenali dengan jenis cendet jawa, cendet madura, cendet lokal, zoro, gondrong,  dll, tapi disini saya akan sajikan berdasarkan nama ilmiah dan nama umum cendet.

Jenis Burung Cendet

1. Cendet Abu-abu

Jenis-Cendet-Abu-abu
Image from wikipedia.org

Cendet abu-abu dibagi menjadi 2, ada cendet abu-abu besar (Lanius Excubitor) ada cendet abu-abu kecil (Lanius Minor). Tidak ada perbedaan mencolok dari cendet abu-abu besar dan kecil, dari warna sama perbedaannya hanya pada ukuran tubuhnya saja. Cendet abu-abu besar mampu tumbuh sampai ukuran 25 cm.

2. Cendet Coklat

Jenis-Cendet-coklat
Image from wikipedia.org

Cendet coklat mempunyai nama ilmiah (Lanius Christatus) adalah salah satu jenis cendet yang bisa kita temukan. Sesuai dengan namanya cendet ini berwarna coklat, terutama di samping badannya.

3. Cendet Kepala Merah

Jenis-Cendet-kepala-merah
Image from wikipedia.org

Cendet kepala merah (Lanius Senator). Cendet ini mudah dikenali dengan tanda merah dikepalanya.

4. Cendet Hitam Putih

Jenis-Cendet-Hitam-Putih
Image from https://www.flickr.com/photos/lipkee/

Nama ilmiah cendet ini adalah Lanius Collaris. Cendet ini dikenal dengan burung cendet yang paling ganas. Karena di alam liar cendet ini dikenal sebagai burung predator dengan kemampuan berburunya yang luar biasa.

Nah itu dia diatas beberapa jenis cendet yang bisa kita temui. Untuk penamaan lokal saya kurang informasi karena setiap daerah terkadang berbeda-beda.

Harga Cendet

Harga cendet yang ada dipasaran biasanya berbeda-beda setiap daerah. Cendet bakalan atau trotolan biasa dijual kisaran 80-200 ribu. Bahan biasa dijual 300-400 ribu. Yang sudah gacor sekitar 500-600 ke atas tergantung kualitas. Saya survey harga cendet ini di forum online dan pasar sekitaran cirebon.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.