Perawatan Burung Cililin – Burung cililin adalah salah satu burung kicau yang biasa dipakai sebagai burung masteran. Karena suara burung ini mempunyai ciri khas tersendiri dan memang cocok dipakai sebagai suara master karena karakter suara dari burung cililin ini yang keras, speed rapat, dan menyerang. Oleh karena itu suara burung cililin ini cocok sebagai masteran terutama bagi burung petarung. Tetapi terkadang ada saja masalah yang dihadapi saat memelihara burung master ini. Burung cililin yang tadinya dipelihara sebagai burung master tetapi malah tidak mau berbunyi, tentu ini akan menjadi penghambat dalam proses pemasteran burung kicau, oleh karenanya cililin juga butuh perawatan yang baik, perawatan burung cililin tentu harus disesuaikan dengan karakternya.

Burung cililin memang dikenal sebagai burung yang mudah stress dan beberapa penghobi juga mengeluhkan kesulitan dalam pemeliharaannya. Burung ini memang agak ‘cengeng’ dengan lingkungan apalagi jika terkena panas terik, berbeda dengan burung gagak-gagakan yang lainnya. Ada beberapa jenis cililin dan perawatannya juga sama, oke kita simak bagaimana merawat cililin yang baik menurut beberapa ahli.

perawatan-cililin-agar-cepat-gacor
Foto https://www.facebook.com/profile.php?id=100010760281595

Perawatan Burung Cililin

Agar cililin rajin bunyi maka perawatan, gizi, dan kesehatan cililin harus terpenuhi sehari-harinya. Cililin merupakan salah satu burung besar untuk ukuran burung kicau, maka ukuran pakannya juga harus dalam porsi yang lebih banyak dari burung lainnya terlebih lagi cililin adalah burung yang aktif. Cililin juga mempunyai nafsu makan yang besar untuk kelas burung kicau. Ada beberapa jenis cililin, yaitu cililin coklat dan hitam, keduanya memiliki ciri khas sendiri, tetapi kalau urusan perawatan tidak jauh berbeda. Berikut perawatan burung cililin agar cepat gacor.

1. Jaga kebersihan kandang dan lingkungan. Bersihkan kandang dari kotoran dan sisa makanan minimal 2 hari sekali, tetapi biasanya para kicau mania membersihkan setiap hari sambil mengganti pakan dan mengganti air minum.

2. Mandikan burung secara rutin setiap hari. Mandi bagi burung kicau tergantung kebiasaan, biasanya jam 7-8 pagi (tergantung keadaan cuaca tentunya). Mau di semprot mau di keramba terserah yang punya dan tergantung si burung sukanya gimana bebas pokoknya.

3. Angin-angin setelah mandi jangan langsung dijemur agar bulu tidak pecah nantinya, sambil diangin-anginkan beri kroto murni (kroto tanpa semut) cukup 1 sendok makan. Kroto ini bisa diberikan rutin setelah mandi saat di angin-anginkan.

4. EF cililin bisa menggunakan telur puyuh rebus dan 3 ekor jangkrik setiap hari.

5. Jemur cililin sebentar saja, mengingat burung ini adalah burung yang sangat sensitif terhadap panas. Jemur sebentar saja dan jemur pada saat suhu matahari tidak terlalu panas jam 6.30 – 7.30. Jemur selama 10-15 menit cukup. Jangan sekali-kali menjemur burung cililin terlalu lama dan dalam suasana terik, banyak kasus cililin yang mati karenanya.

6. Berikan multivitamin pada cililin, bebas mau pakai apa silahkan dipilih saja banyak tersedia di pasaran.

cara-merawat-burung-cililin
Foto https://www.facebook.com/hilman.cuys

Dengan disiplin melakukan perawatan diatas, serta kebutuhan burung cililin tercukupi lambat laun burung ini akan mengeluarkan kemampuan sebenarnya. Ditambah lagi jika umur sudah mapan insya allah suara cililin gacor akan keluar dengan sendirinya, kuncinya sabar dan konsisten. Jika perlu memancing suara cililin bisa dengan suara masteran cililin.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.