Menghilangkan Alga Aquascape – Alga atau umum disebut lumut merupakan salah satu tanaman air yang sering kali muncul pada aquarium atau aquascape. Alga ini muncul dengan sendirinya dan sering kali justru malah mengurangi keindahan aquarium atau aquascape. Selain mengurangi keindahan beberapa alga juga bisa mengganggu pertumbuhan tanaman hias aquascape.

Oleh karena itu kita perlu melakukan tindakan agar pertumbuhan alga pada aquascape bisa diminimalisir atau bisa dihilangkan. Bagi alga yang tumbuh di aquarium tentunya menghilangkannya bisa dengan cara di kuras atau dibersihkan manual, dikuras atau dicuci.

Tetapi jika alga tumbuh pada aquascape tentunya akan menyulitkan karena jika dilakukan pembersihan pada aquascape dikhawatirkan aksesoris dan hiasan yang sudah ditata rapi pada aquascape akan rusak.

Oleh karenanya pembersihan alga yang tumbuh dalam aquascape perlu dengan cara lain. Salah satunya yaitu dengan cara Blackout. Selain metode blackout memang masih ada beberapa metode lainnya, tetapi metode ini saya rasa paling baik karena caranya mudah dan aman bagi lingkungan aquascape.

Metode blackout menghilangkan alga aquascape pada dasarnya adalah membuat alga mati kelaparan, karena kita akan membuat tank kita menjadi total gelap dalam waktu 3-5 hari. Karena gelap maka alga tidak bisa makan dan akhirnya mati kelaparan.

blackout-aquascape-hilangkan-alga
Foto : https://www.facebook.com/franky.candradharmawan

Lalu tanaman lain bagaimana? Tenang saja tanaman aquascape seperti moss, annubias, tennelus, dan lainnya termasuk kedalam tanaman tingkat tinggi yang insya allah tidak akan mati kekurangan nutrisi selama masa blackout tersebut. Paling cuma kena etiolasi (memanjang dan agak pucat) karena mencari cahaya.

Menghilangkan Alga Aquascape dengan Blackout

Siapkan beberapa alat dan bahan untuk menghilangkan alga aquascape.

Alah dan bahan

  1. Plastik hitam ukuran besar
  2. Selotip
  3. Aerator

Cara menghilangkan alga aquascape dengan blackout

  1. Sebelumnya beri makan ikan kita sepuasnya, itung-itung makan sahur menjelang puasa 3-5 hari, tenang dalam waktu ini ikan insya allah tidak akan mati.
  2. Tutup semua bagian tank dengan menggunakan plastik hitam pekat secara menyeluruh. Plastik bisa menggunakan plastik sampah ukuran besar.
  3. Gunakan aerator untuk suplay oksigen ikan agar tidak mati kekurangan oksigen.
  4. Pastikan tidak ada celah pada tank agar sinar tidak masuk.
  5. Pastikan juga jangan di intip, jangan dibuka sebelum 3-5 hari. karena proses ini akan percuma jika kita mengintip di pertengahan.
  6. Durasi 3 hari untuk tank yang tidak terlalu banyak alganya, durasi 5 hari untuk tank yang alganya banyak
hilangkan-alga-blackout-aquascape
Image : http://photobucket.com/user/wkndracer/library/

Tidak semua alga akan hilang, alga yang tidak akan hilang biasanya alga rambut yang berwarna coklat. Tapi ga masalah sih alga itu biasanya malah bikin tank jadi tambah indah, terutama di batang kayu aquascape.

Selain dengan plastik hitam metode ini blackout aquascape ini gisa juga dengan menggunakan selimut atau sarung hehehe. Yang penting cahaya ga masuk aja sih.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.