Jenis dan Harga Ikan Lele

Jenis dan harga ikan lele – Lele atau bahasa kerennya catfish adalah salah satu ikan yang banyak dijumpai di indonesia. Lele biasanya di jadikan bahan pangan karena mempunyai kandungan gizi dan protein yang cukup tinggi. Kemudahan memelihara lele mendukung perkembangan lele di Indonesia. Salah satu ikan air tawar ini sangat kuat dan mampu beradaptasi dengan mudah bahkan di lingkungan yang terbilang extreme.

Kita pada umumnya hanya tahu lele lokal yang biasa dijadikan pangan, tapi tahukan teman teman ada beberapa jenis ikan lele yang bisa kita jumpai? Bahkan beberapa diantaranya bisa dijadikan sebagai ikan hias? Ada beberapa jenis lele hias yang bisa kita jumpai dan kita pelihara.

Jenis Lele Konsumsi

Berikut ini ada beberapa jenis lele konsumsi yang sering kita jumpai.

1. Jenis lele lokal

Jenis lele yang pertama adalah lele lokal (clarias batrachus), lele ini adalah lele asli yang ada disekitaran kita. Lele ini masih kalah dibanding lele dumbo jika soal ukuran. Tetapi ada beberapa lele jenis ini yang bisa dipakai sebagai lele hias, nanti kita bahas di bagian lele hias.

2. Jenis lele dumbo

Lele dumbo adalah jenis lele pangan yang berukuran besar. Lele ini bukan berasal dari Indonesia, melainkan di import saat dahulu dari Taiwan. Lele ini merupakan hasil persilangan dari dua jenis lele. Karena ukurannya yang besar lele ini sangat disukai sebagai komoditi pangan.

3. Jenis lele sangkuriang

Lele sangkuriang merupakan lele hasil perkawinan silang dari lele dumbo. Dinamakan lele sangkuriang karena dalam kawin silangnya lele ini disilangkan dengan indukannya (ibunya) seperti sangkuriang yang ingin menikahi sayang sumbi (ibunya) hehe malah cerita.

4. Jenis lele python

Lele python adalah salah satu hasil karya budidaya Indnesia yang dikenalkan oleh Teja Suwarna, Sonar Raja Jati dan Wawan Setiawan. Dinaakan lele python karena bentuk kepalanya seperti ular python. Lele jenis ini juga merupakan jenis lele yang indukannya didatangkan dari thailand.

Jenis Lele Hias

Jenis lele yang selanjutnya adalah lele hias, saya bedakan agar memudahkan saja hehe. Lele adalah bagian dari keluarga catfish jenis lele hias ini masih berkerabat dengan lele biasa (lele untuk pangan). Sebenarnya sagnat banyak sekali jenis lele hias, tetapi saya sampaikan lele yang mudah ditemui di Indonesia saja.

1. Lele Emas/kuning

Ada jenis lele lokal clarias batrachus  yang memiliki warna unik, seperti merah atau kuning emas. Lele ini adalah jenis lele biasa tetapi mempunyai warna yang unik. Nah kami sudah memposting lele tersebut baca : lele unik berwarna emas.

ikan-lele-unik-emas

2. Lele Putih

Ikan lele ini sama jenisnya dengan ikan lele biasa tetapi mempunyai warna putih atau corak putih di tubuhnya. Sifat agresif pada lele ini masih bisa kita temukan apalagi jika sudah berukuran besar, jadi biasanya lele ini digemari saat ukurannya masih kecil.

jenis-lele-hias-putih

jenis-lele-putih-hias

3. Lele Kaca

Dinamakan Lele kaca karena lele ini memiliki tubuh yang transparan seperti kaca. Lele ini cenderung berada di bawah air dan hidup bergerombol. Warna transparan pada tubuhnya menjadikan lele ini sebagai lele hias.

jenis-lele-kaca-hias

Diatas adalah beberapa lele yang sering dijumpai, untuk jenis lele hias lainnya seperti Red Tail Catfish, Armored Catfish, Banjo Catfish, Tiger Shovelnose Catfish (TSN), upside down catfish, Pangasius Catfish, Shark Catfish, Driftwood Catfish, Whale Catfish, Talking Catfish, Sisorid Catfish adalah jenis lele (catfish) hias lainnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.