Perawatan Khusus Cililin Mabung Agar Cepat Selesai dan Tuntas

0
9894
cililin mabung ngurak
Foto dari https://www.facebook.com/hoky.betta

Perawatan Cililin Mabung – Proses mabung molting atau bahasa lokalnya disebut ngurak adalah proses alamiah yang terjadi pada unggas atau burung. Proses mabung ini merupakan proses penggantian seluruh bulu yang ada di badan unggas atau burung, biasanya proses mabung terjadi satu sampai dua kali dalam setahun. Tetapi ada juga yang lebih, tergantung kondisi burung terutama hormon yang bekerja dalam tubuhnya.

Cililin merupakan salah satu burung kicau masteran yang disukai para penggemar murai batu. Tetapi popularitas cililin sebagai burung masteran mempunyai suatu kelemahan yaitu burung ini dikenal dengan kesulitannya untuk dipelihara. Rata-rata para kicau mania mengeluhkan burung ini mudah sekali untuk stress dan kemudian mati.

perawatan-cililin-mabung
Foto dari https://www.facebook.com/hoky.betta

Cililin merupakan burung kicau yang sulit dipelihara ini bisa jadi mitos atau fakta sebenarnya tergantung bagaimana kita memperlakukan burung tersebut dengan perawatan yang maksimal yang sesuai dengan karakter cililin yang dimiliki. Selain perawatan harian Cililin ada juga perawatan saat Cililin sedang mabung.

Perawatan pada cililin yang sedang mabung menurut saya sangat penting karena pada proses mabung ini burung membutuhkan asupan nutrisi dan perhatian yang lebih karena pada masa mabung (molting) ini merupakan masa-masa terlemah burung. Apalagi Cililin dikenal dengan burung yang mudah stress tentu perawatan cililin mabung harus benar-benar kita perhatikan.

Perawatan Cililin Mabung

Ciri-ciri burung cililin sedang mabung yaitu burung terlihat lebih banyak diam tidak gacor seperti biasanya bulu-bulu terlihat kusam dan rusak jika kita perhatikan di bawah sangkar biasanya terdapat bulu bulu halus yang sudah rontok jika sudah terlihat seperti itu maka perawatan Cililin mabung harus diterapkan.

merawat-cililin-mabung
Foto dari https://www.facebook.com/hoky.betta

1. Stop menjemur burung cililin. Burung cililin tidak tahan panas, pada hari-hari biasa saja penjemuran maksimal hanya 10-15 menit dan itupun tidak tiap hari apalagi jika sedang mabung saya rasa lebih baik untuk tidak menjemurnya terlebih dahulu.

2. Sementara stop mandi pada burung cililin mandi bisa menguatkan bulu-bulu sehingga akan mengganggu proses mabung atau proses rontoknya bulu.

3. Berikan Extra Food (EF) lebih banyak dari biasanya. Berikan dua kali lipat lebih banyak karena pada saat mabung ini untuk membutuhkan banyak nutrisi untuk tumbuhnya bulu-bulu baru. Ini akan mempercepat proses tumbuhnya bulu.

4. Taruh Cililin di tempat yang teduh dan redup ini akan membantu proses perontokan bulu pada Cililin. Tempatkan di tempat yang sepi dan tenang agar Cililin tidak terganggu.

5. Saat mabung adalah saat yang tepat untuk pemasteran. Biasanya burung banyak diam dan mendengar dan suara masteran lebih cepat masuk. Pada saat Cililin mabung usahakan mendengarkan suara masteran pada Cililin, untuk suara cililin bisa di download disini : suara masteran cililin

Nah di atas adalah beberapa tips perawatan cililin mabung. Lakukan proses diatas agar cililin bisa mabung dengan lebih cepat dan tuntas.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.