Cara Melatih Pleci Agar Mengeluarkan Suara Isian Saat Lomba

0
58441
agar pleci mengeluarkan suara isiannya
Foto dari https://www.facebook.com/agun.mencariepisodeyankhilang

Pleci Mengeluarkan Suara Isian – Dalam dunia perkicauan burung-burung kicau andalan biasa di isi suara dengan suara burung lain atau biasanya disebut dengan suara masteran. Pada burung pleci juga sama demikian, terkadang burung pleci diisi dengan suara-suara dari selain burung pleci atau disebut suara isian.

Saat lomba biasanya pleci-pleci yang juara mempunyai kicau yang gacor, cerewet dan sering mengeluarkan suara-suara isian. Nah bagaimana caranya agar burung pleci mengeluarkan suara isian karena terkadang secara normal biasanya burung pleci hanya mengeluarkan suara original nya saja.

Agar pleci mengeluarkan suara isian ada beberapa metode yang biasa diterapkan pada pleci teman-teman semua. Mulai dari rawatan pleci, pemilihan suara masteran, bahkan saat pemilihan pleci harus diperhatikan juga.

Agar Pleci Mengeluarkan Suara Isian

Berikut ini beberapa cara agar pleci mengeluarkan suara isiannya. Perhatikan dan baca baik-baik yaw, saya akan mulai dari pemilihan pleci.

Pelihara Pleci dari Anakan/trotolan

Ini sih teori saya, kalo mau diterapkan silahkan hehehe. Pleci yang dipelihara dari trotolan/anakan (belum bisa berkicau) lalu kita perdengarkan terus dengan suara burung masteran atau kita gandeng terus dengan burung masteran yang menurut kita cocok dengan karakter plecinya. Sebisa mungkin jangan diperdengarkan suara pleci sampai suara isiannya keluar. Baca juga : Keistimewaan pleci buxtoni

Lama kelamaan pleci kita akan lebih familiar dengan suara burung masterannya (suara isian) sehingga akan sering mengeluarkan suara isiannya, berbeda dengan pleci yang dipelihara dari besar lalu di master, maka kemungkinan besar walau bisa menirukan suara isianya tapi tidak terlalu sering keluar isiannya. Ga semuanya gitu ya karena karakter pleci beda-beda, tapi apa salahnya dicoba dan lihat hasilnya.

suara-isian-pleci
Foto dari https://www.facebook.com/agun.mencariepisodeyankhilang

Pemasteran Pleci

Pilihlah suara masteran yang pas dengan karakter pleci anda. Ada pleci yang bertipe ngeroll ada yang bertipe ngalas. Jika pleci bertipe ngeroll pilihlah suara masteran yang karakternya ngeroll misal suara kenari, kolibri, atau blackthroat. Jika pleci teman-teman bertipe ngalas, lakukan pemasteran dengan menggunakan suara burung kacer, tledekan, cucak ijo atau murai atau yang setipe dengannya. Lakukan pemasteran secara rutin yah. Baca : suara isian pleci

Jemur Pleci dan Umbar

Untuk mengeluarkan suara isiannya burung pleci membutuhkan nafas yang cukup panjang dan kuat, karena pada dasarnya suaranya bukan suara original. Agar pleci mempunyai nafas yang kuat dan panjang perawatan seperti penjemuran dan pengumbaran sangat diperlukan untuk membuat nafas pleci lebih panjang dan kuat.

Nah itulah beberapa cara dan upaya yang bisa kita lakukan untuk membuat pleci kita mengeluarkan suara isiannya. Sisanya dari faktor si plecinya sendiri, mungkin ada yang suka mengeluarkan suara isian ada juga yang suka dengan suara original hehehe.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.