Mengobati Penyakit Dropsy Ikan Cupang – Mendengar penyakit dropsy atau sisik nanas pada ikan cupang adalah salah satu hal terburuk bagi para penghobi, ini dikarenakan penyakit dropsy belum ada obat khususnya jadi rata-rata para penghobi akan pasrah dan berusaha semampunya dan kemungkinan besar ikan akan mati secara perlahan. Biasanya para penghobi apa rutin mengganti air setiap harinya dan memberikan beberapa obat tetapi rata-rata keberhasilannya masih tipis.

Dropsy sebenarnya adalah sebutan untuk gejala dari suatu penyakit dan bukan merupakan suatu penyakit, tapi sudah lumrah disebut penyakit jadi saya gunakan saja istilah ini yah hehe. Dropsy ditandai dengan menggembungnya bagian perut ikan dan sisik-sisik ikan terangkat karena tertahannya cairan dalam tubuh, oleh karenanya disebut juga dengan penyakit sisik nanas. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, bakteri yang menyerang biasanya bakteri aeromonas myobakteri, atau parasit seperti hexamita.

mengobati-sisik-nanas-dropsy-pada-ikan-cupang
Foto dari https://www.facebook.com/yoga.zhimaru

Infeksi ini dikarenakan kondisi air yang kotor dan berkualitas rendah dan kondisi ikan sedang tidak fit, biasanya terjadi infeksi pada ginjal pada ikan. Oleh karena itu pencegahan yang paling utama adalah rutin mengganti air minimal 3 kali sehari dan menjaga kesehatan ikan.

Bagi teman-teman yang sudah berpengalaman memelihara banyak ikan cupang mungkin pernah mengalami gejala dropsy ini. Nah dari seringnya pengalaman tersebut ada beberapa teman di komunitas yang membagi pengalamannya dari percobaannya 3 ekor ikan yang terserang penyakit dropsy berhasil sembuh semua, oke saya akan share hasil pengalamannya. Berikut ini cara mengobati penyakit dropsy ikan cupang.

Mengobati Gejala Dropsy pada Ikan Cupang

baca : Penyakit pada ikan cupang

  1. Jika ikan tidak terlihat sehat dan menunjukan gelagat terkena gejala dropsy segera pisahkan dari ikan lainnya, biasanya ikan akan terlihat murung berdiam dibawah dan perut terlihat membesar (bukan karena makanan atau hamil) lalu segera pisahkan dari ikan lain karena penyakit ini sangat menular. Jika diagnosa lebih awal maka kemungkinan ikan cupang sembuh lebih besar, jika sudah akut maka sulit dan banyak-banyak berdoalah.
  2. Sediakan obat yang akan kita gunakan, tetra chlor, luka stop, dan methyl blue. Tetra chlor bisa dibeli di toko burung/ayam, luka stop, dan methyl blue bisa dibeli di toko ikan.

    mengobati-dropsy-pada-ikan-cupang
    Foto dari https://www.facebook.com/keane.hwang.7
  3. Masukkan ikan kedalam 1 liter air. Masukkan tetra chlor 1 butir saja, biarkan selama 2-3 hari maka air akan berubah menjadi coklat pekat.
  4. Setelah itu ganti total air berikan garam ikan secukupnya + 3 tetes luka stop + 3 tetes methyl blue. Biarkan selama 1-2 hari sambil dilihat perkembangannya. Jika ikan sudah terlihat mulai lincah maka menunjukan adanya peningkatan.
  5. Ganti air ke air normal + garam atau bisa juga menggunakan air ketapang.
  6. Berikan makan sedikit-sedikit saja sampai ikan benar-benar sembuh

Pengalaman ini dilakukan oleh um Keane Hwang di komunitas cupang indonesia. Semoga teman-teman yang mencoba untuk mengobati penyakit dropsy ikan cupang juga berhasil, selamat mencoba yah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.