6 Cara Menghilangkan dan Mencegah Munculnya Alga Pada Aquascape

0
3214
menghilangkan alga aquascape
Foto : https://www.facebook.com/azka.tea.7

Cara Menghilangkan Alga Aquascape – Alga atau lumut dalam dunia aquascaping bisa berdampak baik ataupun berdampak buruk bagi tank. Berdampak baik karena alga jenis tertentu bisa mempercantik dan membuat kesan alami pada tank kita. Terutama pada bebatuan atau batang kayu aquascape. Juga sebagai makanan bagi beberapa jenis ikan.

Selain itu munculnya alga pada tank juga bisa menjadi sinyal keseimbangan ekosistem dalam tank. Jika ada kemunculan sedikit alga menandakan bahwa terjadi keseimbangan pada tank kita. Tetapi ketika populasinya mayoritas berarti tidak ada keseimbangan dalam tank kita.

Dampak buruk dari alga adalah mengganggu pertumbuhan tanaman aquascape, mengganggu pemandangan tank, juga jika jumlahnya tidak terkontrol maka bisa membahayakan ikan. Oleh karena itu jika pertumbuhan alga dirasa sudah mengganggu maka perlu dilakukan tindakan untuk menghilangkan alga atau mencegah tumbuhnya alga kembali.

cara-menghilangkan-alga-aquascape
Foto : https://www.facebook.com/azka.tea.7

Menghilangkan dan Mencegah Munculnya Alga Pada Aquascape

Berikut ini bebeberapa cara yang bisa digunakan untuk mencegah atau menghilangkan alga pada aquascape.

1. Memelihara pemakan alga

Untuk mencegah dan mengendalikan kemuncilan alga kita bisa memelihara ikan pemakan alga. Alga eater adalah salah satu jenis ikan pemakan alga yang sangat aktif dan bisa diandalkan dalam memakan beberapa jenis alga. Selain ikan udang kecil pemakan alga juga bisa dipelihara, selain mempercantik tank udang-urang ini juga bisa memakan alga dan membantu membersihkan tank.

2. Mengurangi jumlah pakan

Pakan ikan yang bersisa yang tidak habis dimakan akan berpotensi memicu munculnya alga. Oleh karena itu berikan makanan pada ikan secukupnya saja. Selain untuk menjaga tidak tumbuhnya alga juga agar ikan senantiasa sehat dan ikan juga tidak kekenyangan sehingga bisa memakan alga disekitaran tank.

3. Rutin melakukan pergantian air

Rutin mengganti air juga bisa mencegah munculnya alga, karena air baru yang bersih tidak terkontaminasi oleh bibit-bibit alga. Penggantian air tidak harus 100%, bisa bertahap mulai dari 25%-50%.

4. Pemberian CO2

Kurangnya kandungan CO2 terlarut dalam air juga bisa memicu tumbuhnya alga. Selain itu juga CO2 bisa membantu tanaman aquascape lebih ternutrisi. Pemberian CO2 yang cukup pada tank bisa menghambat tumbuhnya alga.

5. Kurangi cahaya

Terlalu lama paparan sinar matahari atau lampu pada tank juga bisa memicu tumbuhnya alga. Pencahayaan pada tank sebaiknya tidak full 24 jam, melainkan mengikuti seperti siklus normal matahari sekitar 8-12 jam saja.

Salah satu metode penghilangan alga juga menggunakan pengaruh cahaya dalam hal ini metode blackout. Baca selengkapnya : Menghilangkan alga dengan blackout

6. Pemberian obat-obatan

Dipasaran sudah banyak berbagai macam obat-obatan ikan yang digunakan sebagai pembasmi alga dan pencegah munculnya alga. Silahkan dicari merk yang aman bagi ikan dan tumbuhan aquascape sebelum digunakan.

Ada banyak jenis alga yang biasa dijumpai pada aquascape maupun aquarium seperti Black Brush Algae (BBA), Blue Green Algae (BGA), Cladophoara/Blanket, Weed Brown Algae (Diatoms), Green Dust Algae (GDA), Green Spot Algae (GSA), Green Water, Hair/Thread Algae, Rhizoclonium Algae, Staghorn Algae. Setiap jenis alga mempunyai karakteristik dan cara tertentu untuk menghilangkannya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.