Cara Melatih Murai Batu Mandi Keramba

0
46487

Melatih murai batu mandi di keramba – Dalam memelihara burung murai batu kita perlu memperlakukannya dengan ‘istimewa’, agar burung bisa terawat dan mengeluarkan performa yang bagus. Dalam merawat murai batu tentu kita sesekali atau secara rutin perlu memandikannya. Kebanyakan burung pada dasarnya bisa mandi sendiri, termasuk burung murai batu. Biasanya murai batu mandi keramba.

Di alam bebas murai batu biasa mandi digenangan air secara alami. Tetapi jika murai batu sudah di tangkarkan dan dipelihara di dalam sangkar maka kita perlu menyiapkan tempat mandinya tersendiri. Biasanya tempat mandi burung disebut keramba. Masalahnya terkadang murai batu tidak mau mandi dikeramba, ini bisa dikarenakan burung belum beradaptasi atau belum tahu bahwa itu bisa dipakai mandi. Ada beberapa cara untuk mengajari murai batu mandi dikeramba.

melatih-murai-batu-mandi-keramba

Melatih Murai Batu Mandi Di Keramba

Sebelum mulai memandikan murai batu di keramba maka yang pertama yang harus dilakukan adalah mengkondisikan agar murai batu mau mandi, biasanya di cuaca panas, atau suasana cerah murai batu sudah mau mandi, Perhatikan juga konsisi murai batu jika dalam kondisi kuarang fit sebaiknya jangan dulu dimandikan. Berikut langkah-langkah mengajari murai batu mandi di keramba :

1. Angin anginkan dahulu murai batu sebelum dimasukkan keramba.

2. Tempelkan kedua pintu sangkar dan keramba, lalu Buka pintu sangkar dan pintu keramba. Arahkan burung agar masuk ke kandang keramba dan tutup kandang keramba. Hati-hati dengan tahap ini karena jika gagal burung bisa lepas.

3. Biarkan burung melihat air dan biasanya sudah mulai mandi. Jika masih tidak mau mandi maka pancing burung agar mau mandi dengan menyemprotkan sprayer ke dada dan sayapnya lalu biarkan burung mandi dengan sendirinya.

4. Jika burung masih belum jinak maka lebih baik melihatnya dari jarak jauh saja, biasanya burung malu untuk mandi.

5. Jika tetap tidak mau mandi maka jangan dipaksa, biarkan saja dan coba lagi besok.

Ada cara yang belum saya coba, yaitu dengan memancing burung mandi dengan burung lainnya. Dalam memelihara burung merpati terkadang ada yang mandi beberapa ekor maka satu kandang ikut mandi semua. Mungkin jika memberi contoh dengan burung lainnya seperti jalak kebo, kenari dll maka burung murai bisa mandi juga, sekali lagi saya belum test cara ini, silahkan dicoba saja sendiri agar murai batu mandi di keramba 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.