Mengatasi Sakit Gigi dan Gusi Pada Kucing

5
41655

Sakit gigi dan gusi pada kucing – Mempunyai kucing yang sehat dan ceria adalah dambaan kita semua, tetapi tidak selamanya kucing yang kita punya bisa terus sehat. Terkadang kita menjumpai kucing kita sakit dan membuat kiga cemas. Salah satu penyakit yang sering menyerang adalah gangguan gigi dan gusi pada kucing. Kucing sakit gigi ini biasanya disebabkan karena makanan yang menempel di gigi dan tidak dibersihkan segera. Penumpukan makanan akan menjadi karang gigi dan bisa membuat gigi kucing keropos dan copot.

Selain gigi ada juga gangguan pada gusi kucing yaitu gangguan pada sekitar gigi kucing (periodontal). Periodontal ini adalah penyakit yang menyerang sekitaran gigi yang mengakibatkan penyokong gigi goyah dan mudah copot. Infeksi yang berlanjut dapat mengakibatkan rasa sakit, gigi longgar, abses dan infeksi yang menyebar ke seluruh badan. Lebih lanjut lagi, tulang rahang bisa berlubang-lubang dan rusak (kucingkita.com).

mengobati-sakit-gigi-pada-kucing

foto : timlo.net

Mengobati sakit gigi pada kucing

Sakit gigi pada kucing bisa dikarenakan makanan dan faktor umur. Kucing yang tua biasanya akan sering terkena masalah gigi. Gejala yang timbul jika kucing kita sakit gigi yaitu mau mulut tak sedap, terdapat luka atau iritasi pada gusi (biasanya ditandai dengan warna merah atau gelap), kelebihan produksi air liur, sering menggaruk mulut, dan terdapat tartar kuning pada gigi.

Untuk melakukan pengobatan kucing yang sakit gigi sebaiknya menghubungi dokter hewan, karena penangannannya akan lebih baik dengan ditunjang alat yang lengkap. Tetapi jika kita ingin merawat kucing kita sendiri maka langkah awal kita harus bersihkan kotoran yang menempel pada gigi dengan menyikat gigi kucing dan membersihkan plak pada gigi. Setelah itu beri makanan yang bergizi dan lihat perkembangan kesehatannya jika tidak ada perubahan segera bawa ke dokter.

sakit-gusi-pada-kucing

Jika kucing anda terkena gangguan gusi yang parah saya tidak sarankan untuk mengobatinya sendiri. Segeralah bawa kucing anda ke dokter hewan.

5 COMMENTS

  1. Mohon bantuannya, kucing saya makannya tdk lahap, hanya sedikit2.. waktu saya cek mulutnya, gusinya merah2.. mohon solusinya, soalnya kucing sy terlihat makin kurus..

    • Coba di kasih kenalog, beli di apotik manusia ada. Jadi ngobatinnya pake cottonbath lalu di oles di gusi yg merah.
      Dia tidak mau makan krn terjadi radang pada gusinya (ginggivitis), coba dikasih kenalog. Kalo misal nafsu makan dia masih rendah, dikasih curcuma plus anak saja. Buat penambah nafsu makan sekalian vit. Mksh smg manfaat

  2. Tolong kasih saran tanpa harus kedokter, anak kucing saya sakit gigi, giginya jadi kuning, kasih obat apa ya??

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.