Tips Meninggalkan Hewan Peliharaan Saat Pulang Mudik

0
910
tinggalkan binatang peliharaan mudik
Foto : wikipedia.org

Meninggalkan Peliharaan Saat Mudik – Kegiatan mudik tentunya rutin dilakukan oleh orang-orang di Indonesia. Momen ini digunakan untuk ajang silaturahim bertemu keluarga yang sudah lama tidak berjumpa. Biasanya mudik terbesar ini terjadi setahun sekali saat lebaran idul fitri, disamping libur agak panjang juga sebagai perayaan hari kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa.

Nah tidak ada salah pada mudiknya, tetapi biasanya pas mudik salah satu hal terberat bagi yang memelihara hewan adalah khawatir akan keselamatan hewan peliharaannya saat di tinggal mudik. Jika peliharaannya sedikit masih bisa dibawa tetapi jika sudah banyak maka akan merepotkan jika dibawa mudik.

Oleh karena itu kita perlu melakukan sesuatu agar saat mudik peliharaan kita baik-baik saja dan kita bisa mudik dengan tenang. Berikut ini beberapa tips dari saya dan beberapa pengalaman dari teman-teman dalam meninggalkan peliharaan mudik.

Meninggalkan Peliharaan Saat Pulang Mudik

1. Menitipkan di penitipan hewan

Ini adalah langkah yang paling safety dan menenangkan menurut saya, karena dengan menggunakan jasa penitipan hewan tentunya kita tidak perlu khawatir akan kebutuhan peliharaan kita, karena jasa penitipan hewan yang profesional akan melakukannya untuk anda.

Tetapi cara ini cukup memakan biaya dan juga tidak bisa dilakukan untuk hewan peliharaan dalam jumlah banyak misal burung merpati dalam jumlah banyak atau burung lovebird dalam jumlah banyak. Selain pada jasa penitipan bisa juga dititipkan pada saudara atau teman terpercaya yang tidak pulang mudik, dengan begitu jumlah hewan peliharaan tidak jadi masalah.

2. Tempatkan di tempat luas

Untuk beberapa peliharaan yang banyak bisa di tempatkan di tempat yang luas secara bersamaan atau terpisah dan diberi makanan yang cukup (bahasannya no 3). Seperti merpati, lovebird, kucing, parkit dll.

3. Sediakan kebutuhan yang cukup

Bisa dibuatkan dispenser makanan dan dispenser air minum agar makanan dan minuman tetap tersedia. Biasanya dispenser makanan ukuran besar ada yang dujual dipasaran ada juga yang harus kita buat sendiri. Beberapa contoh dispenser makanan dan minuman untuk hewan peliharaan.

dispenser-makanan-kucing
Foto : https://www.facebook.com/babapetshop/

Contoh dispenser minuman

dispenser-minuman-kucing
Foto : https://www.facebook.com/bunda.f.ii.31

Dispenser makanan minuman diatas hanya contoh tentunya perlu modofikasi agar bisa muat banyak makanan dan juga bisa bertahan beberapa hari. Bisa menggunakan galon, kaleng, atau wadah berukuran besar lainnya.

Untuk burung berukuran kecil air minum bisa dimodifikasi dari selang bekas infusan yang di seting menetes pada cepuk minum.

4. Pasang kamera CCTV

Jika terlampau khawatir dan ingin sesekali menengok keadaan hewan peliharaan, kita juga bisa memasang kamera CCTV untuk mengawasinya. Belilah kamera CCTV yang sudah support internet agar kita bisa memantau jarak jauh melalui HP.

Nah itu tadi beberapa tips meninggalkan hewan peliharaan mudik. Tips ini bisa dilakukan mulai dari 3-10 hari mudik jangan lupa berdoa agar semuanya aman dan lancar.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.