Mengenal Ras Pleci Buxtoni, Auriventer, dan Montanus

0
16897
Image from wikipedia.org

Mengenal Ras Pleci – Burung pleci adalah salah satu burung kicau yang berukuran sangat kecil. Walaupun ukurannya sangat kecil tapi burung ini banyak sekali diminati oleh para kicau mania di nusantara. Pasalnya saya banyak menjumpai nomor-nomor lomba burung pleci baik itu di daerah atau di kota-kota besar.

Burung pleci menjadi Primadona bagi beberapa Kicaumania karena suara kicauannya yang memang khas dan merdu walaupun suaranya kurang kencang kemampuan burung pleci dalam menirukan suara kicau burung lain juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri Bayangkan saja burung yang secara alami bersuara monoton ini bisa menyanyikan nada nada burung lain tentunya dengan ciri khasnya tersendiri.

Ada beberapa jenis burung pleci yang bisa dijumpai (baca : jenis pleci) atau juga subspesies atau ras burung pleci. Ada tiga ras burung pleci yang paling disukai para kicau mania yaitu Zosterops palpebrosus auriventer, Zosterops palpebrosus buxtoni, dan Zosterops montanus.

Pleci Buxtoni, Auriventer, dan Montanus

Dari ketiga ras atau subspesies pleci yang paling favorit yang saya lihat dari teman-teman kicau mania adalah pleci buxtoni karena suara pleci buxtoni dinilai lebih nyaring. Berikut ini keterangan ketiga ras pleci yang populer ini.

Baca : pleci buka paruh

Pleci Buxtoni (Zosterops palpebrosus auriventer)

Penyebaran pleci buxtoni biasanya ditemukan di daerah Jawa Barat dari Bogor sampai Banten dan di sekitaran Sumatera. Burung pleci buxtoni memiliki ukuran tubuh yang paling kecil diantara subspesies lainnya. Walaupun kecil suara pleci ini dinilai lebih nyaring.

gambar-jenis-pleci-buxtoni
Foto dari https://www.facebook.com/riono.btn

Warna umum yang terdapat pada pleci ini yaitu memiliki warna abu-abu di sekitar bagian dada dengan garis kuning sampai ke perutnya, di bagian punggungnya pleci buxtoni ini memiliki warna agak hijau gelap. Salah satu ciri khas yang bisa kita gunakan untuk membedakan pleci buxtoni dengan pleci lainnya yaitu warna iris mata yang berwarna coklat dan tipis.

Pleci Auriventer (Zosterops palpebrosus auriventer)

Pleci selanjutnya yaitu pleci auri. Penyebaran pleci auri yaitu di sekitaran Sumatera dan Kalimantan. Biasanya pleci ini menghuni posisi pesisir pantai terutama hutan bakau. Kemampuan menjelajah burung ini memang sudah dikenal, sehingga dikenal juga mempunyai mental yang bagus.

gambar-supspesies-pleci-auriventer
Image from mountainsbeyond.org

Pleci auri pada umumnya memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibanding buxtoni. Warna tubuh bagian bawah berwarna abu-abu pucat dan warna punggung bagian atasnya berwarna kuning kehijauan. Ciri khas yang bisa dikenali dari pleci auri ini yaitu pleci auri memiliki lingkar mata atau iris yang lebih tebal dan melebar dibanding pleci buxtoni.

Pleci Montanus (Zosterops montanus)

Pleci ini sudah berbeda spesies dibanding pleci buxtoni dan pleci auri. Pleci ini juga dikenal dengan pleci mata putih (maput). Pleci jenis ini adalah pleci yang umumnya lebih besar dibandingkan kedua subspesies di atas.

gambar-pleci-montanus
Image from ibc.lynxeds.com

Masalah warna pleci ini memang tidak jauh beda dengan pleci-pleci jenis lainnya yang mencolok yaitu terdapat warna kuning pada tenggorokan dan tunggingnya. Pleci montanus ini juga disebut dengan pleci kacamata gunung.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.