Ikan Hias yang Bisa Dipelihara Tanpa Pompa Oksigen (Aerator)

7
202162

Ikan hias tanpa pompa oksigen – Dalam memelihara binatang tentu kita ingin peliharaan kita tetap sehat dan segar, termasuk dalam memelihara ikan. Ikan dan binatang peliharaan lainnya membutuhkan tempat dan lingkungan yang cocok dan tepat untuknya. Keadaan aquarium dan aksesorisnya sangat diperlukan untuk menunjang kehidupan ikan hias. Termasuk pompa oksigen, beberapa ikan bahkan wajib diberi pompa oksigen untuk mencukupi kebutuhannya. Tetapi terkadang karena keterbatasan beberapa orang tidak bisa memasang pompa oksigen atau aerator saat memelihara ikan hias.

Salah satu yang sering ditanyakan oleh orang yang ingin memelihara ikan hias yaitu ikan hias apa yang bisa dipelihara tanpa pompa oksigen? Berikut beberapa jenis ikan hias yang bisa dipelihara tanpa pompa oksigen yang bisa anda pelihara dirumah.

Ikan hias yang bisa dipelihara tanpa aerator

1. Ikan Platis/Platy

Ikan platy adalah ikan hias yang berukuran kecil dan berwarna warni. Ikan ini cocok dipelihara dengan jumlah yang banyak, jika sedang berenang akan terlihat seperti rombongan. Apalagi jika kita memelihara dengan banyak warna. Ikan platis/platy ini mudah untuk dipelihara bahkan salah satu jenis ikan hias yang mudah beranak dalam aquarium. Ikan ini cukup bandel untuk kelas ikan hias. Untuk memelihara ikan ini cukup mudah kok tidak perlu perawatan khusus bahkan bisa dipelihara tanpa pompa udara (aerator).

ikan-platis
Gambar ikan platis via : atmospherekita.wordpress.com

2. Ikan Molly

Ikan molly masih satu keluarga dengan ikan platis. Ada beberapa pilihan ikan molly. Ada molly balon dan molly biasa. Molly balon mempunyai ukuran perut yang besar dan buncit.

gambar-ikan-black-molly
gambar ikan molly via :  boelz-jualikanhias.blogspot.com

3. Ikan Cupang

Ikan cupang adalah salah satu ikan hias yang kuat dan tentu saja bisa dipelihara tanpa aerator. Ikan ini biasa dipelihara di dalam toples atau aquarium. Bentuknya yang indah, unik, dan ditambah prilakunya yang agresif menjadikan ikan ini banyak penggemarnya.

gambar-ikan-cupang
Gambar Ikan Cupang via : www.kaskus.co.id

4. Ikan Nila

Ikan nila walau bisa sebagai konsumsi juga ada ikan nila yang diperuntukan untuk ikan hias. biasanya ikan nila untuk hias mempunyai warna yang cerah dan berwarna-warni. Ikan ini tentu bisa dipelihara tanpa aerator. Jika anda memelihara ikan ini saya sarankan untuk memisahkannya dari ikan yang cengeng dan berukuran kecil, karena terkadang ikan ini menjadi predator dan memakan ikan lainnya.

gambar-ikan-nila
via : www.bibitikan.net

5. Ikan lele

Loh ikan lele bukannya buat pakan? Eits jangan salah dulu ikan ini juga ada yang mempunyai warna yang indah dan bisa digunakan sebagai ikan hias. Ga percaya? Baca : jenis lele hias

jenis-lele-dan-lele-hias

6. Ikan komet

Ikan komet adalah salah satu keluarga ikan koki. Ikan ini walau tidak kuat-kuat amat tetapi bisa kita pelihara tanpa aerator loh, soalnya saya sudah mencobanya dan berhasil.

gambar-jenis-ikan-koki-komet

7. Ikan Guppy

Ikan guppy juga masih satu rumpun dengan platis dan molly. Selain gampang beranak ikan ini juga bisa dopelihara didalam kolam atau aquarium tanpa aerator (pompa udara).

gambar-ikan-guppy
via : rismayadii.blogspot.com

Nah diatas adalah ikan yang mudah dipelihara tanpa pompa oksigen. Jadi jika anda berniat untuk memelihara ikan tetapi tidak bisa memasang aerator dirumah anda maka ikan-ikan diatas bisa menjadi solusi anda untuk memelihara ikan. Ikan diatas adalah sebagian yang dapat dipelihara ikan hias tanpa pompa oksigen yang saya ketahui, jika teman tahu jenis ikan lainnya bisa komen dibawah ya.

7 COMMENTS

  1. Dijual Ikan Cupang hias jenis half moon, serit, plakat, maupun aduan. Silahkan kontak saya Di WA 083872997533. Maaf, saya jarang online disini

  2. Bre ane mau build aquarium ukuran M mau diisi guppy aja yg banyak, nah mau tanya sebenernya lebih penting aerator apa filter air? Emang sih di artikel ente klo guppy gaperlu aerator, tp lebih buat nambah aksesoris aja biar bagus.

    • Filter om, dia lebih penting kalo menurut saya. Karena tanpa filter “racun” nitrat kotoran akan semakin cepat nyebar di tank

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.