jenis dan harga marmut (guinea pig)

Stop!!!

Download aplikasi khusus kicau mania.

Berisi ratusan suara masteran, suara pikat, suara betina, dan perawatan dalam satu aplikasi

Download di Play Store

Inilah Jenis dan Harga Marmut (Guinea Pig) Di Indonesia

In Marmut 43802 views

Jenis dan Harga Marmut – Sebelum melanjutkan postingan ini saya ingin meluruskan perbedaan bahasa antara guinea pig dan marmut, saya sudah menjelaskan dalam postingan sebelumnya yaitu cara merawat marmut saya sudah menjelaskan perbedaannya disana silahkan bisa dibaca di sana saya tidak perlu menjalani lagi ya.

Guinea Pig atau di indonesia lumrah disebut dengan marmut adalah hewan pengerat yang lucu dan menggemaskan hewan ini tenang dan tidak agresif jadi cocok sekali untuk dijadikan hewan peliharaan. Ukurannya juga sedang lebih besar dari hamster dan lebih kecil dari kelinci. Hewan ini mudah untuk dirawat tidak memerlukan treatment khusus yang rumit cukup diberi makan dan dijaga kebersihan kandangnya. Tapi jika kita ingin lebih baik dalam memeliharanya tentu kita bisa memberikan lebih dari sekedar memberinya makan.

Kita bisa mempersiapkan area bermain yang terdiri dari lorong-lorong dari pipa paralon atau labirin-labirin dari kardus yang memang sangat disukai oleh marmut atau Guinea Pig ini. Kita juga bisa menyediakan tempatnya berlari (jogging wheel). Oh iya sebelum memelihara marmut tentunya ada temen-temen yang mungkin bertanya ada berapa sih sebenarnya jenis marmut yang bisa ditemui di Indonesia? Mengingat di pasar hewan atau pet shop hanya biasa menemukan satu jenis marmut saja.

Ternyata jenis marmut ada banyak loh, mungkin bisa menjadi referensi dalam memilih jenis marmut yang ingin kita pelihara nantinya. Berikut ini beberapa jenis marmut / tikus belanda yang bisa kita temui.

Jenis Marmut

  1. Abyssinian. Jenis Guinea Pig ini sangat khas sekali yah dan mudah dikenali dari bulunya. Mereka memiliki pola bulu yang acak-acakan tidak rapi seperti jenis lainnya, mirip seperti kuciran di rambut kita (unyeng-unyeng bahasa jawanya) biasanya terdapat 8-10 kuciran di tubuhnya. Tetapi inilah yang menjadi daya tarik dari jenis abyssinian.

    jenis-marmut-guinea-pig-Abyssinian

    Foto dari https://www.facebook.com/zul.aliman

  2. American. Jenis Guinea Pig American ini adalah jenis yang paling banyak dipelihara dan banyak kita temukan. marmut ini mempunyai bulu yang pendek dan rapih klimis-klimis gitu. Jenis ini adalah marmut yang serta temui biasanya para penghobi guinea pig atau marmut menyilang-nyilangkan agar keluar warna yang lebih menarik.

    jenis-marmut-guinea-pig-American

    Foto dari https://www.facebook.com/satrio.yudistiro

  3. Peruvian. Guinea Pig jenis peruvian ini memiliki rambut yang panjang atau di biasa disebut dengan long hair. Marmut jenis peruvian ini membutuhkan perawatan ekstra tentunya terutama untuk grooming bulunya dan sering membersihkan kandangnya karena jika tidak maka rambut jenis peruvian ini akan mudah kotor dan kucel.

    jenis-marmut-guinea-pig-Peruvian

    Foto dari https://www.facebook.com/nurisma.nurisma.7

  4. Silkie/Sheltie. Silky atau kadang disebut dengan sheltie adalah jenis marmut atau guinea pig long hair sama seperti jenis peruvian, perbedaannya pada kerapihan rambutnya. Jika jenis peruvian itu acak-acakan jenis silkie ini memiliki rambut yang rapi dan teratur. Perawatan Silky juga harus ekstra karena bulu yang panjang mudah sekali kotor.

