Mengobati suara kenari yang serak – Kenari adalah burung kicau dari jenis finch, burung ini banyak sekali dipelihara oleh masyarakat sebagai burung kicau. Burung kenari biasanya akan mulai ngeplong saat usia 5 bulan keatas, biasanya ada yang langsung rajin berbunyi dan ada juga yang lambat, tidak masalah bagi kenari muda karena memang perlu waktu lagi untuk menguatkan otot bunyinya. Setelah berbunyi terkadang ada masalah pada kenari yang membuat suara kenari serak. Suara kenari serak ini banyak penyebabnya tetapi pada umunya ada kotoran yang menghambat di tenggorokan kenari, biasanya berupa lendir. Selain lendir memang ada lagi penyebab suara kenari serak yaitu radang, entah radang tengorokan atau lainnya, semoga sih jangan yah.

Untuk mengobati suara kenari serak ada berbagai macam obat dan ramuan yang bisa di berikan pada kenari. Obatnya ada yang herbal ada juga yang sintetis ada juga tindakan seperti gurah burung kenari menggunakan daun obat, nanti kita bahas yah dibawah. Saran saya gunakan terlebih dahulu satu cara jika sudah tuntas maka tidak usah mencoba cara lainnya, jika belum tuntas bisa mencoba cara berikutnya yang mudah-mudahan bisa mengembalikan suara kenari menjadi bagus.

mengobati-suara-kenari-yang-serak

Mengatasi suara kenari serak

Sebelum kita berbicara obat atau ramuan kenari serak mari kita simak dulu perawatan bagi kenari yang suaranya serak.

1. Pertama kita jemur hanya di panas yang tidak terik dibawah jam 9 pagi. secara rutin.

2. Mandi kenari juga di kurangi karena kita tidak tahu penyebab seraknya karena apa, bisa jadi karena lendir (singkatnya pilek) sehingga harus menghindari suasana dingin pada kenari.

3. Pola makan normal, berikan lebih banyak niger seed dan canary seed. Baca : Makanan kenari tetapi ada yang bilang kurangi beberapa makanan berikut seperti timun, oyong, sawi dan kunyit terlebih dahulu. Karena makanan tersebut bisa memicu lendir dan mengandung getah yang bisa membuat suara kenari semakin serak. Sebagai gantinya berikan daun mengkudu muda sebagai tambahan obat. Selain mengkudu juga bisa diberikan daun binahong untuk kenari.

4. Berikan air bersih yang sudah matang atau air mineral kemasan, karena air yang langsung dari kran atau air kotor kurang baik.

5. Selama masa penyembuhan kerodong kenari agar merasa hangat dan masukkan kedalam rumah, terlebih jika cuaca sedang dingin.

Dengan rutin melakukan perawatan diatas sebenarnya sudah bisa menyembuhkan suara kenari yang serak tetapi terkadang kita kurang sabar dalam menunggu kenari kita sembuh maka dari itu ada beberapa ramuan yang bisa diberikan pada kenari yang bersuara serak. Ramuan ini saya ambil dari beberapa sumber. Hati-hati saat melakukan pengobatan ini jangan membuat kenari malah menjadi stress.

mengatasi-suara-kenari-yang-serak

Ramuan untuk kenari serak

Sediakan beberapa bahan untuk membuat ramuan kenari agar sembuh dari seraknya.

  • Akar sereh 1 batang
  • Jahe merah 1 buah
  • Air bersih 1 gelas (air matang/kemasan)
  • Madu murni sebanyak 2 tutup botol
  • Jeruk nipis 2 buah

Cara membuat ramuan untuk mengatasi burung kenari yang serak :

  1. Parut jahe merah terlebih dahulu, sebelumnya bersihkan jahenya.
  2. Rebus jahe merah dan sereh dengan segelas air bersih. Tunggu sampai mendidih dan wangi.
  3. Saring dan dinginkan air rebusan tadi.
  4. Lalu tambahkan madu murni sebanyak 2 tutup botol dan perasan jeruk nipis.
  5. Aduk semuanya sampai rata lalu saringlagi bila perlu.
  6. Berikan ramuan ini pada burung kenari yang serak selama satu minggu setelah dijemur.

Ramuan ini saya kutip dari omkicau.com.

Harap bersabar yah jangan langsung ingin ada hasilnya, saya percaya kicau mania sejati orangnya sabar-sabar hehehe

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.