Membedakan Ikan Koi Jantan dan Betina dengan Ciri-cirinya

.Ikan koi jantan dan betina – Salah satu pertanyaan saya sewaktu kecil ketika senang memelihara ikan di kolam dan salah satunya adalah ikan koi adalah “Apa perbedaan ikan koi jantan dan betina?”, “Apakah bisa beranak dalam kolam?” dan lain sebagainya, maklum kala itu ayah saya bukan seorang penghobi koi yang tau seluk beluk koi, hanya saja beliau membuatkan kolam untuk saya memelihara ikan koi hehe.

Nah mungkin teman-teman yang membaca blog ini pun kebingungan apa sih sebenarnya perbedaan ikan koi jantan dan betina? Mengingat bentuk dan rupanya semua sama, baik itu yang jantan dan betina. Tidak seperti ikan cupang yang bisa dilihat jenis kelaminnya dari siripnya, ikan koi sama sekali tidak memiliki perbedaan yang “jelas” pada tubuhnya (morfologi) atau biasa disebut dengan hewan monomorfik (antara jantan dan betina bentuknya sama).

Tetapi bukan berarti ikan mas koi ini tidak bisa dibedakan yah, bisa hanya saja perlu ketelitian dan umur yang cukup untuk membedakannya, jika masih kecil biasanya susah untuk dibedakan. Apalagi bagi orang-orang seperti kita yang hanya tau dasarnya dan belum berpengalaman (expert) dibidang per-koi-an. Nah baiklah mari kita bahas cara membedakan koi jantan dan betina dibawah ini.

Membedakan Koi Jantan dan Betina

Berikut ini beberapa ciri fisik pada ikan koi jantan dan koi betina, ciri-ciri ini baik dilihat saat koi sudah berumur sekitar 5-7 bulan. Baca juga : koi terbesar

Ciri koi jantan

  • Pipi koi jantan cenderung lebih kasar, tidak semua yah hanya kecenderungan saja, ada juga koi jantan yang pipinya halus. Tetapi jika diraba kasar bisa dipastikan itu jantan.
  • Jika Anus dipencet-pencet koi jantan akan keluar sperma berwarna putih lengket, ini harus cukup umur juga kalo koi kecil di pencet-pencet juga ga bakal keluar hehehe.
  • Umumnya postur badannya ramping dan memanjang, hal ini akan terlihat saat koi di ukuran sekitar 30 cm dan terasa lebih langsing ke arah ekor.
  • Jika kita meraba bagian sirip dada ikan koi jantan maka akan terasa kasar seperti ada pasir.
  • Jika Perut diraba akan terasa padat
  • Bentuk sirip jantan biasanya lancip berbentuk segitiga
gambar-ciri-ciri-koi-jantan
Foto dari https://www.facebook.com/DuraSTONE

Ciri koi betina

  • Betina mempunyai pipi yang halus tidak ada betina yang pipi kasar.
  • Jika Anus dipencet-pencet koi betina akan keluar kotoran.
  • Umumnya bodynya cenderung gemuk, membulat gitu. Body betina juga terlihat lebih besar dari pada jantan pada ukuran mulai dari 30cm. Jika dilihat dari atas badan koi betina terlihat melebar kesamping kiri dan kanan.
  • Di bagian sirip dada jika diraba tidak kasar, akan terasa halus.
  • Perut jika diraba terasa lembek.
  • Bentuk sirip betina biasanya.
  • Bentuk sirip betina biasanya bulat seperti kipas.
gambar-ciri-ciri-koi-betina
Foto dari https://www.facebook.com/asep.nasihin

Nah diatas itulah tadi beberapa perbedaan yang bisa kita temukan pada koi jantan dan betina. Dengan seringnya kita berlatih maka akan lebih mudah bagi kita melihat perbedaan koi jantan dan betina.

Referensi luar : http://rantsa.com/tips-cara-membedakan-atau-perbedaan-ikan-koi-jantan-dan-betina/

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.