    jenis-marmut-guinea-pig-Sheltie

    Foto dari https://www.facebook.com/zul.aliman

  5. Teddy guinea pig. Dinamakan Teddy guinea pig karena bulu dari marmut ini mirip dengan boneka teddy bear, ya sangat lucu sekali tentunya. Walaupun sangat lucu jenis marmut ini memang agak sulit ditemukan di Indonesia.

    jenis-marmut-guinea-pig-Teddy

    Foto dari https://www.facebook.com/syafrizal.rizal.73157203

  6. Texel Guinea Pig. Jenis marmut ini memiliki bulu yang unik yah ikal-ikal gimana gitu, sepertinya memang ekslusif sekali bulunya. Selain itu perawatannya juga harus ekstra tentunya. Selain itu jenis ini juga agak jarang ditemukan di Indonesia.

    jenis-marmut-guinea-pig-Texel

    Foto dari https://www.facebook.com/aura.shihtzu.7

  7. White crested guinea pig. Biasa juga disebut dengan jenis American Crested. Jenis marmut ini dinamakan demikian karena di kepalanya terdapat bulu seperti mahkota berwarna putih.jenis-marmut-guinea-pig-White-crested
  8. Skinny guinea pig. Skinny Guinea Pig ini mirip seperti kucing sphinx ya, yaitu tidak terdapat bulu/rambut pada jenis ini. Dari info yang saya dapat jenis ini belum banyak yang memeliharanya di Indonesia. Tapi jenis diluar negri sana sangat digemari kok. Jenis ini kalaupun dipelihara lebih cocok dipelihara secara indoor, karena tanpa bulu tentunya akan mudah untuk kedinginan.

    jenis-marmut-guinea-pig-Skinny

    Foto dari https://www.facebook.com/taraelchubby

Nah itulah tadi beberapa jenis marmut atau guinea pig yang bisa kita temukan. Selamat memilih untuk bisa jadi peliharaannya yah.

Harga marmut

Harga marmut atau harga Guinea pig ini sangat beragam yah, tidak ada patokan khusus mainkan dijual tergantung selera, kualitas, dan tentunya tergantung penjualnya juga. Tetapi Disini saya akan mencoba untuk memperkirakan harga marmut atau Guinea Pig yang ada di Indonesia.

Berikut ini harga marmut dari hasil survei dan info yang saya dapat

  • Harga marmut lokal sekitar 30 sampai 60 ribu.
  • Harga marmut hias jenis longhair 350 sampai 600 ribu.
  • Untuk jenis yang jarang seperti texel berkisar antara 1 juta sampai 1 juta 500.

Salah satu tips sebelum membeli marmut/guinea pig di petshop atau penjual maka jangan mengatakan guinea pig, karena bisa jadi harganya akan dimahalkan, bilang saja mau beli marmut hehehe.

Artikel lainnya : harga marmut, Jenis jenis marmut, harga marmut di pasar, harga marmut anggora, marmut hias, marmut anggora, harga dan jenis marmut, harga marmot, harga marmut lokal, harga guinea pig
Baca Juga  Yang Harus Diperhatikan Ketika Memelihara Marmut (Guinea Pig) Bagi Pemula

Tags: #guinea pig #guinea pig adalah #jenis guinea pig #jenis marmut #marmut

Cara Mengawinkan Marmut Guinea Pig Agar Cepat Beranak
Cara Mengawinkan Marmut Guinea Pig Agar Cepat Beranak
Mengawinkan Marmut Guinea Pig – Dalam berternak marmut
Yang Harus Diperhatikan Ketika Memelihara Marmut (Guinea Pig) Bagi Pemula
Yang Harus Diperhatikan Ketika Memelihara Marmut (Guinea Pig) Bagi Pemula
Memelihara Marmut Bagi Pemula – Sebelumnya saya luruskan

Leave a reply "Inilah Jenis dan Harga Marmut (Guinea Pig) Di Indonesia"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Top
error: Content is protected !!