Jenis dan Harga Ikan Guppy

Jenis dan harga ikan guppy – Salah satu ikan hias yang sering dipelihara adalah ikan guppy, jika dilihat sekilas ikan ini coraknya mirip dengan ikan cupang dari warna dan prilakunya. Ikan guppy termasuk ikan yang hemat tempat dan pakan, karena ukurannya yang mini. Ikan ini sebenarnya adalah ikan liar, tetapi karena dasar bentuknya yang indah aka ikan ini banyak di kembangbiakkan dan disilang, sehingga menghasilkan ikan guppy yang lebih berwarna-warni.

Jenis ikan guppy ada banyak, jenis ikan guppy ini dibedakan berdasarkan dari warna dan asal dari ikan tersebut. Terkadang juga dinamakan dari corak ikan guppy. Ada juga jenis ikan guppy yang harganya mahal dan mempunyai warna yang indah. Penamaan jenis ikan guppy ini disesuaikan dengan corak dan asalnya yah. Jadi akan ada banyak sekali nama dari jenis ikan guppy ini, jadi saya sajikan sebagian yang populer saja.

Jenis Ikan Guppy

Ikan Guppy Cobra

jenis-Ikan-Guppy-Cobra

Guppy ini termasuk jenis guppy yang umum dan banyak ditemui. Dinamakan Guppy Cobra karena pada selueuh tubuhnya (ekor samai badan) terdapat corak seperti sisik ular cobra.

Ikan Guppy Metalik

Jenis-Ikan-Guppy-Metalik

Jenis guppy metalik ini merujuk pada warna biru atau abu-abu gelap metalik pada ikan guppy.

Ikan Guppy Japan Blue

Jenis-Ikan-Guppy-Blue-Japan

foto : www.fishforums.net

Ikan guppy jenis japan blue adalah ikan guppy berwarna biru langit cerah. Warna ini bisa mempunyai gradasi dari ungu ke turquoise. Ikan ini sebenarnya guppy liar yang terdapat di Jepang.

Ikan Guppy Blue Moscow

Jenis-Ikan-Guppy-Blue-Moscow

foto : http://guppyblog.com/

Jenis blue moscow adalah ikan guppy yang berasal dari moscow rusia. Warna biru guppy ini cenderung cerah dan menyala (mewah). Tetapi ada beberapa jenis varian dari guppy blue moscow ini, ada yang albino dan ada yang biru muda.

Ikan Guppy Snakeskin

Guppy snakeskin (kulit ular) adalah ikan guppy yang mempunyai corak seperti sisik ular. Berbeda dengan guppy jenis cobra, jenis guppy snakeskin mempunyai corak hanya pada bagian tubuhnya saja, sedangkan pada ekornya berbeda coraknya (tidak menyabung)

Jenis-Ikan-Guppy-Snakeskin

foto : http://www.livefins.com/

Ikan Guppy Mozaic

Jenis-Ikan-Guppy-Mosaic

foto : www.alibaba.com

Ikan guppy ini mempunyai corak mosaic di ekornya. Corak ini cenderung teratur bergaris di ekornya. Warna pangkal ekor guppy ini biasanya berwarna biru.

Ikan Guppy Grass Blue

Jenis-Guppy-Grass-Blue

Warna biru pada ekor guppy ini di hiasi dengan bintik-bintik hitam kecil. Jika dilihat seksama maka terlihat seperti rumput (grass).

Ikan Guppy Black

Jenis-Ikan-Black-Moscow

foto : http://s713.photobucket.com/user/aQuaRiSTGenTr/profile/

Ikan Guppy Super Red

Jenis-Ikan-Guppy-Super-Red-Singapore

Ikan Guppy Patinum

Jenis-Ikan-Guppy-Platinum-700x523

foto : www.acuamigosperu.com

Ikan Guppy Halfmoon

Jenis-Ikan-Guppy-Halfmoon

foto : www.guppyfish.biz

Seperti yang sudah saya katakan diatas, ikan guppy ini mirip-mirip dengan ikan cupang. Ada juga jenis guppy halfmoon, yaitu guppy yang ekornya menyerupai bulan setengah (setengah lingkaran)

Ikan Guppy Crown Tail

Jenis-Ikan-Guppy-Crown-Tail

foto : www.monsterfishkeepers.com

Bentuk ekor jenis guppy ini berbeda dengan lainnya, melainkan bersisik bergerigi.

Ikan Guppy Tuxedo

Jenis-Ikan-Guppy-tuxedo

foto : http://colors-il.net/

Dinakamak guppy tuxedo karena mempunyai ukuran sirip yang lebih besar dan menyerupai setelan pakaian tuxedo (berdasi)

Harga ikan Guppy

Harga ikan guppy bermacam-macam. Ada guppy yang harganya paling mahal ada juga yang standard, semuanya disesuaikan dengan pasaran dan kualitas ikan guppy. Harga ini merupakan harga patokan bukan harga pasti, karena biasanya setiap pedagang mempunyai harga ikan guppy yang berbeda-beda.

Guppy Murah : kisaran 5 – 10 ribu/ekor

Guppy Menengah : kisaran 20 – 50 ribu/ekor

Guppy Mahal : kisaran 100 – 350 ribu/ekor

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.