Melatih Mental Ikan CupangMental ikan cupang adalah salah satu hal yang sangat penting, karena mental ini adalah hal utama agar kita bisa menikmati keindahan sirip-siripnya. Jika mentalnya kurang kuat dan kurang berani maka biasanya cupang tidak akan membukakan siripnya secara penuh, masih ragu-ragu gitu membuka siripnya. Atau parah-parahnya ikan malah ciut ketika sedang direndengkan dan tidak mau ngedok (melebarkan sirip dan insangnya).

Dalam dunia perlombaan baik itu cupang hias atau cupang adu (saya ga membahas untuk adu yah maaf :P) mental juga masuk kedalam penilaian, jika ikan kita terlihat ciut ketika sedang show maka ikan kita langsung dicoret, kan sakit yah hehehe. Selain mental yang berani kekuatan atau daya tahan ikan saat ngedok juga sangat berpengaruh, karena kita bisa lebih lama menikmati keindahan ikan cupang ini (masyaallah).

Untuk melatih mental ikan cupang agar tahan lama dan berani perlu diterapkan perawatan dan pelatihan yang rutin dan disiplin. Ini berlaku bagi ikan plakat, aduan, giant, halfmoon, double tail dan lainnya. Melatih mental cupang juga bermanfaat untuk mengembalikan mental ikan cupang agar kembali berani. Berikut ini beberapa cara agar mental ikan cupang kita kuat, ucapkan masyaallah saat menikmati keindahan ciptaan Allah subhanahu wa ta’ala biar bernilai ibadah hehe oke.

melatih-mental-ikan-cupang

Melatih Mental Ikan Cupang

Dari yang pernah saya coba dan dan masukan dari teman-teman di forum ikan cupang ada beberapa cara untuk membuat ikan cupang bermental kuat. Saya gabungkan saja agar hasilnya semakin baik.

  1. Tempatkan ikan cupang ditempat yang sepi, gelap, dan tidak bertemu ikan lainnya. Biarkan agar dia sendiri dulu, jangan diberi kaca juga yah.
  2. Berikan daun ketapang yang agak banyak dan tambahkan sedikit garam (garam kasar/garam ikan lebih baik). Sedikit saja jangan banyak-banyak yah.
  3. Berikan asupan makanan yang bergizi seperti kutu air atau jentik nyamuk (cuk) 2 kali sehari, pagi dan sore dengan porsi yang pas tidak kebanyakan dan tidak kurang. Kalo saya ikan kecil ukuran s kebawah pagi sore 5 jentik, kalo sudah ukuran M keatas biasanya 7 jentik pagi sore, baca ukuran ikan cupang
  4. Lakukan ini sampai 3 hari atau 1 minggu.
  5.  Setelah perawatan lalu ganti air ikan, gunakan air yang sudah tua (sudah diendapkan 1-2 hari), gunakan air tanah agar lebih baik atau air mineral hehe, berikan sedikit garam dan biarkan sebentar agar adaptasi (1-2 jam lah) lalu coba rendengkan kembali dengan ikan lainnya apakah sudah berani atau belum.
  6. Untuk melatih daya tahannya kita bisa melatih ikan cupang untuk ngedok dengan cara merendengkan dengan ikan lain selama 10 menit pagi dan 10 menit sore, dan tingkatkan terus jika ikan kuat sampai tahan lama. Selamat mencoba

Jika rutin dilatih maka sirip ikan cupang yang kita miliki biasanya terus melebar, jadi akan semakin indah tentunya yah hehe. Oke selamat melatih mental ikan cupang agar berani yah

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.