Membuat filter ikan koi – Ikan koi adlah salah satu dari jenis ikan air tawar yang banyak di pelihara, baik itu di rumahan atau dipelihara khusus oleh para penghobi koi. Tentu sangat menggembirakan jika ikan koi yang kita pelihara mempunyai warna yang cerah dan tetap terjaga kesehatannya, akan ada kepuasan tersendiri dan perasaan bahagia dihati pemiliknya. Tentu ikan koi kita akan bisa menghilangkan kepenatan yang kita dapatkan dalam aktivitas sehari-hari.

Tetapi terkadang ada saja hambatan yang menghalangi kita dalam menikmati ‘keindahan’ ikan koi kita, terutama kotornya kolam ikan koi. Kolam ikan koi yang kotor tentu mengganggu kita dalam menikmati keindahan koi, membuat pemandangan tidak sedaplah, terlebih lagi bisa menyebabkan ikan koi mati lemas.

Loh kok bisa? Tentu bisa, ini diakibatkan oleh gas amoniak yang terkandung dalam air kolam, sehingga kandungan oksigen dalam kolam menipis dan bisa membuat ikan koi mati lemas atau dengan kata lain ikan koi akan keracunan amoniak dengan sendirinya.

Penyebab munculnya gas amoniak ini bermacam-macam, bisa dari kotoran ikan, dedaunan yang jatuh, makanan ikan yang tidak habis, lumut atau alga dll. Untuk menjaga kesehatan kolam ikan koi maka kita harus dengan rutin membersihkan kolam ikan koi dan membuat filter ikan koi yang baik.

Fungsi filter adalah membersihkan air dari kotoran sehingga kandungan amoniak dalam air bisa dikurangi sehingga kolam akan terjaga kebersihan dan kesehatannya.

membuat-filter-kolam-ikan-koi
Foto dari koibali.blogspot.com

Membuat filter ikan koi

Untuk membuat filter ikan koi agar air kolam ikan koi tetap bening bisa dilakukan dengan beberapa cara, ada yang memakai filter mekanik, ada yang menggunakan filter kimia, atau filter biologis.

Semuanya sebenarnya sama saja tujuannya untuk membuat kandungan amoniak dan nitrit dalam air berkurang serta membuat air manjadi bersih dan bening. Sistem yang dipakai juga macam-macam ada yang menggunakan sistem pembuangan, sistem tandon filter, filter mekanik dll.

Lalu dari semua sistem diatas adakah sistem yang terbaik? Ada, dan jika sudah tercapai keseimbangan dalam sistem tersebut maka air akan menjadi bening dengan sendirinya, walaupun tanpa sering kita bersihkan. Yaitu sistem keseimbangan ekosistem untuk kolam koi.

Caranya kita bahas dibawah yuk. Sistem yang disebutkan diatas hanyalah teknis dalam pengaliran airnya saja, setiap orang akan berbeda-beda jawabannya, jadi ambil intinya saja yaitu air disedot dari kolam lalu dialirkan ke filter dari filter ke kolam. Lalu bagaimana filter ikan koi yang baik? Dari bebeapa penghobi koi menyebutkan filter yang baik adalah seperti ini.

Sistem Filter Kolam Koi Dan Keseimbangan Ekosistem

Sistem ini dianggap paling baik karena kita tidak sulit untuk melakukan pemeliharaan, ekonomis, dan tentunya bisa membuat ikan koi kita tetap sehat. Sebelumnya perhatikan terlebih dahulu siklus nitrogen berikut

siklus-nitrogen-dalam-kolam-ikan
foto : reddit

Air kotor – Masuk ke filter – Penguraian kotoran – Air keruh disaring – Air bersih untuk kolam. Filter yang dibuat cukup sederhana, buat wadah yang cukup besar sekat kedua wadah tersebut manjadi 2 sisi, tetapi tetap terhubung bagian bawahnya.

Sisi pertama isi penuh dengan bio ball, sisi satunya isi dengan saringan spons (busa foam) dan karbon aktif. Alirkan air dari kolam melalui sisi bio ball lalu kotoran dalam air akan terperangkap dalam bio ball dan kotoran yang kecil akan terperangkap dalam spons, alirkan kembali ke kolam. Kurang lebih gambaran filternya seperti ini.

cara-membuat-filter-ikan-koi

Untuk membantu penguraian bisa juga dengan menempatkan beberapa tanaman air, batu zeolit  dalam kolam. Jika sudah tercipta keseimbangan ekosistem dalam kolam maka insya allah air kolam akan teru terjaga kebersihannya. Semoga dengan artikel ini teman-teman semua bisa membuat filter ikan koi sendiri dirumah. Baca juga jenis filter aquarium

Referensi :

http://www.indahberbagi.com/2014/01/filter-kolam-koi-sederhana-murah-efektif.html

http://www.koilovers.com/kolam/cara-membuat-filter-kolam-ikan-koi-yang-baik/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.