Solusi Lengkap Mengatasi Cucak Jenggot Over Birahi dengan Cepat

0
17567
mengatasi cucak jenggot over birahi
Foto dari https://www.facebook.com/tenangy

Cucak Jenggot Over Birahi – Mengatasi cucak jenggot yang over birahi memang membutuhkan kesabaran, selain itu untuk cucak jenggot over birahi perlu solusi yang tepat agar over birahinya cepat turun atau hilang (birahinya stabil). Ada banyak penanganan untuk cucak jenggot yang mengalami over birahi yang sudah banyak dibahas di blog dan grup-grup kicau, semuanya yang berdasarkan pengalaman patut dicoba untuk cucak jenggot kita dan untuk menambahkan alternatif perawatan untuk mengatasi CJ yang OB akan kita bahas dibawah.

Sebelum membahas solusi cucak jenggot over biraho sebelumnya kita bahas dulu penyebab cucak jenggot over birahi. Ada banyak faktor penyebab cucak jenggot OB faktor yang pertama karena kebutuhan biologisnya, cucak jenggot yang dipelihara di dalam sangkar biasanya tidak dikawinkan jadi kebutuhan biologisnya untuk kawin cukup tinggi. Kedua adalah faktor makanan, faktor makanan yang terlalu banyak mengandung protein juga bisa menyebabkan cucak jenggot over birahi, biasanya kelebihan protein ini terdapat pada pemberian EF yang tidak seimbang.

penyebab-dan-ciri-cucak-jenggot-over-birahi
Foto dari https://www.facebook.com/chevi.xcucus

Ciri-ciri cucak jenggot over birahi biasanya terlihat pada prilakunya. Cucak jenggot yang OB akan mengalami perubahan karakter dari biasanya, misalnya tadinya gacor setelah OB maka cucak jenggot akan lebih banyak diam, CJ juga suka terpantau sayap kebawah sambil ngeleper, jika di gandeng dengan CJ lain biasanya akan berbunyi monoton memanggil ‘pik pik atau cuit cuit’ (terutama jika ditemukan dengan CJ betina.

Mengatasi Cucak Jenggot Over Birahi

1. Pertama kita stop atau kurangi Extra food (EF) untuk sementara. Sementara hentikan pemberian makanan tinggi protein (Extrak Food) seperti jangkrik, kroto dan ulat hongkong. Misal 1 jangkrik pagi dan sore.

2. Cucak jenggot rajin dimandikan, cucak jenggot yang sedang over birahi bisa sering dimandikan, air yang segar bisa mendinginkan badan CJ dan bisa meredam birahi dalam tubuhnya. Waktu pemandian cucak jenggot bisa saat pagi, siang, sore, atau malam. yang utama adalah mandi pagi dan malam. Baca : Manfaat mandi malam burung kicau

3. Berikan buah-buahan yang mengandung banyak air seperti pepaya, semangka, oyong, atau timun.

4. Olahragakan cucak jenggot, umbar cucak jenggot di kandang umbaran untuk menguras energi dalam tubuhnya sehingga birahinya bisa turun dan birahi kembali stabil.

5. Kawinkan cucak jenggot, jika masih terlihat OB kita bisa mengawinkan cucak jenggot jantan dengan cucak jenggot betina yang sudah dewasa dan siap kawin. Selain itu juga bisa sekaligus diternak hehe.

Cara mengatasi cucak jenggot over birahi diatas bisa dipadukan dengan setingan sendiri, silahkan dicoba sampai birahinya hilang atau berkurang.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.