Cara Membedakan Cililin Jantan dan Betina dengan Gambar

0
47444
perbedaan cililin jantan dan betina
Foto dari https://www.facebook.com/john.simonritchie.9615

Membedakan Cililin Jantan dan Betina – Burung cililin adalah salah satu burung kicau yang biasa digunakan sebagai burung masteran. Biasanya disukai oleh para penggemar murai batu sebagai isian/masterannya Baca : suara masteran cililin. Walaupun banyak disukai sebagai burung master cililin ini dikenal sebagai burung yang kurang kuat dalam beradaptasi dengan lingkungan. Disamping fisiknya yang sangat tidak tahan terhadap panas burung ini juga konon katanya mudah stres.

Tetapi jika perawatannya tepat dan cocok dengan burung tersebut tentu saja bisa membuat burung ini semakin gacor dan rajin bunyi baca : perawatan cililin agar gacor, selain itu juga perhatikan saat cililin sedang mabung agar cililin tidak stres baca : perawatan cililin mabung.

Untuk memilih burung cililin sebagai burung peliharaan atau burung masteran biasanya para kicau mania memilih cililin dengan jenis kelamin jantan, karena jenis jantan ini cenderung lebih gacor dan bervariasi dalam berkicau. Untuk itu tentu kita harus bisa membedakan cililin jantan dan betina dengan baik agar kelak tidak jadi korban oknum yang mencari keuntungan. (niat beli jantan di kasih betina karena kita tidak ngerti).

Atau teman-teman disini ingin menangkarkan burung cililin (bagus saya dukung) untuk di budidayakan agar kelestariannya terjaga. Tentu inipun membutuhkan pengetahuan bagaimana cara membedakan cililin jantan dan betina. Nah apapun alasannya semoga pengetahuan ini bermanfaat buat teman-teman semua.

Membedakan Cililin Jantan dan Betina

Berikut ini ciri-ciri cililin jantan dan betina sehingga kita bisa membedakan cililin jantan dan betina dengan membandingkannya.

Ciri-ciri cililin jantan

cililin-jantan-dan-betina
Foto https://www.facebook.com/dodirafid
  • Postur cililin jantan lebih tegap dan gagah. Bentuk kepala dan badan cenderung besar.
  • Warna lebih tegas/pekat (baik itu yang coklat atau yang hitam) baca : jenis cililin
  • Terdapat bintik putih di alis mata yang lebih kecil
  • Suara lebih bervariasi durasi lebih panjang dan kasar
  • kaki terlihat lebih kasar

Ciri-ciri cililin betina

gambar-cililin-betina
Foto dari https://www.facebook.com/profile.php?id=100007809550565
  • Postur badan cenderung membulat (kurang tegap)
  • Warna lebih pucat hitam/coklat pudar jika di bandingkan dengan jantan
  • Bintik putih di alis mata lebih besar
  • Suara monoton dan putus-putus (durasi pendek)

Dari ciri-ciri diatas yang paling mudah untuk membedakannya adalah perbeaan bintik alis pada cililin jantan dan betina. Karena perbedaan yang lainnya hanya bisa dilihat jika kita bandingkan langsung jadi kita tahu patokannya seperti apa. Oke selamat mencoba.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.