2 Ciri Membedakan Trotolan Cucak Ijo Jantan dan Betina

4
315578
Foto dari https://www.facebook.com/dicky.ardiansyah.777

Trotolan Cucak Ijo Jantan – Dalam proses melawat burung kicau ada beberapa tahapan yang biasanya dilakukan oleh para kicau mania. Salah satunya yaitu membedakan burung jantan dan betina. Baik itu yang sudah dewasa maupun yang masih trotolan. Tujuannya yaitu agar tidak menyesal saat sudah lama dipelihara ehh tau tau betina. Karena biasanya burung yang dicari untuk burung kicau yaitu jenis kelamin jantan, kecuali untuk lovebird burung ini walaupun betina rajin berkicau. Tetapi untuk jenis cucak ijo atau jenis cucak cucakan biasanya burung jantan yang kicaunya lebih bervariasi dan lebih rajin.

Sebelum memelihara burung cucak ijo biasanya ada tahapan membedakan jantan dan betina, terutama bagi yang masih bakalan atau masih trotolan. Membedakan trotolan cucak ijo jantan dan betina terbilang sulit, pasalnya ciri-ciri pada trotolan cucak ijo jantan dan betina belum terlihat dengan jelas. Karena cucak ijo jantan dan betina yang masih bakalan memiliki postur tubuh yang sama 11 12 lah. Suara kicau nya pun mirip sebab baru bisa ngeriwik saja keduanya. Baca : suara cucak ijo

Berbeda dengan cucak ijo jantan dan betina dewasa, kita bisa membedakan dengan melihat warna bagian dagu atau bagian bawah paruh dari cucak ijo. Jika di bawah dagu atau paruhnya berwarna kekuningan (kuning janur) bisa disimpulkan bahwa cucak ijo tersebut berjenis kelamin betina. Tetapi jika bulu di bagian bawah daunnya berwarna hitam bisa dipastikan bahwa cucak ijo berjenis kelamin jantan.

Trotolan Cucak Ijo Jantan dan Betina

Untuk membedakan trotolan atau bakalan cucak ijo jantan dan betina perlu ketelitian yang lebih karena jika kita hanya membandingkan dari satu faktor biasanya kurang akurat hasilnya. Ada beberapa faktor yang biasa dijadikan patokan oleh para kicau mania untuk membedakan trotolan cucak ijo jantan dan betina yaitu biasanya dilihat dari postur, karakter (tingkah laku), suara dan fisiknya.

Tetapi disini saya hanya akan memberitahukan bagaimana cara membedakan bakalan cucak ijo jantan dan betina dari fisiknya saja karena untuk melihat dari sisi non fisik perlu jam terbang yang panjang dan pengamatn yang lebih dalam. Jadi untuk para pemula lebih baik perhatikan fisiknya saja, toh ciri fisik juga sudah bisa mewakili. Berikut ini 2 ciri fisik cucak ijo jantan dan betina yang masih bakalan.

Ciri Trotolan Cucak Ijo Jantan

Cucak ijo bakalan sekitar usia 2 sampai 4 bulan bisa dilihat dari 2 ciri fisiknya. Berikut bisa diperhatikan gambar cucak ijo yang masih muda

1. Ada cincin kuning yang melingkar di sekitar matanya. Cincin pada mata yang melingkar ini berwarna kuning yang jelas (tidak pudar).

gambar-trotolan-cucak-ijo-jantan
Foto dari https://www.facebook.com/ijonk.elreal

2. Bagian paruh bawah berwarna coklat atau gelap. Perhatikan gambar cucak ijo anakan dibawah

gambar-bakalan-cucak-ijo-jantan
Foto dari https://www.facebook.com/ijonk.elreal

Ciri Trotolan Cucak Ijo Betina

Sedangkan pada cucak ijo anakan trotolan betina bisa dilihat dari ciri-ciri berikut :

1. Warna bagian cincin di mata lebih pudar dan kurang tegas.

gambar-bakalan-cucak-ijo-betina
Foto dari https://www.facebook.com/deerey.nata1

2. Warna bagian bawah paruh betina berwarna pucat/putih

gambar-trotolan-cucak-ijo-betina
Foto dari https://www.facebook.com/deerey.nata1

Selain ciri fisik di atas ada juga yang berpendapat membedakan cucak ijo bakalan jantan dan betina dengan melihat kakinya. Yaitu kaki yang nyisik atau tidak. Tetapi menurut saya ini relatif jadi perbedaannya kurang jelas, mudah-mudahan dengan 2 ciri diatas sudah bisa membedakan mana trotolan cucak ijo jantan dan betina.

4 COMMENTS

  1. Om master suhu mau tanya klw cijo yg masi kuning ap udh kluar warna garis biru di saming leher ny laki ap betina mohon jawaban om mastr suhu trmks

  2. Om trotolan ijo saya baru beli gak tau ni jantan apa betina.saya beli berdasarkan pengetahuan dari internet. Tapi pas sampe rumah udah ngerewek bunyi. Apakah dapt d pastikan dia aril om ?. Saya ragu karna oknum kenakaln penjual burung bagian bawa dagu di hitamin tapi saya lihat di bagian pupil mata dia lebih hitam dan yg lain agak kecoklatan.

    • ditunggu saja untuk mastiinnya om. mudah2n jantan, tapi baca peraturan sekarang om cucak ijo udah dilindungi

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.