Buah dan Sayur Kesukaan Burung Kicau Lengkap

0
44260
buah untuk burung kicau
image from wikimedia.org

Buah Kesukaan Burung Kicau – Buah-buahan merupakan salah satu makanan alami burung kicau yang kita pelihara. Di alam liar burung biasa memakan berbagai buah-buahan untuk kebutuhan gizi dan seratnya. Buah-buahan juga mempunyai kandungan vitamin untuk menjaga kesehatan burung. Oleh karenanya kita sebagai kicau mania handaknya memberikan makanan berupa buah-buahan sebagai makanan selingan burung kicau. Tentunya berikan pada burung yang memang memakan buah ya.

Selain buah-buahan burung kicau juga bisa diberikan sayuran sebagai tambahan atau selingan makanannya. Di alam liar burung sering mengkonsumsi daun-daun muda (pucuk daun) yang kaya akan serat untuk memenuhi kebutuhannya. Tetapi tidak semua burung menyukai sayuran, ada yang hanya memakan buah sebagai selingannya.

Kekurangan serat dan vitamin pada burung kicau bisa mengakibatkan berbagai penyakit pada burung kicau. Bagaimana mau berkicau kalau kondisinya kurang sehat, nah pemberian makanan yang sehat seperti buah dan sayur ini juga penting agar burung bisa sehat dan makin gacor (rajin berkicau). Berikut ini beberapa burung kicau dan buah yang mereka sukai.

buah-untuk-burung-kicau
image from wikimedia.org

Buah dan Sayur Kesukaan Burung Kicau

Buah juga bisa diberikan pada burung pemakan serangga seperti murai batu, kacer, decu, dll. Memang pada dasarnya burung tersebut lebih memilih serangga, tetapi buah juga dibutuhkan untuk kebutuhan metabolisme dan kesehatan burung. Pemberian buah pada burung pemakan serangga yang sudah dewasa memang sulit bahkan tidak akan disentuh, melainkan harus dipancing terlebih dahulu dengan meletakkan kroto pada buahnya atau masukkan buahnya pada serangga. Berikut buah-buahan untuk burung kicau

Buah kesukaan anis

Buah ini bisa diberikan untuk anis merah atau anis kembang dan jenis anis lainnya. Buah untuk burung anis yaitu : pepaya, apel, pisang.

Buah kesukaan cendet

Cendet menyukai buah pepaya, pisang kepok, dll

Buah kesukaan ciblek/Prenjak

Ciblek menyukai buah mengkudu, pepaya, buah berry, anggur, jeruk, dll

Buah kesukaan cipoh

Buah untuk cipoh yaitu pepaya, pisang, dll.

Buah kesukaan cucak ijo

Buah untuk cucak ijo yaitu pisang kepok, pisang kepok putih, pepaya, apel, pir, dll.

Buah kesukaan decu

Decu yang sudah dewasa biasanya susah untuk makan buah, harus dipancing dulu dengan meletakkan kroto pada buahnya. Buah untuk decu yaitu apel, pisang, pir, dll.

Buah kesukaan jalak suren

Buah untuk jalak suren pisang, pepaya, apel, pir, dll. jalak memang dikenal menyukai buah, jadi sepertinya buah apa saja dia suka asal jangan yang masam.

Buah kesukaan kacer

Buah untuk kacer yaitu pir, apel, pepaya.

Buah kesukaan kenari

Buah untuk kenari yaitu pisang, pir, apel, anggur, dan banyak lagi, kenari memang suka buah. Sayur untuk kenari juga banyak yang disukai seperti sawi, mentimun, oyong, wortel, daun mengkudu dll.

Buah kesukaan lovebird

Buah untuk lovebird yaitu pir, apel, buah naga, dll. Sayur untuk lovebird yaitu kangkung, sawi putih, jagung muda dll.

Buah kesukaan pleci

Pleci ini dikenal juga dengan rajanya buah, burung ini sangat menyukai berbagai jenis buah-buahan yang manis dan sayuran. Buah untuk pleci apel, pir, anggur, jeruk, pepaya, pisang, berry, lengkeng, tomat dan lainnya. Sayur untuk pleci yaitu wortel, mentimun, sawi putih, gambas, dll.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.